Beranda Internet Pengertian Hyperlink dan Fungsinya, Jenis dan Cara Membuat Hyperlink

Pengertian Hyperlink dan Fungsinya, Jenis dan Cara Membuat Hyperlink

Pengertian Hyperlink
Ilustrasi Hyperlink

Pengertian Hyperlink

Apa itu hyperlink? Pengertian Hyperlink atau pranala adalah acuan dalam dokumen hiperteks ke dokumen lain atau sumber lain. Dengan kata lain, hyperlink merupakan suatu cara untuk menghubungkan suatu bagian tertentu di dalam slide, file dokumen, program, atau halaman web dengan bagian yang lainnya pada bidang tersebut.

Hyperlink atau link digunakan untuk menghubungkan beberapa objek, file, halaman website, dan lainnya. Saat hyperlink di klik maka kita akan diarahkan ke halaman lainnya sehingga dengan fitur hyperlink dapat memudahkan untuk membuka antar file atau dokumen.

Hyperlink membantu pembaca untuk pindah dari satu halaman ke tampilan halaman lainnya dalam satu perangkat komputer tanpa atau dengan koneksi internet. Lalu apa fungsinya menggunakan hyperlink? Dan apa saja jenisnya? Berikut ulasan singkat tentang hyperlink.

Baca juga:

Fungsi Hyperlink

Fungsi hyperlink adalah untuk memudahkan pembaca untuk menjelajahi berbagai informasi terkait yang berada di dalam sebuah halaman presentasi atau halaman website. Hyperlink merupakan suatu fungsi dalam HTML (Hyper Text Markup Language) yang memberikan pembaca jalan pintas menuju informasi lainnya.

Biasanya teks yang mengandung hyperlink terlihat berbeda dengan teks biasa yang ada di sebuah halaman website atau halaman presentasi. Warna hyperlink ini biasanya berwarna biru dan ketika kursor komputer diarahkan ke link tersebut maka pada tulisan yang mengandung hyperlink akan terlihat ada underline, warna teks berubah, dan tampilan kursor menjadi gambar tangan yang menunjuk ke arah hyperlink tersebut.

Hyperlink dapat disematkan pada teks ataupun pada gambar sehingga ketika teks atau gambar tersebut diklik maka pembaca akan diarahkan ke halaman lain sesuai dengan isi link.

Jenis-Jenis Hyperlink

Dari pengertian hyperlink diatas maka dapat dikatakan bahwa hyperlink merupakan fitur yang berguna untuk membuat shortcut dengan melompat ke dokumen atau halaman lain yang tersimpan di network server. Adapaun jenis-jenis hyperlink yang umum digunakan antara lain:

1. Absolute Address

Untuk jenis hyperlink ini umumnya menggunakan koneksi internet karena digunakan untuk membuat shortcut alamat URL situs tertentu. Dimana shortcut secara murni atau mutlak berbentuk full alamat URL meliputi protocol, network location, path dan juga nama file (baca: pengertian file).

Biasanya penggunaan jenis hyperlink ini mudah ditemukan pada situs-situs di internet yang menghubungkan dengan link tertentu atau tercantum pada sumber tulisan. Sehingga tipe hyperlink ini bisa diterapkan pada website resmi perusahaan misalnya untuk menghubungkan link satu dengan link yang lain agar pengunjung tidak berhenti di satu halaman saja. Hal ini efektif untuk meningkatkan pengunjung website.

2. Relatif Address

Hampir mirip dengan absolute address dalam hal fungsi namun dalam penerapannya, alamat URL yang tertera berupa alamat relatif dimana tidak menyebutkan protocol dan network locationnya. Relatif address hanya menampilkan path dan nama filenya saja.

3. Link Section

Jenis hyperlink ini yang paling sering digunakan terutama untuk membuat section dalam dokumen-dokumen perusahaan. Sehingga dengan menggunakan hyperlink pada isi dokumen tertentu yang tertaut dengan file atau dokumen lain maka dapat memudahkan pencarian.

Fitur hyperlink sendiri tersedia baik di Ms. Word, Ms, Excel maupun Ms. Power Point. Bahkan sesuai pengertian hyperlink sebelumnya, disini hyperlink bisa digunakan untuk membuat kamus pribadi dengan melakukan tautan atau hyperlink pada istilah-istilah asing di dalam dokumen dengan file yang dapat menjelaskan istilah tersebut.

Tentu saja hal ini bisa membantu memudahkan kita untuk mengorganisir dokumen dengan baik dan terperinci.

Baca juga: Pengertian Proxy Server

Cara Membuat Hyperlink

Membuat hyperlink di program Microsoft (Word, Excel, Power Point) sebenarnya sangat mudah. Biasanya para pengguna Microsoft Office pasti sudah mengetahui caranya, yaitu:

  1. Blok bagian teks tertentu dalam file Word/ Excel/ Power Point yang ingin ditautkan dengan file lain
  2. Kemudian pilih menu “Insert” lalu klik “Hyperlink”. Secara otomatis Anda akan diarahkan ke tampilan file manager, lalu pilih file mana yang akan Anda jadikan hyperlink.
  3. Setelah memilih file yang dijadikan hyperlink, klik OK
  4. Selesai

Contoh Hyperlink

Penerapan Hyperlink pada halaman website bisa dilakukan dengan membuat kode HTML  membentuk tag <a>, dengan rumus <a href=”URL situs”>Anchor Text</a>

1. <a href=”http://www.maxmanroe.com/vid”>Referensi Informasi</a>

Sehingga hasilnya akan terlihat menjadi Referensi Informasi

2. <a href=”https://www.maxmanroe.com/vid/teknologi/internet/pengertian-hyperlink.html”>Pengertian Hyperlink</a>

Maka hasilnya akan terlihat menjadi Pengertian Hyperlink

NB: Setiap penggunaan rumus ditentukan dari tujuannya dimana tujuan yang berbeda akan menggunakan atribut hyperlink yang berbeda.

Jadi dari penjelasan tentang pengertian hyperlink dan jenis-jenisnya di atas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan hyperlink dapat membantu dalam mengelola dan mengorganisir dokumen-dokumen. Dengan bantuan hyperlink bisa menghindari risiko kehilangan dokumen karena setiap dokumen tertaut dengan dokumen lain.

Baca juga: Pengertian Teknologi Informasi

Demikianlah ulasan singkat mengenai pengertian hyperlink,  fungsi hyperlink, jenis-jenis dan cara membuat hyperlink. Semoga informasi ini bermanfaat.