Beranda Sosial Arti Afirmasi: Pengertian, Manfaat, dan Contoh Afirmasi

Arti Afirmasi: Pengertian, Manfaat, dan Contoh Afirmasi

Arti Afirmasi Adalah

Arti Afirmasi Adalah

Apa yang dimaksud dengan afirmasi (affirmation)? Secara sederhana, arti afirmasi adalah suatu bentuk penegasan terhadap diri sendiri terkait hal-hal yang bersifat positif. Melalui kata-kata positif tersebut, nantinya otak secara tidak langsung akan terdoktrin sehingga sudut pandang diri kita sendiri juga akan berubah.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian afirmasi adalah sebuah penegasan atau peneguhan kata positif. Selain itu, afirmasi juga menyangkut sebuah pernyataan sungguh-sungguh oleh sesorang yang menolak melakukan pengakuan.

Afirmasi dapat mengubah sudut pandang seseorang dalam menyikapi kehidupan dan lingkungan di sekitarnya. Alhasil, afirmasi pun akan membuat pikiran kita lebih positif.

Baca juga: Pengertian Konsep Diri

Manfaat Afirmasi

Afirmasi tidak seperti quotes yang berisi kata-kata bijak untuk semua orang. Afirmasi berasal dari diri sendiri dan hanya ditujukan pada diri sendiri agar dapat melihat semua hal dari sudut pandang positif.

Afirmasi memiliki banyak manfaat agi diri sendiri, terutama jika suntikan penegasan-penegasan positif ini dilakukan secara rutin. Adapun beberapa manfaat afirmasi adalah sebagai berikut:

1. Menumbuhkan Kepercayaan Diri

Memberikan afirmasi positif kepada diri sendiri sangat berpotensi untuk meningkatkan rasa percaya diri. Misalnya, berilah afirmasi positif pada diri sendiri bahwa Anda bukanlah pribadi yang lemah, kreatif dan bisa mengerjakan apapun dengan mudah. Secara tidak langsung diri kita pun akan semakin percaya diri dalam menghadapi setiap tantangan yang ada.

2. Meningkatkan Kesehatan Tubuh

Kebahagiaan merupakan salah satu vitamin manjur untuk membuat tubuh tetap sehat dan bersemangan. Kebahagiaan ini sebenarnya merupakan sesuatu hal yang sederhana namun tidak semua orang menyadari kehadirannya.

Dengan memberikan afirmasi positif pada diri sendiri akan membuat Anda lebih bergembira. Oleh karena itu, tubuh juga terhindar dari beragam penyakit.

Salah satu bentuk manfaat lain dari afirmasi yaitu ketika seseorang menderita sebuah penyakit. Penyakit tidak akan hilang hanya dengan meratapinya. Akan tetapi, kita harus bisa melawannya dengan memberikan banyak supply kata-kata positif.

3. Menjauhkan Dari Depresi

Selain kesehatan tubuh, kesehatan jiwa juga sangat penting untuk dijaga. Bahkan, pikiran yang tidak sehat akan membuat tubuh juga menjadi lemas.

Untuk itu, cobalah menyemangati diri sendiri dengan beragam kata-kata positif. Katakan pada diri sendiri bahwa semua kebutuhan sudah terpenuhi, semua tugas sudah terselesaikan atau pbentuk afrmasi positif lainnya.

4. Memberikan Kenyamanan Diri

Terlalu banyak hal yang dipikirkan akan membuat kehidupan menjadi tidak nyaman, termasuk kenyamanan diri sendiri. Tapi, dengan adanya afirmasi positif maka rasa nyaman pada diri sendiri akan meningkat.

Seseorang hanya perlu meyakini bahwa segala bentuk keinginan pasti bisa diraih. Jika saat ini masih belum tercapai, maka berusahalah lagi esok hari.

5. Membuat Diri Lebih Bahagia

Dengan afirmasi positif terhadap diri sendiri bahwa segala upaya yang dilakukan akan membuahkan hasil positif, maka seseorang akan menjadi lebih bahagia. Dan tentu saja kata-kata dalam afirmasi harus dilandasi dengan kepercayaan bahwa seseorang dapat meraih hal-hal yang diinginkan sehingga menjadi kenyataan.

Baca juga: Pengertian Motivasi

Contoh Kata-Kata Afirmasi

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa arti afirmasi adalah suatu dukungan atau dorongan emosional dari dalam diri seseorang sehingga melakukan tindakan tertentu.

Mengacu pada penjelasan arti afirmasi di atas, adapun beberapa contoh afirmasi adalah sebagai berikut:

  • “Saya pasti bisa mendapatkan nilai terbaik jika belajar dengan giat”
  • “Saya tidak perlu minder karena saya pintar, kreatif, dan menarik”
  • “Saya tidak perlu khawatr karena ketidakmampuan hanya ada di dalam pikiran”
  • “Saya adalah orang yang kuat dan sehat”
  • “Saya dapat menjadi orang penting di perusahaan ini, karena kemampuan saya sangat dibutuhkan”

Membuat afirmasi sebenarnya merupakan tindakan mudah yang kaya manfaat. Anda hanya perlu rajin memberikan berbagai kata-kata positif yang bisa menyemangati diri sendiri.

Hal ini bisa dimulai dengan menuliskan beberapa pikiran negartif yang perlu dihilangkan atau diubah. Selajutnya, ucapkan afirmasi secara rutin setiap harinya.

Baca juga: Pengertian Logika

Demikianlah penjelasan ringkas mengenai arti afirmasi, manfaat, serta contoh kata-kata afirmasi. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.