Beranda Umum 10+ Contoh Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui

10+ Contoh Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui

Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui

Pengertian Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui

Secara umum, pengertian sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah jenis sumber daya alam (SDA) yang tidak akan habis karena dapat dihasilkan atau diproduksi oleh alam terus-menerus sehingga dapat dimanfaatkan oleh manusia secara berulang-ulang.

Pendapat lain mengatakan pengertian sumber daya alam yang dapat diperbaharui (renewable resources) adalah SDA yang dapat memperharui dirinya sendiri atau memiliki kuantitas yang tidak terhingga, sehingga dapat digunakan secara terus menerus.

Dengan kata lain, sumber daya alam ini dapat dihasilkan atau diproduksi kembali dalam waktu yang relatif singkat, baik secara alami maupun dengan bantuan manusia melalui proses rekayasa.

Baca juga: Sumber Daya Alam

Jenis dan Contoh Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui

Berdasarkan asalnya, SDA ini dapat dibedakan menjadi dua jenis. Adapun jenis dan contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah sebagai berikut:

A. Sumber Daya Alam Hayati (Biotik)

Sumber daya alam hayati (biotik) adalah SDA yang sumbernya berasal dari semua mahluk hidup yang ada di alam. Beberapa contoh SDA hayati adalah sebagai berikut:

1. Tumbuh-Tumbuhan

sumber daya alam yang dapat diperbaharui
Tumbuh-Tumbuhan

Tumbuhan adalah organisme eukariota multiseluler yang tergolong ke dalam kerajaan Plantae. Sebagian besar tumbuh-tumbuhan dapat memproduksi energi sendiri (autotrof) dengan bantuan energi cahaya matahari melalui proses fotosintesis.

Tumbuhan punya peranan yang sangat penting bagi manusia, yaitu sebagai sumber makanan. SDA dari tumbuh-tumbuhan dapat diproduksi dalam waktu yang relatif singkat, baik secara alami maupun dengan bantuan manusia melalui proses budidaya.

Ada banyak sekali jenis tumbuhan yang dapat dijadikan sebagai sumber makanan bagi manusia, diantaranya;

  • Padi
  • Gandum
  • Sayur-sayuran
  • Buah-buahan
  • Kacang-kacangan
  • Umbi-umbian
  • Dan lain sebagainya.

2. Hewan

Hewan
Hewan peliharaan

Hewan disebut juga dengan fauna atau satwa, yaitu kelompok organisme yang masuk ke dalam kerajaan animalia atau metazoa.

Hewan dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu hewan liar dan hewan peliharaan. Hewan liar adalah hewan yang hidup di alam bebas dan bertahan hidup dengan memanfaatkan sumber makanan yang ada di alam. Sedangkan hewan peliharaan biasanya mengandalkan makanan yang diberikan oleh manusia.

Berikut ini beberapa jenis hewan yang bermanfaat bagi manusia, baik sebagai sumber makanan maupun kebutuhan lainnya;

  • Sapi
  • Kambing
  • Ikan
  • Ular
  • Burung
  • Serangga
  • Dan lain-lain

3. Mikroorganisme

Saccharomyces Cerevisiae
Saccharomyces Cerevisiae

Mikroorganisme atau mikroba adalah organisme yang berukuran sangat kecil (mikroskopis) sehingga untuk mengamatinya diperlukan alat bantuan mikroskop. Mikroorganisme seringkali bersel tunggal maupun bersel banyak.

Mikroorganisme merupakan SDA yang sangat penting dan bermanfaat bagi manusia. Mikroorganisme digunakan untuk berbagai keperluan manusia, mulai dari bidang kesehatan, industri, lingkungan, hingga pembuatan makanan.

Berikut ini beberapa mikroorganisme yang dimanfaatkan oleh manusia untuk berbagai kebutuhan;

  • Saccharomyces Cerevisiae untuk fermentasi roti dan membuat tape.
  • Penicillium Notatum untuk membuat antibiotik penisilin.
  • Monascus Purpureus untuk membuat zat warna yang aman untuk makanan.
  • Dan lain-lain.

B. Sumber Daya Alam Non-Hayati (Abiotik)

Sumber daya alam non hayati (abiotik) adalah SDA yang bersumber dari unsur-unsur alam yang tidak mempunyai nyawa. Dengan kata lain, sumber daya alam non-hayati adalah SDA yang berasal dari bukan mahluk hidup.

Beberapa contoh sumber daya alam non-hayati adalah sebagai berikut:

1. Sinar Matahari

energi alternatif pembangkit listrik
Pembangkit listrik tenaga matahari

Sinar matahari merupakan SDA yang dibutuhkan oleh semua mahluk hidup, terutama manusia. Bagi manusia, sinar matahari dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan, mulai dari penerangan, kesehatan, dan digunakan sebagai energi alternatif pembangkit listrik (panel surya).

2. Air

Pembangkit listrik tenaga air
Pembangkit listrik tenaga air

Air merupakan sumber daya alam yang dapat diperbaharui yang selalu dibutuhkan oleh manusia untuk berbagai kegiatan. Sumber air bisa berasal dari sungai, danau, dan juga laut.

Selain untuk kebutuhan bertahan hidup, manusia juga membutuhkan air untuk keperluan lainnya. Misalnya; sarana transportasi, pembangkit listrik tenaga air, rekreasi, dan lain sebagainya.

3. Tanah

Tanah dan tumbuhan
Tanah dan tumbuhan

Tanah adalah lapisan kulit bumi bagian atas yang terbentuk dari pelapukan bahan organik dan batuan yang hancur secara alami. Tanah digunakan sebagai media tanaman dalam pertanian dan perkebunan karena mengandung unsur hara yang dibutuhkan oleh tumbuh-tumbuhan.

Selain itu, tanah juga mengandung berbagai mineral dan jenis logam yang dihasilkan oleh alam. Mineral dan logam tersebut dapat digunakan oleh manusia sebagai bahan baku dalam kegiatan industri.

4. Udara

sumber daya alam yang dapat diperbaharui
Pembangkit listrik tenaga angin

Selain air dan tanah, udara merupakan elemen yang sangat penting bagi kehidupan manusia dan organisme lainnya di bumi. Udara mengandung oksigen yang dibutuhkan mahluk hidup untuk bernafas.

Udara merupakan sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan jumlahnya sangat besar. Selain untuk kebutuhan bertahan hidup, manusia juga memanfaatkan udara sebagai sumber energi alternatif, yaitu pembangkit listrik tenaga angin.

Baca juga: Pengertian Energi

Demikianlah penjelasan ringkas mengenai beberapa contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.