Pengertian Komunitas: Arti, Manfaat, Jenis, dan Contohnya

Pengertian Komunitas: Arti, Manfaat, Jenis, dan Contohnya

Pengertian Komunitas

Pengertian Komunitas Adalah

Apa yang dimaksud dengan komunitas? Pengertian komunitas adalah suatu kelompok sosial di suatu masyarakat yang terdiri dari beberapa individu yang saling berinteraksi di lingkungan tertentu dan umumnya memiliki ketertarikan dan habitat yang sama.

Ada juga yang menyebutkan bahwa arti komunitas adalah suatu kelompok di dalam masyarakat, dimana para anggotanya memiliki kesamaan kriteria sosial sebagai ciri khas. Misalnya kesamaan minat, kesamaan profesi, kesamaan agama, kesamaan tempat tinggal, dan lain-lain.

Suatu komunitas terbentuk karena adanya keinginan dari para anggotanya untuk mencapai tujuan tertentu yang telah disepakati bersama. Selain itu, komunitas juga bertujuan untuk saling memberikan bantuan sesama anggotanya sehingga dapat berkembang bersama-sama.

Baca juga: Pengertian Populasi

Pengertian Komunitas Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami apa itu komunitas, maka kita dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli berikut ini:

1. Hendro Puspito

Menurut Hendro Puspito, pengertian komunitas adalah suatu kelompok sosial atau kumpulan nyata, teratur, dan tetap dari individu-individu yang melaksanakan peran-perannya secara berkaitan guna mencapai tujuan bersama.

2. Soenarno

Menurut Soenarno, pengertian komunitas adalah suatu identifikasi dan interaksi sosial yang dibentuk dengan berbagai dimensi kebutuhan fungsional.

3. Kertajaya Hermawan

Menurut Kertajaya Hermawan, komunitas adalah sekelompok orang yang saling peduli satu sama lain lebih dari yang seharusnya, dimana dalam sebuah komunitas terjadi relasi pribadi yang erat antar para anggota komunitas tersebut karena adanya kesamaan interest atau values.

4. Etienne Wenger

Menurut Etienne Wenger, pengertian komunitas adalah kelompok sosial yang memiliki habitat lingkungan dan ketertarikan yang sama dalam ruang lingkup kepercayaan ataupun ruang lingkup yang lainnya.

5. Paul B. Horton dan Chaster L. Hunt

Menurut Paul B. Horton & Chaster L. Hunt, arti komunitas adalah suatu kelompok sosial atau sekumpulan manusia yang memiliki kesadaran akan keanggotaannya dan saling berinteraksi.

6. Christensson dan Robinson

Menurut Christensson dan Robinson, pengertian komunitas adalah orang-orang yang tinggal di daerah yang terbatas secara geografis, mereka berkomunikasi dengan satu sama lain dan memiliki ikatan antara orang-orang yang tinggal di daerah tempat tinggalnya.

Baca juga: Pengertian Masyarakat

Jenis-Jenis Komunitas

Secara umum, komunitas dapat dikelompokkan ke dalam 3 jenis. Adapun beberapa jenis komunitas adalah sebagai berikut:

1. Komunitas Berdasarkan Minat

Ini adalah jenis komunitas yang terbentuk karena adanya kesamaan minat atau ketertarikan para anggotanya. Biasanya komunitas yang terbentuk berdasarkan minat jumlahnya anggotanya akan besar karena komunitas tersebut dapat mendukung minat atau hobi mereka.

2. Komunitas Berdasarkan Lokasi

Ini adalah jenis komunitas yang terbentuk karena adanya kesamaan lokasi atau tempat secara geografis. Pada umumnya komunitas berdasarkan lokasi ini terbentuk karena adanya keinginan untuk saling mengenal satu sama lain sehingga tercipta interaksi yang dapat membantu perkembangan lingkungannya.

3. Komunitas Berdasarkan Komuni

Ini adalah suatu komunitas yang terbentuk karena adanya keinginan dan kepentingan bersama. Dengan kata lain, komunitas ini terbentuk atas dasar kepentingan di dalam organisasi sosial dalam masyarakat.

Baca juga: Pengertian Sosiologi

Manfaat Komunitas

Pembentukan komunitas tentu memiliki manfaat bagi para anggotanya. Adapun beberapa manfaat komunitas adalah sebagai berikut:

  1. Sarana Informasi, penyebaran informasi tertentu dapat menyebar dengan cepat di suatu komunitas. Misalnya komunitas pecinta burung, segala informasi yang berhubungan dengan burung akan sangat cepat beredar di dalam komunitas ini.
  2. Menjalin Hubungan, manusia adalah mahluk sosial yang membutuhkan manusia lainnya dalam hidupnya. Dengan adanya komunitas maka antar sesama anggota dapat menjalin relasi yang lebih baik satu sama lainnya.
  3. Salin Mendukung, karena adanya minat atau ketertarikan pada bidang tertentu maka setiap anggota komunitas dapat saling memberikan dukungan. Selain mendukung sesama anggotanya, suatu komunitas juga dapat membantu orang lain di luar komunitas tersebut.

Baca juga:

Contoh Komunitas

Ada banyak sekali contoh komunitas di sekitar kita, baik itu komunitas di dunia nyata maupun komunitas online. Adapun beberapa contoh komunitas adalah sebagai berikut:

1. Komunitas Blogger

Ini adalah komunitas yang muncul karena adanya ketertarikan dan kebutuhan pada dunia blogging. Biasanya para anggotanya adalah orang yang aktif di dunia maya dan saling memberikan dukungan satu sama lain, baik dalam hal teknis maupun non teknis di bidang blogging.

2. Komunitas Petani/ Peternak

Komunitas petani/ peternak muncul karena adanya ketertarikan dan kebutuhan pada dunia pertanian atau peternakan. Melalui komunitas tersebut, para petani atau peternak dapat saling berbagai informasi dan dukungan satu sama lain guna meningkatkan hasil pertanian/ peternakan mereka.

3. Komunitas Seni

Komunitas seni terbentuk karena adanya ketertarikan di bidang seni, baik itu seni musik, tari, lukis, dan lainnya. Komunitas ini dapat digunakan untuk menyalurkan bakat dan kemampuan di bidang seni.

4. Komunitas Photography

Komunitas photography terbentuk karena adanya ketertarikan para anggotanya pada bidang photography. Komunitas ini dapat dimanfaatkan sebagai media untuk belajar, berbagi tips, dan saling bertukar informasi di bidang photography.

Baca juga:

Itulah penjelasan ringkas mengenai pengertian komunitas, manfaatnya, jenis-jenis, serta beberapa contoh komunitas. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.