Pengertian Resume
Ilustrasi Resume

Pengertian Resume Secara Umum

Sebenarnya, apa itu resume? Pengertian Resume adalah ringkasan atau rangkuman dari suatu tulisan/ karangan panjang yang dipangkas dengan mengambil bagian pokok serta menyisihkan rincian dan ilustrasinya.

Resume adalah cara yang efektif untuk menjelaskan inti atau pokok dari sebuah informasi yang ingin disampaikan kepada orang lain. Misalnya resume sebuah buku atau karangan, resume dapat menjelaskan isi pikirin seorang pengarang menjadi lebih ringkas.

Kata “Resume” juga sering dipakai dalam dunia kerja/ karir yang diartikan sebagai daftar riwayat hidup (curriculum vitae) yaitu sebuah dokumen yang berisi rangkuman pengalaman, keahlian, dan pendidikan seseorang yang disusun sedemikian rupa. Tujuan membuat resume lamaran pekerjaan tersebut adalah sebagai informasi tentang kualifikasi seseorang secara ringkas, padat, dan jelas.

Baca juga: Pengertian Surat Menurut Para Ahli

Perbedaan Resume dengan Ikhtisar

Tidak jarang kita menyamakan antara resume dan ikhtisar. Sebenarnya kedua istilah ini memiliki makna yang berbeda satu sama lain. Berikut ini adalah perbedaannya:

1. Pengertian Resume/ Ringkasan/ Rangkuman

Resume/ ringkasan/ rangkuman adalah isi dari gagasan pokok atau intisari dari suatu karangan/ tulisan yang dibuat dalam bentuk yang lebih pendek. Isi sebuah resume tidak berbeda dengan ide gagasan pokok yang ada pada teks aslinya.

2. Pengertian Ikhtisar

Dilihat dari tujuannya, ikhtisar juga merupakan ringkasan suatu karangan yang dibuat lebih pendek dari aslinya. Namun, ikhtisar tidak mempertahankan urutan gagasn pokok yang membangun karangan tersebut.

Dengan kata lain, ikhtisar dapat dibuat seseorang sesuai dengan pemahamannnya terhadap suatu karangan. Pembuat ikhtisar juga dapat menggunakan kata-kata sesuai pilihannya dalam menjelaskan inti suatu karangan yang dibaca.

Baca juga: Pengertian Proposal

Cara Membuat Resume

Membuat resume sebenarnya tidak terlalu sulit karena berpatokan pada tulisan aslinya. Berikut ini adalah langkah-langkah membuat resume yang benar:

1. Membaca Naskah Asli

Untuk mengetahui dan memahami isi dari naskah asli sebuah karangan tentunya kita harus membacanya hingga selesai. Membaca naskah/ teks aslinya secara berulang-ulang akan membuat kita mengerti maksud yang ingin disampaikan penulisnya.

Selain itu, pasti ada beberapa kata atau istilah dalam suatu karangan yang sulit dipahami. Membuat resume juga harus melibatkan sumber daya lain agar dapat memahami kata atau istilah yang sulit.

2. Menemukan Gagasan Utama

Setelah membaca karangan/ tulisan secara berulang-ulang, tentunya kita akan menemukan gagasan utama atau pikiran utama tulisan tersebut. Kita perlu mencatat gagasan utama dari tulisan tersebut agar dapat membuat ringkasan yang sesuai.

Dalam sebuah karangan/ tulisan, tidak semua paragraf mengandung gagasan pokok. Oleh karena itu, penting untuk menemukan gagasan utama secara teratur agar penulisan resume tidak melebar.

3. Menulis Resume

Setelah menemukan gagasan pokok dari suatu karangan/ tulisan, tentunya kita memiliki gambaran umum mengenai resumenya. Perlu diperhatikan bahwa untuk membuat resume harus disesuaikan dengan teks/ naskah aslinya.

Penggunaan kata dan kalimat dalam resume juga sebaiknya menggambarkan isi dari teks aslinya. Namun, kita tidak boleh menambahkan pendapat pribadi di dalam resume tersebut, apalagi bila pendapat pribadi tersebut bertentangan dengan naskah aslinya.

Sebaiknya resume menggunakan bahasa Indonesia yang mudah dicerna oleh siapa saja. Walaupun di dalam naskah aslinya terdapat banyak istilah atau kata yang sulit dimengerti, kita bisa menuliskannya dalam bahasa yang lebih mudah di dalam resume.

Sesuai dengan pengertian resume itu sendiri, maka kalimat dalam resume tidak perlu bertele-tele. Resume seharusnya dibuat dalam bentuk ringkasan yang padat, namun dapat mewakili isi dari naskah aslinya.

4. Membaca Ulang Resume yang Dibuat

Selanjutnya, setelah resume selesai dibuat maka pembuat resume harus membacanya kembali untuk memeriksa apakah ada kesalahan penulisan. Beberapa hal yang perlu diperiksa diantaranya:

  • Penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar
  • Penggunaan ejaan yang benar
  • Penggunaan tanda baca yang benar
  • Memeriksa kesesuaian antara resume dengan naskah aslinya

Baca juga: Contoh Surat Pengunduran Diri

Di atas tadi adalah penjelasan ringkas mengenai pengertian resume, perbedaan resume dengan ikhtisar, dan cara membuat resume yang baik dan benar. Semoga artikel ini bermanfaat.