Beranda Umum Pengertian Bencana Alam Secara Umum Jenis, Macam, Penyebab Bencana Alam

Pengertian Bencana Alam Secara Umum Jenis, Macam, Penyebab Bencana Alam

Pengertian Bencana Alam
Ilustrasi Bencana Alam

Pengertian Bencana Alam

Apa itu bencana alam? Pengertian Bencana Alam adalah suatu peristiwa atau rangkaian peristiwa luar biasa yang disebabkan oleh alam (gempa bumi, tsunami, gunung meletus, banjir, kekeringan, angin topan, dan tanah longsor) sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa, kerusakan lingkungan, kehilangan harta benda, dan dampak psikologis.

Pada umumnya bencana alam terjadi karena adanya perubahan pada alam, baik secara perlahan maupun secara ekstrim. Namun, beberapa peristiwa bencana alam terjadi karena ada faktor campur tangan manusia, misalnya penebangan pohon di hutan yang mengakibatkan tanah longsor.

Saat ini para ilmuwan melakukan berbagai upaya agar dapat mendeteksi terjadinya bencana. Namun, tidak semua bencana alam dapat dideteksi secara dini karena masih merupakan misteri hingga kini.

Baca juga: Pengertian Evakuasi

Pengertian Bencana Alam Menurut Para Ahli

Untuk lebih memahami apa arti bencana alam, maka kita bisa merujuk kepada pendapat beberapa ahli. Di bawah ini adalah pengertian bencana alam menurut para ahli:

1. Coburn A W

Menurut Coburn A W pengertian bencana alam adalah suatu kejadian atau serangkaian kejadian yang mengakibatkan adanya korban dan atau kerusakan, kerugian harta benda, infrastruktur, pelayanan-pelayanan penting atau sarana kehidupan pada satu skala yang berada di luar kapasitas normal.

2. Heru Sri Haryanto

Menurut Heru Sri Haryanto definisi bencana alam adalah terjadinya kerusakan pada pola pola kehidupan normal, bersifat merugikan kehidupan manusia, struktur sosial serta munculnya kebutuhan masyarakat.

3. Kamadhis UGM

Menurut Kamadhis UGM pengertian bencana alam adalah serangkaian peristiwa yang disebabkan oleh gejala-gejala alam, sehingga peristiwa tersebut mengakibatkan kerugian materi, korban jiwa, dan kerusakan lingkungan.

4. Diva

Menurut Diva, definisi bencana alam adalah peristiwa yang terjadi di alam yang berdampak besar bagi populasi perkembangan mahluk hidup, baik manusia, tumbuhan, ataupun hewan.

Baca juga: Pengertian Kemiskinan

Jenis-Jenis Bencana Alam

Jenis-Jenis Bencana Alam
Bencana alam di Jepang

Mengacu pada pengertian bencana alam, secara umum bencana alam dapat diklasifikasikan menjadi tiga jenis, yaitu:

1. Bencana Alam Geologi

Definisi bencana alam geologi adalah bencana alam yang terjadi pada permukaan bumi. Beberapa contoh bencana alam geologi misalnya gempa bumi, tanah longsor, gunung meletus, peristiwa tsunami.

2. Bencana Alam Meteorologis

Pengertian bencana alam meteorologis atau klimatologis adalah bencana alam yang terjadi karena perubahan iklim yang ekstrim. Bencana alam meteorologi bisa terjadi di wilayah mana saja yang memiliki potensi terjadinya bencana ini.

Contoh bencana alam meteorologi yang paling sering terjadi adalah bencana kekeringan saat musim panas, dan bencana kebanjiran saat musim hujan. Bencana ini dapat terjadi karena adanya campur tangan manusia yang mengakibatkan terjadinya Global Warming.

3. Bencana Alam Ekstra-Terestrial

Definisi bencana alam ekstra-terestrial adalah bencana alam yang terjadi karena sesuatu yang terjadi di luar angkasa. Umumnya masyarakat masih awam tentang hal ini, namun peristiwa di luar angkasa juga dapat berpengaruh pada umat manusia.

Contoh bencana alam ekstra-terestrial diantaranya asteroid yang dapat menghantam bumi, badai matahari, meteor, dan lain-lain.

4. Bencana Wabah Penyakit

Wabah meruapakan istilah untuk peristiwa luar biasa dimana suatu penyakit tersebar secara masif pada daerah tertentu. Wabah penyakit dapat mengakibatkan kesakitan atau kematian secara epidemiologis pada suatu wilayah dalam kurun waktu tertentu.

Wabah penyakit dapat terjadi dengan cepat dan mengakibatkan banyak korban. Salah satu contohnya adalah penyakit difteri yang belakangan menelan banyak korban jiwa. Bila hal ini terjadi maka akan diberlakukan status Kejadian Luar Biasa yang diatur oleh Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 949/MENKES/SK/VII/2004.

Baca juga: Pengertian Globalisasi

Macam-Macam Bencana Alam

Setelah memahami pengertian bencana alam dan jenis-jenisnya, tentunya kita juga perlu mengetahui apa saja macam-macam bencana alam tersebut. Berikut ini adalah macam-macam bencana alam dan penjelasannya:

1. Bencana Alam Gempa Bumi

Gempa bumi adalah peristiwa terjadinya guncangan atau getaran luar biasa pada permukaan bumi yang disebabkan oleh tumbukan antar lempeng bumi, patahan aktif, runtuhan batuan, serta aktivitas gunung berapi.

Video bencana alam gempa bumi

2. Bencana Alam Letusan Gunung Berapi

Letusan gunung berapi terjadi karena adanya aktivitas vulkanik (erupsi). Gunung berapi tersebut dapat mengeluarkan awan panas, hujan debu, gas beracun, lontaran material, banjir lahar, bahkan tsunami.

Video bencana alam letusan gunung berapi

3. Bencana Alam Tsunami

Tsunami adalah peristiwa bencana alam yang terjadi karena adanya serangkaian gelombang ombak laut yang sangat besar yang timbul karena adanyak pergeseran di dasar laut karena gempa bumi. Istilah Tsunami berasal dari bahasa Jepang, yaitu Tsu = Lautan, dan Nami = gelombang ombak.

Video bencana alam Tsunami

4. Bencana Alam Banjir Bandang

Banjir bandang merupakan peristiwa terendamnya suatu wilayah secara tiba-tiba karena jumlah debit air yang besar akibat terbendungnya aliran sungai. Banjir dapat terjadi karena curah hujan yang sangat tinggi namun tidak diimbangi dengan adanya saluran pembuangan air yang memadai.

Video bencana alam banjir bandang

5. Bencana Alam Tanah Longsor

Tanah longsor merupakan peristiwa gerakan massa tanah dan batuan atau keduanya yang menuruni lereng karena mengalami gangguan kestabilan batuan dan tanah penyusun lereng tersebut.

Tanah longsor dapat terjadi karena dua penyebab, yaitu:

  1. Karena hujan lebat di suatu area terjal dimana tanah di area tersebut tidak kuat menahan air akibat pohon-pohon yang sudah ditebang.
  2. Karena peristiwa alami dimana tanah di suatu area memang kurang padat, mendapat curah hujan yang tinggi, serta konturnya miring dan curam.

Video bencana alam tanah longsor

6. Bencana Alam Kebakaran

Kebakaran merupakan peristiwa dimana hutan, lahan, dan pemukiman dilanda api sehingga mengakibatkan kerusakaan dan kerugian terhadap ekonomi dan lingkungan. Selain itu, kebakaran juga mengakibatkan bencana asap yang mengganggu kesehatan dan aktivitas manusia di sekitarnya.

Peristiwa kebakaran dapat terjadi karena faktor alam, namun kebanyakan kebakaran diakibatkan karena perilaku manusia yang tidak perduli terhadap lingkungannya.

Video bencana alam kebakaran

7. Bencana Alam Angin Puting Beliung

Angin puting beliung adalah angin dengan kecepatan tinggi yang memiliki pusat, bergerak melingkar seperti spiral dengan kecepatan 40 -50 km/ jam hingga menyentuh permukaan bumi.

Biasanya angin puting beliung ini melewati suatu wilayah hanya dalam waktu singkat (3 – 5 menit). Namun, kerusakan yang diakibatkan oleh angin puting beliung bisa sangat parah.

8. Bencana Alam Kekeringan

Kekeringan adalah suatu kondisi dimana ketersediaan air tidak mencukupi kebutuhan untuk hidup, pertanian, aktivitas ekonomi dan lingkungan. Bencana alam ini bisa terjadi selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun sehingga mengakibatkan dampak buruk bagi mahluk hidup.

Video bencana alam kekeringan

Baca juga: Pengertian Hak Asasi Manusia

Contoh Bencana Alam

Berikut ini adalah beberapa contoh bencana alam yang pernah terjadi:

  1. Contoh bencana alam geologis; gempa bumi, tanah longsor, tsunami, letusan gunung merapi, dan lain-lain
  2. Contoh bencana alam meteorologis; kekeringan, banjir bandang, angin puting beliung, dan lain-lain.
  3. Contoh bencana alam ekstraterestrial; hantaman/ impact meteor, badai matahari, dan lain-lain.

Penyebab Bencana Alam

Seperti yang sudah disebutkan pada pengertian bencana alam di atas, penyebab terjadinya bencana alam disebabkan oleh alam dan juga manusia. Berikut penjelasannya:

1. Bencana yang Diakibatkan Alam

Peristiwa bencana alam umumnya terjadi karena alam itu sendiri. Pada saat alam mengalami perubahan yang ekstrim, maka terjadilah bencana alam tersebut, misalnya gempa bumi, tsunami, letusan gunung berapil dan lain-lain.

2. Bencana Akibat Perbuatan Manusia

Selain karena perubahan alam, bencana juga terjadi karena ulah manusia itu sendiri. Banyak manusia yang melakukan perbuatan tidak bertanggungjawab yang akhirnya mengakibatkan bencana alam.

Beberapa bencana alam yang dipicu oleh ulah manusia adalah:

  • Banjir karena membuang sampah sembarangan
  • Tanah longsor akibat penebangan hutan secara liar
  • Kebakaran hutan karena membuka lahan baru dengan cara membakar pohon
  • Kekeringan akibat pengambilan dan penggunaan air secara berlebihan.

Baca juga: Pengertian Reklamasi

Demikianlah penjelasan ringkas mengenai pengertian bencana alam, jenis bencana alam, macam-macam bencana alam, penyebab bencana alam,