Beranda Mobile & App 7 Cara Mempercepat Android yang Lemot serta Penyebab Android Lambat

7 Cara Mempercepat Android yang Lemot serta Penyebab Android Lambat

Cara Mengatasi Android yang Lemot
Ilustrasi Mempercepat Android

Bagaimana cara mengatasi Android yang lemot? Pertanyaan ini pasti sudah menjadi langganan bagi para pengguna smartphone Android yang mengalami masalah kecepatan pada ponsel Android mereka.

Pada saat pertamakali dibeli dan digunakan, smartphone Android dapat bekerja dengan baik dan lancar. Namun, setelah diinstal berbagai aplikasi dan digunakan selama beberapa bulan ternyata Android-nya semakin lambat padahal spesifikasinya cukup canggih.

Memang masalah Android lambat tidak terjadi terus-menerus, tapi hal ini bisa terjadi pada saat kita sedang tergesa-gesa dan ini sangat menjengkelkan. Nah, beberapa tips yang akan dibahas berikut ini adalah cara mempercepat hp Android yang lemot dengan mudah.

Cara Mengatasi Android yang Lemot

Beberapa cara mengatasi android yang lemot yang akan dibahas di artikel ini didapat dari berbagai sumber terpercaya, termasuk dari komunitas Android. Beberapa diantaranya sudah dibuktikan pada Android Saya sendiri dan memang terbukti berhasil mempercepat kinerja Android Saya.

1. Periksa Kapasitas Memori Android

Banyak orang berpikir bahwa dengan mengupdate Operating System (OS) dan Aplikasi yang terinstal di Android merupakan salah satu cara mengatasi Android yang lemot. Pada kenyataannya tidak selalu demikian.

Alasannya, dengan update OS dan aplikasi maka ukuran file Android menjadi lebih besar. Tentu saja ini akan memakan memori yang justru bisa memperlambat kinerja Android kamu. Apalagi kalau memori Android kamu pas-pasan.

Kapasitas Memori Android
Kapasitas Memori Android

Namun, mengupdate OS dan Aplikasi Android bisa mempercepat kinerja Android kamu JIKA memori internal dan memori eksternalnya memadai. Dengan melakukan update OS dan aplikasi, maka kinerja software akan menjadi lebih baik dan lebih aman.

JADI, sebelum melakukan update OS dan aplikasi perhatikan kapasitas memori Android kamu.

Baca juga: Cara Menghilangkan Iklan di Android

2. Menghapus Aplikasi Android yang Tidak Perlu

Masih berhubungan dengan poin #1, yaitu memeriksa kapasitas memori Android kamu. Jika ternyata memori Android sudah mulai penuh dan menyebabkan kinerjanya melambat, maka kamu perlu memilih aplikasi yang tidak perlu dan harus dihapus/ dinonaktifkan.

Selain itu, periksa juga cache dari setiap aplikasi yang kamu instal di Android. File cache aplikasi juga bisa membuat memori penuh dan kinerja Android menjadi lambat.

Menghapus Aplikasi Android
Menghapus Cache Aplikasi Android

Menonaktifkan/ menghapus (uninstall) aplikasi dan menghapus cache aplikasi merupakan salah satu cara mempercepat kinerja Android yang lemot. Kamu dapat melakukannya melalui menu Pengaturan > Penyimpanan > Kapasitas terpakai > Aplikasi, lalu pilih aplikasi yang ingin dinonaktifkan/ hapus dan bersihkan semua cache (hapus memori) aplikasi yang terinstal.

3. Mengurangi Widget Android

Widget dapat membuat tampilan home screen menjadi lebih menarik dan menjadi jalan pintas untuk membuka sebuah aplikasi. Namun, memasang terlalu banyak widget ternyata bisa membuat Android kamu menjadi lambat karena penggunaan RAM yang semakin besar.

Mengurangi Widget Android
Mengurangi Widget Android

Mengurangi widget juga merupakan cara mengatasi Android yang lemot agar kinerjanya menjadi lebih baik. Hapus saja widget yang tidak terlalu penting, misalnya widget cuaca, widget game, kalkulator, dan lain-lain. Buatlah widget kamu sesederhana dan seminimal mungkin.

4. Matikan Fitur Auto-Sync di Android

Cara mengatasi Android lemot berikutnya adalah dengan mematikan fitur auto-sync. Fitur auto-sync adalah fitur yang membuat sebuah aplikasi dapat menarik data terbaru secara otomatis pada rentang waktu tertentu.

Kebanyakan pengguna Android memasang banyak akun dalam ponsel mereka, baik itu akun media sosial, email, dan akun lainnya. Biasanya akun-akun tersebut terpasang dalam kondisi auto-sync.

Nah, jika dalam ponsel kamu ada banyak akun dalam kondisi auto-sync maka ini akan membuat Android menjadi lemot. Solusinya adalah non-aktifkan fitur tersebut. Kamu dapat melakukannya dengan membuka Pengaturan > Akun > hapus tanda centang pada kotak Sinkronisasi data otomatis.

Matikan Fitur Auto-Sync di Android
Matikan Fitur Auto-Sync di Android

5. Matikan Aplikasi yang Berjalan di Balik Layar

Ada banyak orang yang tidak menyadari bahwa Android mereka lelet karena ada banyak aplikasi yang sedang berjalan di belakang layar. Aplikasi yang berjalan dibelakang layar tentu saja akan membuat Android menjadi lambat kinerjanya.

Kamu bisa mengatasi Android yang lemot dengan cara menutup semua aplikasi tersebut. Caranya sangat mudah, buka Pengaturan > Manajer Aplikasi > Berjalan (aplikasi yang berjalan) lalu tutup aplikasi yang terlihat di sana.

Aplikasi yang Berjalan di Balik Layar
Aplikasi yang Berjalan di Balik Layar

6. Restart Android

Terkadang cara mengatasi Android yang lemot itu bisa dilakukan dengan mudah, semudah merestart ponsel kamu. Ya, cukup hanya dengan restart Android maka cache yang tersimpan akan dihapus secara otomatis.

Dengan merestart Android juga maka semua aplikasi yang tadinya aktif akan berhenti. Dan ketika Android kamu aktif maka kecepatannya akan kembali normal.

7. Factory Reset Android

Kamu sudah melakukan 6 langkah di atas, tapi Android kamu masih saja lelet. Maka langkah terakhir yang bisa kamu lakukan adalah melakukan Factory Reset.

Factory reset ini akan mengembalikan semua pengaturan Android kamu menjadi default seperti pengaturan awal saat pertama kamu beli. Namun, kamu harus berhati-hati sebelum melakukannya karena semua data di Android kamu akan hilang.

PENTING sekali untuk mem-back up semua data penting kamu sebelum melakukan langkah ini. Selain itu, kamu juga harus menginstal ulang semua aplikasi dari awal. Agak repot memang, tapi langkah ini sangat efektif untuk mengembalikan kecepatan Android kamu seperti semula.

Factory Reset Android
Factory Reset Android

Cara factory reset Android, buka Pengaturan (settings) > Cadangkan dan Reset (Back up and reset) > Reset Data Pabrik (Factory data reset) > Reset Perangkat (Reset device). Proses factory reset ini membutuhkan waktu sekitar 2 hingga 5 menit.

Baca juga: 15 Merk Power Bank Terbaik Saat Ini

Dari penjelasan di atas tentunya kamu sudah punya gambaran bagaimana cara mengatasi Android yang lemot. Terkadang tidak harus melakukan semua tips di atas, cukup beberapa langkah saja maka kinerja Android menjadi lebih baik. Semoga artikel ini bermanfaat.