Kata Kerja Mental: Pengertian, Ciri-Ciri, Contoh Kata Kerja Mental

Ada beberapa jenis kata kerja (verba) yang sering digunakan dalam sebuah kalimat, baik itu pada karya tulis maupun dalam percakapan. Salah satu verba tersebut adalah kata kerja mental.

Jenis kata kerja ini mungkin tidak terlalu populer, namun banyak digunakan dalam naskah berita, teks ceramah, dan lain-lain. Di artikel ini akan dibahas secara ringkas apa itu verba mental, apa ciri-cirinya, dan beberapa contohnya.

Pengertian Kata Kerja Mental

Secara sederhana, pengertian kata kerja mental adalah jenis kata kerja yang mengekspresikan respon atau sikap seseorang terhadap suatu tindakan, keberadaan, atau pengalaman.

Jenis kata kerja ini disebut juga dengan verba tingkah laku atau kata kerja behavioral, yaitu kata kerja yang menggambarkan suatu tindakan, proses, atau situasi tertentu.

Jenis kata kerja ini selalu mengacu pada suatu tindakakan yang dilakukan oleh subjek, dimana kata kerjanya bertindak sebagai predikat dalam konfigurasinya. Pada verba ini terdapat partisipan pengindera (senser) dan fenomena, sebagai contoh:

“Robert menikmati acara makan malam hari itu.”

Dari kalimat tersebut dapat dijelaskan bahwa kata “Robert” merupakan pengindera, kata “menikmati” merupakan verba mental, dan kata “makan malam” merupakan fenomena.

Baca juga: Pengertian Majas

Ciri-Ciri Verba Mental

Kata kerja behavioral memiliki ciri-ciri tertentu yang membedakannya dengan jenis verba lainnya. Mengacu pada definisinya, adapun ciri-ciri kata kerja mental adalah sebagai berikut:

  • Jenis kata kerja ini menerangkan tentang persepsi (misalnya; melihat, merasa), afeksi (misalnya; khawatir, suka), dan kognisi (misalnya; mengerti, berpikir).
  • Verba tingkah laku menggunakan kata-kata yang mengindera dan biasa dilakukan manusia.
  • Pada verba mental terdapat partisipan pengindera (senser) dan juga fenomena.
  • Kata kerja mental biasanya dipakai untuk mengajukan klaim.

Contoh Kata Kerja Mental

Kata kerja mental dapat dengan mudah kita temukan dalam suatu kalimat, baik pada sebuah karya tulis maupun dalam percakapan sehari-hari. Berikut ini adalah beberapa contoh kata kerja mental dalam sebuah kalimat singkat:

  1. Bernard merasa bahwa tindakannya menghentikan pekerjaan telah sesuai dengan prosedur yang ditetapkan perusahaan. (Kata “merasa” merupakan verba mental untuk menerangkan persepsi).
  2. Pak Budi sangat khawatir karena anak perempuannya belum juga tiba di rumah hingga jam 10 malam. (Kata “khawatir” merupakan verba mental untuk menerangkan afeksi).
  3. Saya telah berpikir tentang masa depan karir saya di klub sepak bola ini. (Kata “berpikir” adalah verba mental untuk menerangkan kognisi).
  4. Saya menerima permintaan maaf dari pria itu karena dia sungguh-sungguh. (Kata “menerima” merupakan verba mental untuk menerangkan afeksi).
  5. Saya berpendapat bahwa kerja keras yang kita lakukan akan segera membuahkan hasil yang memuaskan. (Kata “berpendapat” merupakan verba mental untuk menerangkan persepsi).
  6. Budi tidak tersinggung meskipun banyak orang yang mentertawakan cara berpakaiannya (Kata “tidak tersinggung” merupakan verba mental untuk menerangkan afeksi).).
  7. Johnny mengerti bahwa segala upaya yang dilakukannya tidak selalu membuahkan hasil sesuai yang diinginkannya. (Kata “mengerti” merupakan verba mental untuk menerangkan kognisi).
  8. Ayah melihat dengan jelas semua peristiwa perampokan di Bank hari itu. (Kata “melihat” merupakan verba mental yang menerangkan persepsi).
  9. Irwan berpikir bahwa kekayaan dapat membantunya untuk membahagiakan orang tuanya. (Kata “berpikir” merupakan verba mental yang menerangkan kognisi).
  10. Ayah suka membelikan bunga untuk ibu setiap merayakan ulang tahun. (Kata “suka” merupakan verba mental untuk menerangkan afeksi).

Mengacu pada penjelasan di atas dapat kita pahami bahwa verba mental sebenarnya cukup sering digunakan dalam berbagai kalimat. Dari beberapa contoh kalimat di atas terlihat jelas bahwa jenis kata kerja yang satu ini menunjukkan respon atau sikap seseorang terhadap suatu tindakan, keberadaan, atau pengalaman tertentu.

Baca juga: Pengertian Diksi

Itulah penjelasan ringkas mengenai verba mental, mulai dari pengertiannya, ciri-cirinya, hingga beberapa contoh kata kerja mental dalam suatu kalimat. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah pengetahuan kamu.

Tinggalkan Balasan