Pengertian Hygiene dan Sanitasi
Ilustrasi Hygiene

Pengertian Hygiene dan Sanitasi

Apa yang dimaksud dengan hygiene dan sanitasi? Pengertian Hygiene dan Sanitasi adalah suatu upaya atau tindakan untuk menjaga/ meningkatkan kebersihan dan kesehatan dengan melakukan pemeliharaan dini terhadap semua individu dan faktor lingkungan yang mempengaruhinya. Tujuannya adalah agar setiap individu tidak terkena kuman penyebab penyakit (Depkes RI, 1994).

Perbedaan Hygiene dan Sanitasi

Pada dasarnya hygiene dan sanitasi merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan satu dengan yang lainnya. Namun, keduanya memiliki perbedaan, yaitu:

1. Hygiene adalah kegiatan menjaga kesehatan dari penyakit yang menitik beratkan kepada “objek” itu sendiri (manusia). Kegiatannya misalnya mencuci tangan, memasak air/makanan, proses pengolahan produk, dan lain-lain.

2. Sanitasi adalah kegiatan menjaga kesehatan dari penyakit yang menitik beratkan kepada ‘lingkungan” yang ada di sekitar objek (manusia). Kegiatannya misalnya menjaga kebersihan ruangan, sirkulasi udara ruangan, pengelolaan sampah, penanganan vektor penyakit, dan lain-lain.

Jadi, pengertian hygiene atau higienis adalah upaya pencegahan/ preventif (baca: pengertian preventif) untuk menjaga kesehatan manusia yang kegiatannya fokus pada usaha kesehatan individu. Sedangkan pengertian sanitasi adalah upaya pencegahan/ preventif untuk menjaga kesehatan yang kegiatannya fokus pada lingkungan manusia.

Pengertian Hygiene Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami apa arti hygiene, maka kita bisa merujuk kepada pendapat beberapa ahli. Berikut ini adalah arti kata hygiene menurut para ahli:

1. Brownell

Pengertian hygiene atau higienis menurut Brownell adalah cara manusia untuk menjaga dan memelihara kesehatannya.

2. Gosh

Definisi hygiene menurut Gosh adalah suatu ilmu di bidang kesehatan yang meliputi semua faktor yang mendorong terwujudnya kehidupan yang sehat, baik individu maupun masyarakat.

3. Prescott

Arti hygiene menurut Prescott dibagi ke dalam dua aspek, yaitu menyangkut individu (Personal Hygiene) dan menyangkut lingkungan (Environment).

4. Shadily

Menurut Shadily, hygiene adalah suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang kesehatan. Hygiene erat hubungannya dengan perorangan, makanan dan minuman karena merupakan syarat untuk mencapai derajat kesehatan.

4. DEPKES RI

Pengertian Hygiene menurut Depkes RI (2004) adalah upaya kesehatan dengan cara memelihara dan melindungi kebersihan individu, misalnya mencuci tangan untuk kebersihan tangan, mencuci piring untuk melindungi kebersihan piring, membuang bagian makanan yang rusak untuk melindungi keutuhan makanan secara keseluruhan. Sedang dalam Depkes RI (1994) hygiene lebih kepada upaya penyehatan diri.

5. UU No. 2 Tahun 1996

Pengertian hygiene atau higienis menurut UU No. 2 Tahun 1996 adalah semua usaha untuk memelihara, melindungi, dan meningkatkan derajat kesehatan badan, jiwa, baik untuk umum maupun perorangan yang bertujuan memberikan dasar-dasar kelanjutan hidup yang sehat, serta meningkatkan kesehatan dalam perikemanusiaan.

Baca juga: Pengertian Kebugaran Jasmani

Pengertian Sanitasi Menurut Para Ahli

1. Hopkins

Menurut Hopkins, pengertian sanitasi adalah cara pengawasan terhadap faktor-faktor lingkungan yang mempunyai pengaruh terhadap kesehatan.

2. Sihite

Menurut Sihite, Sanitasi makanan (Sihite 2009:91) merupakan suatu usaha pencegahan untukmembebaskan makanan dan minuman dari segala bahaya yang dapat mengganggu, merusak kesehatan, mulai dari minuman itu sebelum diproduksi, Selama dalam proses pengolahan, pengangkutan,penyimpanan hungga sampai ke tahap penyajian makanan dan minuman itu siap di konsumsi.

3. Dr. Azrul Azwar

Pengertian sanitasi menurut Dr.Azrul Azwar, MPH (2000:4) adalah cara pengawasan terhadap berbagai faktor lingkungan yang mungkin mempengaruhi derajat kesehatan masyarakat.

4. WHO

Pengertian sanitasi menurut WHO adalah pengendalian semua faktor lingkungan fisik manusia yang dapat menimbulkan akibat buruk terhadap kehidupan manusia, baik fisik maupun mental.

Baca juga: Pengertian Kontaminasi

Ruang Lingkung Hygiene dan Sanitasi

1. Ruang Lingkup Hygiene

Berikut ini adalah beberapa hal yang masuk ke dalam ruang lingkup hygiene,

  • Personal Hygiene atau kebersihan perorangan adalah suatu usaha untuk memelihara kebersihan dan kesehatan seseorang untuk kesejahteraan fisik dan psikis.
  • Hygiene Makanan dan Minuman adalah suatu usaha untuk menjaga dan memelihara kebersihan makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh manusia.

2. Ruang Lingkup Sanitasi

Berikut ini adalah beberapa hal yang masuk ke dalam ruang lingkup Sanitasi,

  • Penyediaan air bersih/ air minum (water supply): ini meliputi pengawasan terhadap kualitas, kuantitas, dan pemanfaatan air.
  • Pengolahan sampah (refuse disposal): ini meliputi cara pembuangan sampah, peralatan pembuangan sampah dan cara penggunaannya.
  • Pengolahan makanan dan minuman (food sanitation): ini meliputi pengadaan, penyimpanan, pengolahan, dan penayajian makanan.
  • Pengawasan/pengendalian serangga dan binatang pengerat (insect and rodent control): ini meliputi cara pengendalian serangan dan binatang pengerat.
  • Kesehatan dan keselamatan kerja: melakukan kegiatan K3 (baca: pengertian K3) meliputi ruang kerja (misalnya dapur), pekerjaan, cara kerja, dan tenaga kerja.

Manfaat Hygiene dan Sanitasi

Seperti yang telah dijelaskan pada pengertian Hygiene dan sanitasi di atas, berikut ini adalah beberapa manfaat hygiene dan sanitasi secara umum:

  • Memastikan tempat beraktivitas bersih
  • Melindungi setiap individu dari faktor lingkungan yang dapat merusak kesehatan fisik dan mental
  • Tindakan pencegahan terhadap penyakit menular.
  • Tindakan pencegahan terhadap kecelakaan kerja.

Contoh Tindakan Hygiene dan Sanitasi

Tindakan hygiene dan sanitasi seharusnya dimulai dari diri sendiri. Kebiasaan yang baik menjaga kebersihan dan kesehatan akan berdampak besar bagi lingkungan kita. Jadi, dalam hal ini personal hygiene punya peranan yang sangat penting.

1. Contoh Hygiene

Berikut ini adalah contoh tindakan personal hygiene:

  • Mencuci tangan hingga bersih setiap kali akan makan.
  • Mandi dan menggosok gigi secara teratur untuk menjaga kebersihan tubuh.
  • Menjaga kebersihan bahan makanan dan juga makanan yang telah diolah.
  • Menjaga kebersihan semua peralatan memasak dan wadah makanan.

2. Contoh Sanitasi

Berikut ini adalah contoh tindakan sanitasi lingkungan:

  • Membuat dan mengatur saluran pembuangan air hujan di pinggir jalan.
  • Membuat dan mengatur saluran pembuangan limbah rumah tangga (dapur dan kamar mandi).
  • Membuang sampah pada tempat yang telah disediakan.
  • Pengelolaan limbah/ sampah dengan baik, teratur, dan berkesinambungan. Misalnya dengan memilah sampah plastik, kertas, organik, kaca, dan logam.

Baca juga: Pengertian Kebugaran Jasmani

Demikianlah penjelasan singkat mengenai pengertian hygiene dan sanitasi, ruang lingkup hygiene dan sanitasi, serta contoh tindakan hygiene dan sanitasi. Semoga bermanfaat.