Beranda Sosial Pengertian Antropologi: Arti, Ruang Lingkup, dan Jenis Antropologi

Pengertian Antropologi: Arti, Ruang Lingkup, dan Jenis Antropologi

Pengertian Antropologi Adalah

Pengertian Antropologi Adalah

Apa yang dimaksud dengan antropologi (anthropology)? Secara bahasa, pengertian antropologi adalah ilmu yang mempelajari tentang manusia, baik dari segi budaya, perilaku, keanekaragaman, dan lain sebagainya.

Kata antropologi sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu “Anthropos” yang berarti manusia dan “Logos” yang berarti wacana. Sehingga secara etimologis, arti antropologi adalah ilmu yang mempelajari tentang manusia termasuk kajian-kajian di dalamnya.

Dalam melakukan kajian tentang manusia, antropologi mengedepankan dua konsep yang penting, yakni komparatif dan holistik. Karena di dalam mengkaji antropologi lebih memperhatikan pada aspek sejarah serta melalui penjelasan menyeluruh untuk menggambarkan manusia melalui ilmu pengetahuan seperti ilmu sosial, ilmu hayati dan humaniora.

Pada awalnya ilmu antropologi berawal karena ketertarikan orang Eropa pada ciri fisik, adat istiadat dan budaya etnis lain yang berbeda-beda dengan masyarakat Eropa. Sehingga pada awalnya kajian antropologi lebih fokus pada penduduk sebagai masyarakat tunggal, dalam artian kelompok masyarakat yang hidup di lingkungan yang sama namun memiliki ciri khas yang berbeda-beda.

Akan tetapi dalam perkembangannya, ilmu antropologi kemudian tidak hanya mempelajari kelompok manusia tunggal yang mendiami suatu wilayah yang sama. Antropologi lebih dalam mengkaji tentang isu-isu migrasi, misalnya melahirkan penelitian etnografis multi situs.

Baca juga: Pengertian Akulturasi

Pengertian Antropologi Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami apa arti antropologi, maka kita dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli berikut ini:

1. David Hunter

Menurut David Hunter, pengertian antropologi adalah suatu ilmu pengetahuan yang lahir dari adanya keingintahuan yang tidak terbatas tentang umat manusia.

2. William A. Haviland

Menurut William A. Haviland, pengertian antropologi adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang umat manusia secara umum dengan mempelajari warna fisik, bentuk fisik, dan kebudayaan yang dihasilkan oleh masyarakat.

3. Conrad Phillip Kottak

Menurut Conrad Phillip Kottak, arti antropologi adalah suatu ilmu yang mempelajari mengenai keragaman umat manusia secara holistik, meliputi aspek sosial budaya, biologis, bahasa, dan lingkungannya dalam dimensi waktu masa lalu, saat ini, dan masa depan.

4. Tulian Darwin

Menurut Tulian Darwin, antropologi adalah ilmu yang berasal dari keinginan manusia untuk membuktikan asal mula dan perkembangan yang terjadi pada manusia dengan melakukan bermacam-macam penelitian mengenai monyet dan kera yang ada di seluruh penjuru dunia.

4. Koentjaraningrat

Menurut Koentjaraningrat, pengertian antropologi adalah ilmu yang mempelajari tentang umat manusia pada umumnya, dengan mempelajari bentuk fisik, warna kulit, serta kebudayan yang dihasilkan oleh suatu masyarakat.

5. Rifhi Siddiq

Menurut Rifhi Siddiq, pengertian antropologi adalah ilmu yang mengkaji segala aspek yang ada dalam kehidupan manusia yang terdiri dari segala macam konsepsi tradisi, norma, seni, kebudayaan, ilmu pengetahuan, kelembagaan, lambang, linguistik, dan juga teknologi.

Baca juga: Pengertian Asimilasi

Tujuan Mempelajari Antropologi

Secara garis besar mempelajari antropologi bertujuan untuk memahami dan mengapresiasi manusia sebagai entitas biologis homo sapiens serta makhluk sosial dalam kerang kerja yang komprehensif dan interdisipliner.

Sehingga dalam praktiknya, antropologi dipelajari menggunakan teori evolusi biologi dalam memberikan fakta sejarah. Sederhananya, ilmu ini memiliki tujuan untuk mempelajari perjalanan umat manusia di bumi dari sejak awal kemunculannya.

Selain itu, Antropologi juga menggunakan kajian lintas budaya untuk menekankan dan menjelaskan perbedaan antar kelompok manusia dalam perspektif perilaku sosial, material budaya, bahasa dan pandangan hidup.

Baca juga: Pengertian Sosiologi

Ruang Lingkup Antropologi

Setelah memahami pengertian Antropologi seperti yang sudah dibahas sebelumnya, selanjutnya akan dibahas tentang ruang lingkup antropologi. Ruang lingkup antropologi sendiri terbagi menjadi dua konsep dasar, yaitu antropologi fisik dan antropologi budaya.

1. Antropologi Fisik

Antropologi fisik mengacu pada bagian secara sitematik terhadap manusia sebagai organism biologis. Dalam ruang lingkup ini terbagi menjadi dua pokok persoalan, yaitu Paleontropologi dan Somatologi.

  1. Paleontropologi adalah bagian dari antropologi fisik yang mempelajari asal-usul dan termasuk juga evolusi manusia berdasarkan bukti fosil yang ditemukan.
  2. Somatologi adalah bagian dari antropologi fisik yang mempelajari keanekargaman manusia yang dipandang dari sudut ciri-ciri fisik.

2. Antropologi Budaya

Dalam ilmu antropologi juga dikenal istilah Antropologi Budaya. Ruang lingkup pada antropologi budaya mempelahari tentang asal dan sejarah kebudayaan manusia, evolusi kebudayaan dan pembangunannya termasuk bentuk dan fungsi kebudayaan manusia.

Terkait dengan ruang lingkup antropologi budaya yang mempelajari kegiatan manusia secara luas, maka secara tradisi dibagi lagi menjadi tiga cabang, yaitu:

  1. Arkeologi Prehistory, arkeologi ini mempelajari kebudayaan purba serta menghubungkannya dengan peradaban modern.
  2. Etnologi, ini berkenaan dengan cara pendeskripsian sifat-sifat khusus kebudayaan dan kelompok-kelompok manusia yang sangat beranekaragam. Akan tetapi Etnologi memiliki batasan sebagai teori ilmu kebudayaan.
  3. Etnolinguistik, ilmu ini mengkaji bagian tentang bahasa yang digunakan manusia kuno dan modern. Caranya dengan mempelajari bahasa dari orang yang telah mempunyai tulisan dan orang yang tidak mempunyai tulisan.

Baca juga: Pengertian Budaya

Demikianlah pembahasan ringkas tentang pengertian antropologi dan ruang lingkup yang dipelajari di dalamnya. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan kamu terkait bidang ilmu antropologi.