Beranda Umum Pengertian Sampah: Jenis, Dampak, dan Cara Penanganannya

Pengertian Sampah: Jenis, Dampak, dan Cara Penanganannya

Pengertian Sampah
Ilustrasi Sampah

Pengertian Sampah Secara Umum

Apa yang dimaksud dengan sampah? Pengertian Sampah adalah material sisa yang dibuang sebagai hasil dari proses produksi, baik itu industri maupun rumah tangga. Definisi lain dari sampah adalah sesuatu yang tidak diinginkan oleh manusia setelah proses/ penggunaannya berakhir.

Adapun material sisa yang dimaksud adalah sesuatu yang berasal dari manusia, hewan, ataupun dari tumbuhan yang sudah tidak terpakai. Wujud dari sampah tersebut bisa dalam bentuk padat, cair, ataupun gas.

Baca juga: Pengertian Limbah

Pengertian Sampah Menurut Para Ahli

Untuk lebih memahami apa arti sampah, maka kita bisa merujuk kepada pendapat beberapa ahli tentang definisi sampah. Di bawah ini adalah pengertian sampah menurut para ahli:

1. Juli Soemirat

Menurut Juli Soemirat pengertian sampah adalah barang padat yang dihasilkan dari kegiatan manusia yang tidak lagi dikehendaki.

2. Azwar

Menurut Azwar pengertian sampah adalah sebagian dari sesuatu yang tidak digunakan, tidak disenangi, atau sesuatu yang harus dibuang yang umumnya berasal dari kegiatan yang dilakukan manusia (termasuk kegiatan industri) tetapi bukan biologis karena kotoran manusia (human waste) tidak termasuk kedalamnya.

3. Bahar

Menurut Bahar definisi sampah adalah suatu barang yang harus bersifat padat yang tidak lagi dipergunakan dan dibuang, sehingga barang tersebut tidak bisa diuraikan dengan sempurna oleh alam yang akhirnya mengakibatkan kerusakan.

4. Basriyanta

Menurut Basriyanta sampah adalah suatu material yang tidak lagi dipakai sehingga dibuang oleh pemiliknya, akan tetapi sampah masih dapat digunakan jika didaur ulang menjadi sesuatu yang baru.

5. Tanjung

Menurut Tanjung, definisi sampah adalah barang yang tidak berguna lagi sehingga dibuang oleh pemiliknya.

6. Wijaya Jati

Menurut Wijaya Jati, pengertian sampah secara sederhana adalah konsekuensi sisa dari selurih kegiatan (aktivitas) manusia.

7. World Health Organization (WHO)

Menurut WHO pengertian sampah adalah barang yang berasal dari kegiatan manusia yang tidak lagi digunakan, baik tidak dipakai, tidak disenangi, ataupun yang dibuang.

8. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut KBBI arti sampah adalah barang yang dibuang oleh pemiliknya karena tidak terpakai lagi atau tidak dinginkan lagi, misalnya kotoran, kaleng minuman, daun-daunan, kertas, dan lain-lain.

Baca juga:

Jenis-Jenis Sampah

Setelah memahami pengertian sampah, kita juga perlu mengetahui jenis-jenisnya. Beberapa jenis sampah dapat diklasifikasikan dalam beberapa kelompok. Berikut ini adalah jenis-jenis sampah:

1. Jenis Sampah Berdasarkan Sumbernya

  • Sampah yang berasal dari manusia
  • Sampah dari alam
  • Sampah konsumsi
  • Sampah nuklir/ Limbah radioaktif
  • Sampah industri
  • Sampah pertambangan

2. Jenis Sampah Berdasarkan Sifatnya

  • Sampah Organik (Degradable); Pengertian sampah organik adalah sampah yang dapat membusuk dan terurai sehingga bisa diolah menjadi kompos. Misalnya, sisa makanan, daun kering, sayuran, dan lain-lain.
  • Sampah Anorganik (Undegradable); Pengertian sampah anorganik adalah sampah yang sulit membusuk dan tidak dapat terurai. Namun, sampah anorganik dapat didaur ulang menjadi sesuatu yang baru dan bermanfaat. Misalnya botol plastik, kertas bekas, karton, kaleng bekas, dan lain-lain.

3. Jenis Sampah Berdasarkan Bentuknya

Berdasarkan bentuknya, sampah dapat dibagi menjadi beberapa kelompok, diantaranya:

  • Sampah Padat; Sampah pada merupakan material yang dibuang oleh manusia (kecuali kotoran manusia). Jenis sampah ini diantaranya plastik bekas, pecahan gelas, kaleng bekas, sampah dapur, dan lain-lain.
  • Sampah Cair; Sampah cair merupakan bahan cair yang tidak dibutuhkan dan dibuang ke tempah sampah. Misalnya, sampah cair dari toilet, sampai cair dari dapur dan tempat cucian.

Baca juga: Pengertian Sanitasi

Dampak Sampah Pada Masyarakat

Pada umumnya sampah memberikan dampak buruk bagi masyarakat. Menurut Gelbert dkk (1996), ada tiga dampak sampah terhadap manusia dan lingkungannya:

1. Dampak Sampah Terhadap Kesehatan

Penanganan sampah yang tidak baik akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan masyarakat di sekitarnya. Sampah tersebut akan berpotensi menimbulkan bahaya bagi kesehatan, seperti:

  • Penyakit diare, tifus, kolera
  • Penyakit jamur
  • Penyakit cacingan

2. Dampak Sampah Terhadap Lingkungan

Selain berdampak buruk terhadap kesehatan manusia, penanganan sampah yang tidak baik juga mengakibatkan dampak buruk bagi lingkungan.

Seringkali sampah yang menumpuk di saluran air mengakibatkan aliran air menjadi tidak lancar dan berpotensi mengakibatkan banjir. Selain itu, sampah cair yang berada di sekitar saluran air akan menimbulkan bau tak sedap.

3. Dampak Sampah Terhadap Sosial dan Ekonomi

Penanganan sampah yang tidak baik juga berdampak pada keadaan sosial dan ekonomi. Beberapa diantaranya adalah:

  • Meningkatnya biaya kesehatan karena timbulnya penyakit
  • Kondisi lingkungan tidak bersih akibat penanganan sampah yang tidak baik. Hal ini pada akhirnya akan berdampak pada kehidupan sosial masyarakat secara keseluruhan.

Cara Pengelolaan Sampah

Mengacu pada pengertian sampah dan jenis-jenisnya, diperlukan penanganan dan pengelolaan sampah dengan cara yang baik. Merujuk informasi dari Departemen Pekerjaan Umum kota Semarang (2008), penanganan sampah dapat dilakukan dengan pengelolaan sampah 3R.

Berikut penjelasan pengelolaan sampah 3R tersebut:

1. Reuse (Menggunakan Kembali)

Ini adalah metode penanganan sampah dengan cara menggunakan kembali sampah tersebut secara langsung, baik untuk fungsi yang sama atau fungsi lain.

2. Reduce (Mengurangi)

Ini adalah metode pengelolaan sampah dengan cara mengurangi segalah hal yang dapat menyebabkan timbulnya sampah.

3. Recycle (Daur Ulang)

Ini merupakan metode pengelolaan sampah dengan cara mendaur ulang sampah menjadi sesuatu yang baru dan dapat digunakan.

Baca juga: Pengertian Norma Kesopanan

Demikianlah penjelasan ringkas mengenai pengertian sampah, jenis-jenis sampah, dampak sampah bagi masyarakat, dan cara penanganan sampah. Semoga bermanfaat.