Beranda Organisasi Pengertian Humas Secara Umum, Tujuan, Jenis, dan Tugas Pokok Humas

Pengertian Humas Secara Umum, Tujuan, Jenis, dan Tugas Pokok Humas

Pengertian Humas
Ilustrasi Humas

Pengertian Humas

Apa arti Humas? Pengertian Humas secara umum adalah salah satu bagian dari organisasi (baca: Pengertian Organisasi) yang berfungsi untuk melakukan interaksi, hubungan, dan kerjasama dengan masyarakat yang terkait dengan organisasi tersebut.

Humas merupakan singkatan dari Hubungan Masyarakat atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Public Relation (PR) yang bertanggungjawab dalam membangun dan mempertahanan reputasi, citra, dan komunikasi yang baik dan bermanfaat antara organisasi dan publik.

Dalam dunia bisnis, fungsi humas kerap dikaitkan dengan marketing, padahal sangat berbeda. Sebagai profesi, bidang Humas nantinya membantu mendidik, memberikan infomasi, membangkitkan ketertarikan masyarakat, merencanakan strategi untuk meraih simpati hingga membuat masyarakat mengerti dalam situasi tertentu.

Seperti ketika perusahaan diterpa kasus tidak sedap yang mengancam citra baik, pihak humas nantinya akan memberikan edukasi dan berbagai upaya pada khalayak supaya tidak memberikan citra buruk tentang  perusahaan mereka.

Bidang ini akan menyusun berbagai strategi supaya mendapatkan simpati dan agar brand yang dibangun dengan susah payah tidak gelap begitu saja. Makanya pekerjaan humas nantinya akan berhubungan dengan pers (baca: pengertian pers) dan tidak pernah lepas dari ilmu komunikasi.

Pengertian Humas Menurut Para Ahli

Beberapa Ahli pernah menjelaskan tentang definisi humas (hubungan masyarakat), diantaranya adalah:

1. J.C Seidel

Menurut J. C Sidel pengertian Humas adalah proses berkesinambungan dari usaha-usaha manajemen (baca: Pengertian Manajemen) agar bisa mendapatkan itikad baik dan pengertian dari para pelanggan, karyawan, dan publik secara umum.

2. Howard Bohham

Menurut Howard Bohham pengertian humas adalah suatu seni untuk menciptakan pengertian publik yang lebih baik untuk meningkatkan kepercayaan publik atau pemberdayaan lebih tinggi terhadap sebuah lembaga atau organisasi.

3. Cultip, Center, & Broom

Menurut Cultip, Center, & Broom, pengertian Humas adalah fungsi manajemen yang bertujuan membangun dan mempertahankan hubungan baik dan bermanfaat antara organisasi dengan publik yang bisa memberikan dampak positif terhadap keberhasilan atau kegagalan sebuah organisasi.

4. Scott M. Cutlip dan Allen H. Center

Menurut Scott M. Cutlip & Allen H. Center, Definisi humas adalah merupakan fungsi manajemen yang bertugas untuk:

  • Memberikan penilaian terhadap sikap publik
  • Mengidentifikasi kebijakan dan tata cara organisasi/ perorangan dalam melayani kepentingan publik
  • Membuat rencana dan melakukan program untuk mendapatkan pemahaman dan dukungan dari masyarakat

5. International Public Relations Association (IPRA)

Pengertian humas menurut IPRA, humas adalah fungsi manajemen yang terencana dan berkalanjutan di dalam orgnisasi induk atau pun lembaga swasta yang bertujuan mendapatkan simpati, pegertian serta dukungan dari pihak terkait.

Kalau disederhanakan lagi humas adalah manajemen yang membantu pencapaian tujuan organisasi, memfasilitasi perubahan organisasional dan mendefinisikan filosofi.

Fungsi Humas Dalam Organisasi

Menurut Edward L. Bernays, ada beberapa fungsi humas, diantaranya:

  • Memberikan pemahaman kepada publik
  • Melakukan persuasi kepada masyarakat dengan tujuan untuk mengubah sikap dan tingkah laku
  • Berupaya untuk menyatukan sikap dan perilaku publik agar sesuai dengan sikap dan perbuatan sebuah lembaga, atau sebaliknya.

Tujuan Humas Dalam Organisasi

Ada beberapa tujuan utama humas, diantaranya adalah:

  • Meningkatkan dukungan, bantuan, dan partisipasi dari publik dalam bentuk sarana, prasarana, tenaga, dan dana, untuk memudahkan pencapaian tujuan organisasi.
  • Menciptakan rasa tanggungjawab dari masyarakat akan keberlangsungan program organisasi secara efektif dan efisien.
  • Melibatkan publik dalam penyelesaian berbagai masalah yang dihadapi oleh organisasi.
  • Membuat dan mengembangkan pencitraan yang baik untuk organisasi dan juga kepada para pimpinan/ stakeholder dengan sasaran terjalinnya hubungan yang baik antara publik internal dengan publik eksternal.
  • Memperluas jangkauan pelanggan yang terhubung untuk berpartisipasi dalam upaya peningkatan mutu organisasi.

Manfaat Humas Bagi Organisasi

Dari penjelasan pengertian humas tentu kita menyadari manfaat humas di dalam sebuah organisasi. Menurut Frank Jefkins, beberapa manfaat Hubungan Masyarakat adalah:

1. Manajemen Krisis

Semua organisasi pasti pernah mengalami masa krisis sehingga dibutuhkan adanya persiapan dalam mengatasinya. Divisi humas akan bermanfaat sebagai tim manajemen krisis dalam organisasi yang berhubungan dengan masyarakat.

2. Penerbitan Desktop

Manfaat humas sebagai penerbitan desktop sangat penting pada sebuah organisasi. Dan organisasi jaman sekarang lebih memang membutuhkan operator komputer yang berdedikasi ketimbang editing konvensional.

3. Identitas Perusahaan

Staff humas bertugas menciptakan identitas perusahaan. Tugas ini sangat penting karena menyangkut semua aspek organisasi secara keseluruhan dan merupakan bagian paling penting dari semua jenis komunikasi dalam organisasi.

4. Hubungan Parlemen

Beberapa organisasi membutuhkan humas yang berhubungan dengan pemerintah, parlemen, dan birokrat di instansi pemerintah.

5. Public Relations Finansial

Organisasi juga membutuhkan konsultan humas yang khusus beraktivitas pada bidang keuangan dan operasional bisnis sebuah perusahaan. Aktivitas tersebut dilakukan untuk mendukung rencana perusahaan klien agar turut serta di bursa saham atau memberikan dukungan saat membuat laporan keuangan tahunan.

Baca juga: Pengertian Kampanye

Tugas Pokok Humas

Secara umum tugas utama humas adalah mempromosikan pengertian dan pengetahuan akan semua fakta tentang urutan situasi sehingga organisasi mendapatkan simpati dari situasi dan kejadian tersebut.

Tugas pokok humas pada sebuah organisasi adalah:

1. Menciptakan Kesan/ Image

Kesan yang didapatkan seseorang terhadap seseorang, produk, atau situasi, sesuai dengan tingkat pengetahuan orang tersebut.

2. Pengetahuan dan Pengertian

Humas sangat berperan dalam memberikan informasi kepada publik internal dan publik eksternal dengan menyediakan informasi yang akurat dan dalam format yang mudah dipahami.

3. Menciptakan Ketertarikan (interest)

Humas juga harus mampu menciptakan ketertarikan publik terhadap situasi tertentu yang berdampak besar pada organisasi.

4. Penerimaan

Humas bertanggungjawab dalam memberikan penjelasan kepada publik atas situasi atau kejadian sehingga sikap menentang, ketidakpedulian yang ada di sekitarnya dapat berubah menjadi pengertian dan penerimaan.

5. Simpati

Humas harus bisa menyampaikan informasi secara jelas kepada publik untuk meraih simpati.

Kegiatan-Kegiatan Humas

Meskipun demikian, kegiatan humas bukan berarti harus banyak menggelar konferensi pers atau mengundang wartawan demi membuat citra baik. Namun humas dituntut untuk membuat simbol komunikasi baik verbal maupun non-verbal.

Contoh kegiatan verbal antara lain menulis artikel, proposal, presentasi, press release, membuat progress report dan sebagainya. Sementara komunikasi verbal bisa berupa open house, presenter, desk information, announcer dan lain-lain.

Nah, untuk yang non-verbal devisi humas bisa membuat seminar, riset, penelitian, dan seterusnya. Jika dijabarkan sedikit lebih detail menjadi seperti berikut:

1. Customer Relations

Divisi humas menciptakan hubungan baik dengan pihak di luar perusahaan, misalnya dengan konsumen.

2. Employee Relations

Tidak hanya di luar perusahaan, humas juga wajib membangun komunikasi antara pimpinan dan bawahan.

3. Community Relations

Community relation bertujuan menciptakan hubungan baik antara perusahaan dengan pihak terkait misalnya partner dan juga komunitas tertentu.

4. Government Relations

Menciptakan hubungan baik antara organisasi dengan pemerintah.

5. Media Relations

Media berperan penting dan harus dijembatani oleh humas perusahaan karena kebanyakan sumber citra perusahaan bersumber dari sini.

Peranan Humas dalam Perusahaan

1. Expert Pereciber Communication

Ini yang unik. PR dianggap sebagai expert yang kerap memberikan masukkan untuk perusahaan. Ini berkaitan dengan pengertian humas yang berperan sebagai jembatan informasi antara perusahaan dan konsumen.

2. Facilitator

Humas atau PR berfungsi dalam setiap menejemen. Mereka berperan sebagai fasilitator dan selalu ada saat masa kritis perusahaan muncul. Bahkan, devisi humas akan menjadi leader dalam permasalahan yang dihadapi perusahaan di lingkungan dan masyarakat.

3. Communication Facilitator

Humas akan menjadi fasilitator atau jembatan komunikasi antara konsumen, masyarakat dan perusahaan. Tak heran mereka juga menjadi penengah sekaligus.

4. Technician Communication

Petugas humas adalah pelaksana teknis komunikasi yang bertugas sebagai penyedia layanan. Ada beberapa cara yang dilakukan oleh bidang kehumasan dalam menciptakan opini publik, antara lain:

  • Tekanan (Pressure) – Memberikan pengaruh baik secara individu karena memiliki kewibawaan.
  • Membeli (buying) – Kegiatan ini sama seperti membeli amplop atau suara opini publik. Ini diperlukan dalam rapat pemegang saham perusahaan untuk menjaga citra perusahaan.
  • Bujukan (persuasive) – Tindakan persuasive adalah hal yang paling tepat untuk membentuk opini publik.

Contoh Humas dalam Organisasi

Pada umumnya setiap perusahaan pasti memiliki divisi humas. Beberapa contoh humas (hubungan masyarakat) yang ada dalam perusahaan diantaranya:

1. Humas Media Cetak

Seperti disebutkan sebelumnya, divisi humas itu berbeda dengan divisi pemasaran. Namun, seringkali humas melakukan kegiatan promosi bila ada perubahan dalam perusahaan, atau ada peluncuran layanan dan produk baru.

Humas ini bertugas untuk berkomunikasi secara intens dengan media cetak. Humas media cetak disusun sedemikian rupa dan dilaksanakan dengan press release ke berbagai media cetak.

2. Humas Media Audio Visual

Hampir sama dengan humas media cetak. Namun, bentuk informasi yang disampaikan ke publik terkait organisasi adalah melalui Televisi dan Radio.

3. Humas Media Online

Penyebaran informasi dalam bentuk teks dan video bisa dilakukan secara online. Biasanya dilakukan dengan cara membuat konten berisi kata kunci tertentu mengenai produk, dan selanjutnya mempublish konten tersebut ke blog/ website.

Dengan upaya tertentu maka konten tersebut akan tampil di mesin pencari, misalnya Google. Dengan begitu akan lebih banyak orang mengetahui tentang perusahaan dan produk yang dipublikasikan.

Baca juga: Pengertian Budaya Organisasi

Dari penjelasan mengenai pengertian humas, fungsi, tugas dan peranannya, tentu kita sekarang menganggap bidang ini sangat penting. Terutama ketika perusahaan baru saja dibangun karena menciptakan citra yang baik di masyarakat adalah hal yang krusial.