Apa Itu IMEI – Pengertian, Fungsi, Cara Cek Nomor IMEI Ponsel

Apa Itu IMEI – Mengintip ke dalam dunia teknologi seluler, kita menemukan IMEI sebagai salah satu rahasia tersembunyi di balik perangkat-perangkat canggih kita. Seperti tanda pengenal unik bagi tiap perangkat, IMEI (International Mobile Equipment Identity) memperlihatkan dirinya dalam rangkaian 15 angka yang tersembunyi dengan penuh misteri.

Tapi siapa sangka, di balik angka-angka tersebut terdapat cerita menarik—dimulai dari 8 digit pertamanya yang disebut Type Allocation Code, sebuah kodifikasi khusus yang diberikan oleh Global System for Mobile Association (GSMA). Peran misterius inilah yang memungkinkan IMEI untuk menjadi mata-mata setia yang mengintai perangkat-perangkat HKT yang menyatu dalam jaringan seluler global.

Dalam artikel ini, kita akan mengupas tuntas tentang IMEI, menemukan mengapa 15 digit tersebut lebih dari sekadar angka, dan bagaimana keberadaannya memiliki dampak signifikan dalam ekosistem teknologi yang semakin terhubung.

Advertisement

Apa Itu IMEI?

Apa itu MEI
Ilustrasi Apa Itu IMEI

Apa itu IMEI? Jika kamu belum tahu, pengertian IMEI (International Mobile Equipment Identity) adalah serangkaian angka unik berjumlah 15 digit yang ditanamkan pada setiap perangkat seluler, seperti telepon genggam dan tablet. IMEI berfungsi sebagai identifikasi unik yang membedakan setiap perangkat dari yang lainnya di seluruh dunia.

Setiap perangkat selular memiliki IMEI yang berbeda, baik itu iPhone maupun Android. Mirip dengan nomor seri pada produk elektronik lainnya. Setiap kali membeli perangkat smartphone, pastikan memeriksa apakah nomor IMEI tersebut telah disertai dengan cap resmi oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Struktur IMEI terdiri dari beberapa bagian utama yang memberikan informasi tertentu tentang perangkat tersebut, yaitu:

  1. TAC (Type Allocation Code): Delapan digit pertama dari IMEI merupakan TAC, yang mengidentifikasi produsen, model, dan tipe perangkat. Kode ini dialokasikan oleh GSMA (Global System for Mobile Communications Association) kepada produsen dan membedakan antara berbagai jenis perangkat.
  2. FAC (Final Assembly Code): Dua digit berikutnya adalah FAC, yang mencerminkan lokasi perakitan akhir perangkat tersebut. Kode ini membantu dalam pelacakan proses manufaktur.
  3. SNR (Serial Number): Enam digit terakhir adalah SNR, yang merupakan nomor seri unik untuk setiap perangkat. Ini memberikan pengenal individu yang eksklusif untuk setiap perangkat dalam produksi.

Intinya, IMEI adalah kunci untuk identifikasi dan manajemen perangkat seluler di seluruh dunia, serta berperan penting dalam menjaga keamanan dan integritas ekosistem perangkat mobile.

Apa Fungsi IMEI

Setelah mengetahui apa itu IMEI, kita juga perlu tahu apa fungsinya. IMEI (International Mobile Equipment Identity) memiliki berbagai fungsi penting dalam ekosistem perangkat mobile dan jaringan seluler. Berikut adalah penjelasan lengkap tentang fungsi-fungsi IMEI:

1. Identifikasi Perangkat

Fungsi utama IMEI adalah mengidentifikasi secara unik setiap perangkat mobile di seluruh dunia. Setiap perangkat memiliki nomor IMEI yang berbeda, sehingga memungkinkan operator jaringan, produsen, dan lembaga terkait untuk mengenali dan melacak perangkat secara akurat.

Jika nomor IMEI tidak tercatat dalam basis data Kementerian Perindustrian, maka perangkat berpotensi menghadapi pembatasan akses dan konektivitas jaringan seluler yang bisa berujung pada pemblokiran.

2. Keamanan

IMEI memainkan peran penting dalam keamanan perangkat mobile. Jika perangkat hilang atau dicuri, pemilik dapat melaporkan nomor IMEI kepada penyedia layanan mereka. Ini memungkinkan penyedia layanan untuk memblokir perangkat dari jaringan, menjadikannya tidak dapat digunakan oleh pencuri.

3. Registrasi di Jaringan

Sebelum perangkat dapat digunakan di jaringan seluler, nomor IMEI perlu didaftarkan. Ini membantu operator jaringan mengelola perangkat yang terhubung ke jaringan mereka dan mencegah penggunaan perangkat ilegal atau tidak sah.

4. Dukungan Teknis

Nomor IMEI digunakan untuk memberikan dukungan teknis dan pemeliharaan pada perangkat. Saat pemilik perangkat mengalami masalah atau perlu pembaruan perangkat lunak, dukungan teknis dapat menggunakan nomor IMEI untuk mengidentifikasi perangkat yang tepat.

5. Pemantauan Pasar

GSMA (Global System for Mobile Communications Association) dan lembaga lainnya menggunakan data IMEI untuk memantau pasar perangkat mobile. Ini membantu mereka mengidentifikasi perangkat ilegal atau tidak berlisensi yang dapat merugikan ekosistem perangkat mobile dan mengambil tindakan yang sesuai.

6. Validasi Garansi

Produsen perangkat menggunakan nomor IMEI untuk memvalidasi garansi. Ketika pemilik perangkat memerlukan perbaikan atau penggantian, produsen dapat menggunakan nomor IMEI untuk memastikan apakah perangkat masih dalam masa garansi.

7. Penegakan Hukum

Dalam beberapa kasus, nomor IMEI dapat digunakan oleh pihak penegak hukum untuk melacak atau mengidentifikasi perangkat yang terlibat dalam kegiatan ilegal.

Secara keseluruhan, IMEI memiliki peran yang sangat penting dalam mengidentifikasi, melacak, dan melindungi perangkat mobile, serta menjaga integritas dan keamanan ekosistem perangkat seluler.

Artikel terkait: Pengertian Smartphone

Cara Cek Nomor IMEI Ponsel

apa itu IMEI pengertian
Image via EDMChicago.com

Cara untuk memeriksa nomor IMEI pada perangkat mobile dapat bervariasi tergantung pada jenis sistem operasi yang digunakan. Berikut adalah Cara cek nomor IMEI pada perangkat mobile Anda:

A. Ponsel Android

  1. Buka aplikasi “Pengaturan” di ponsel Anda.
  2. Gulir ke bawah dan pilih “Tentang telepon” atau “Tentang perangkat” (tergantung pada versi Android yang Anda gunakan).
  3. Selanjutnya, Anda akan menemukan opsi “Status” atau “Identitas telepon”.
  4. Pilih “Status” atau “Identitas telepon” dan cari nomor IMEI yang tercantum.

B. Ponsel iPhone (iOS)

  1. Buka aplikasi “Pengaturan” di iPhone Anda.
  2. Pilih opsi “Umum”.
  3. Gulir ke bawah dan pilih “Tentang”.
  4. Di bawah bagian “Tentang”, Anda akan menemukan nomor IMEI.

C. Cek Fisik pada Perangkat

  1. Nomor IMEI biasanya tercetak pada stiker di dalam baterai atau di bagian belakang perangkat (jika baterai dapat dilepas).
  2. Jika perangkat Anda menggunakan kartu SIM, nomor IMEI juga dapat ditemukan pada kartu SIM.

D. Kode Dial

  1. Pada beberapa perangkat, Anda dapat memeriksa nomor IMEI dengan dialing kode khusus di aplikasi Telepon.
  2. Coba dial *#06# dan nomor IMEI Anda akan ditampilkan di layar.

Bagaimana Cara Melacak Ponsel dengan IMEI

Melacak ponsel dengan IMEI adalah tindakan yang penting jika ponsel Anda hilang atau dicuri. Namun, penting untuk diingat bahwa hanya pihak berwenang, seperti penyedia layanan dan kepolisian, yang memiliki kemampuan untuk melacak perangkat dengan nomor IMEI. Berikut adalah langkah-langkah umum yang bisa Anda ambil:

  1. Laporkan ke Pihak Berwenang: Pertama, laporkan kehilangan atau pencurian ponsel Anda kepada pihak berwenang setempat, seperti polisi. Berikan detail yang lengkap, termasuk nomor IMEI.
  2. Hubungi Penyedia Layanan Anda: Hubungi penyedia layanan seluler Anda (operator) dan laporkan kehilangan atau pencurian. Berikan nomor IMEI dan informasi yang diminta oleh mereka.
  3. Cek Status IMEI: Gunakan nomor IMEI untuk memeriksa status di laman resmi Kementerian Perindustrian (Kemenperin) atau layanan verifikasi IMEI yang disediakan oleh operator Anda. Ini akan membantu memastikan bahwa perangkat Anda tidak digunakan dengan tujuan ilegal.
  4. Mintalah Bantuan Operator: Operator seluler Anda mungkin memiliki kemampuan untuk melacak perangkat Anda menggunakan nomor IMEI jika perangkat tersebut masih aktif di jaringan. Hubungi operator dan tanyakan apakah mereka dapat membantu melacak perangkat.
  5. Jangan Coba Melacak Sendiri: Jika Anda menduga perangkat Anda berada di tempat yang berbahaya atau dengan seseorang yang mungkin tidak aman, jangan mencoba untuk melacak sendiri. Sebaliknya, biarkan pihak berwenang mengatasi situasi tersebut.

Penting untuk diingat bahwa kemampuan untuk melacak perangkat dengan nomor IMEI tergantung pada hukum di negara Anda dan kebijakan dari penyedia layanan Anda. Jika Anda yakin ponsel Anda hilang atau dicuri, segera ambil langkah-langkah di atas untuk melaporkannya dan mencoba melacaknya dengan bantuan yang tepat.

Baca juga: Pengertian Metaverse

Demikianlah penjelasan ringkas apa itu IMEI, fungsi, dan cara cek nomor IMEI ponsel. Dengan peran utamanya dalam identifikasi dan keamanan perangkat, IMEI memainkan peran penting dalam menjaga integritas dan keamanan ekosistem perangkat mobile.

Leave a Comment