Beranda Umum Arti Cinta: Definisi, Karakteristik, dan Jenis-Jenis Cinta

Arti Cinta: Definisi, Karakteristik, dan Jenis-Jenis Cinta

Arti Cinta adalah

Arti Cinta Adalah

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan cinta (love)? Secara umum, arti cinta adalah suatu emosi atau perasaan positif (kebaikan, belas kasih, kasih sayang) yang terdapat di dalam diri manusia yang ditujukan kepada manusia lain atau objek lain yang ada di sekitarnya.

Pendapat lain mengatakan, definisi cinta adalah suatu aktivitas manusia terhadap objek lain di sekitarnya, yang dilakukan dalam bentuk empati, kasih sayang, perhatian, membantu, pengorbanan diri, dan memenuhi permintaan objek tersebut.

Banyak ahli mengatakan bahwa arti cinta sulit untuk dijelaskan secara tuntas karena lebih berhubungan dengan emosi manusia, bukan dengan logika. Oleh karena itu, setiap orang dapat memberikan konsep tentang cinta sesuai dengan keadaan emosi di dalam dirinya.

Baca juga: Pengertian Emosi

Arti Cinta Menurut Para Ahli

Agar kita lebih memahami apa definisi cinta, maka kita dapat merujuk pada pendapat para ahli berikut ini:

1. Jalaluddin Rumi

Menurut Jalaluddin Rumi, arti cinta adalah sumber dari segala sesuatu dan inti dari segala bentuk kehidupan yang ada di dunia karena dunia dan kehidupan muncul karena kekuatan yang bernama cinta.

2. Scott Peck

Menurut Scott Peck, arti cinta adalah suatu keinginan di dalam diri manusia untuk mengembangkan diri dengan maksud memelihara pertumbuhan spiritual sendiri atau perkembangan spiritual orang lain.

3. Quraish Shihab

Menurut Quraish Shihab, definisi cinta adalah kecenderungan hati manusia kepada sesuatu karena adanya kenikmatan atau manfaat yang bisa diperoleh dari yang dicintai.

4. Abdullah Nashih ‘Ulwan

Menurut Abdullah Nashih ‘Ulwan, arti cinta adalah suatu perasaan jiwa dan gejolak hati manusia yang mendorong seseorang untuk mencintai kekasihnya dengan penuh kelembutan, gairah, dan kasih sayang.

5. Musfir bin Said az-Zahrani

Menurut Musfir bin Said az-Zahrani, definisi cinta adalah suatu emosi terpenting di dalam kehidupan manusia dan menjadi faktor terpenting dalam menyatukan perasaan manusia, serta pembentukan kasih sayang di antara sesama manusia.

6. Erich Fromm

Menurut Erich Fromm, arti cinta adalah suatu perasaan simpati di dalam diri manusia yang melibatkan emosi yang mendalam. Menurut Erich Fromm, terdapat lima syarat dalam upaya mewujudkan cinta kasih, yaitu;

  • Pengenalan
  • Perasaan
  • Tanggung jawab
  • Perhatian
  • Saling menghormati

Baca juga: Pengertian Motivasi

Karakteristik Cinta Secara Umum

Karakteristik Cinta
Karakteristik Cinta via Pexels/Artem Bali

Meskipun banyak anggapan bahwa cinta sulit untuk didefinisikan, namun emosi dan perasaan mahluk hidup ini dapat dikenali dari karakteristiknya. Sesuai dengan penjelasan arti cinta di atas, adapun beberapa karakteristik cinta adalah sebagai berikut:

1. Ada Ketertarikan dan Kekaguman

Perasaan cinta sangat erat kaitannya dengan rasa ketertarikan dan kekaguman seseorang terhadap objek yang dicintai. Ketertarikan dan kekaguman tersebut dapat terjadi karena adanya kelebihan yang dimiliki oleh objek yang dicintai, misalnya kelebihan dari sisi sifat, fisik, kemampuan, atau kelebihan lainnya.

2. Ada Perasaan Bahagia

Mencintai dan dicintai dapat membuat seseorang menjadi bahagia. Meskipun tidak ada ukuran pastinya dan tidak bisa dijelaskan dengan kata-kata, namun perasaan cinta dapat membuat seseorang menjadi bahagia dalam hidupnya.

3. Ada Welas Kasih

Ini adalah karakteristik cinta yang paling umum. Manusia yang cinta terhadapa sesuatu atau seseorang, di dalam hidupnya akan memiliki welas asih kepada objek yang dicintai.

3. Ada Kebaikan

Perasaan cinta pada umumnya akan membuat seseorang menjadi manusia yang lebih baik. Dalam hal ini, cinta akan membuat seseorang lebih baik dalam berbicara dan bersikap, serta lebih percaya diri.

Seperti yang pernah dikatakan oleh seorang filsuf Cina, Lao Tzu, cinta tanpa kebaikan itu tidak akan pernah ada.

5. Ada Pengorbanan

Pada umumnya, manusia yang mencintai suatu objek akan bersedia berkorban demi kebaikan objek yang dicintainya. Sebagai contoh, seorang ibu yang mencintai keluarganya rela berkorban bekerja keras membantu suaminya mencari nafkah agar keluarganya hidup berkecukupan.

Baca juga: Arti Integritas

Jenis-Jenis Cinta

Jenis Cinta
Jenis cinta via Unsplash/Ben White

Di dalam dunia psikologi disebutkan bahwa ada 8 jenis cinta pada diri manusia. Sesuai dengan arti cinta yang disebutkan di atas, adapun jenis-jenis cinta adalah sebagai berikut:

1. Cinta Agape

Cinta Agape adalah perasaan cinta terhadap Tuhan, alam, serta semua hal yang sifatnya spiritual dan altruistik. Menurut para ahli, mereka yang sering merasakan cinta Agape adalah orang-orang yang sangat perduli pada hal-hal spiritual.

2. Cinta Mania

Cinta Mania adalah perasaan cinta di dalam diri manusia yang berlebihan terhadap orang lain sehingga membuatnya menjadi posesif. Mereka yang merasakan cinta Mania ini pada umumnya akan merasa tidak berharga bila cintanya tidak terbalas atau ditinggalkan orang yang dicintainya.

3. Cinta Pragma

Cinta Pragma adalah cinta yang penuh kebijaksanaan dan kedewasaan dimana orientasinya adalah cinta yang serius ke arah pernikahan. Namun, cinta Pragma dianggap bukan cinta yang paling tulus dan membutuhkan proses, misalnya cinta yang timbul karena perjodohan.

4. Cinta Philautia

Cinta Philautia adalah perasaan cinta terhadap diri sendiri dan mengarah pada narsisme. Pada titik tertentu, cinta Philautia dapat membuat seseorang menjadi psikopat karena hanya mementingkan dirinya sendiri tanpa perduli pada orang lain.

5. Cinta Storge

Cinta Storge adalah perasaan cinta terhadap keluarga dan kerabat terdekat. Jenis cinta ini termasuk cinta yang tulus karena tanpa syarat. Misalnya cinta seorang ibu kepada anaknya, cinta kepada orang tua, saudara, dan sanak keluarga.

6. Cinta Eros

Cinta Eros adalah perasaan cinta yang berdasarkan pada hawa nafsu manusia. Ciri-ciri cinta eros adalah adanya ketertarikan secara fisik dan perasaan ingin memiliki orang yang dicintai.

7. Cinta Philia

Cinta Philia adalah perasaan cinta yang timbul dalam hubungan persahabatan antar manusia. Jenis cinta ini terjadi bukan karena hawa nafsu namun karena adanya rasa percaya dan rasa persahabatan dengan orang tertentu.

8. Cinta Ludus

Cinta ludus adalah perasaan cinta seseorang terhadap orang lain tapi sifatnya hanya main-main tanpa ada komitmen. Ciri khusus orang yang merasakan cinta Ludus adalah sifat kekanak-kanakan dan suka memberikan rayuan gombal kepada orang yang dicintainya.

Baca juga: Pengertian Filsafat

Itulah penjelasan ringkas mengenai arti cinta, karakteristik, serta jenis-jenis cinta secara umum. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.

Loading...