Pengertian Diskriminasi adalah

Pengertian Diskriminasi

Apa yang dimaksud dengan diskriminasi? Pengertian diskriminasi adalah suatu sikap, perilaku, dan tindakan yang tidak adil atau tidak seimbang yang dilakukan oleh individu atau kelompok terhadap individu atau kelompok lainnya.

Ada juga yang menyebutkan arti diskriminasi adalah suatu tindakan atau perlakuan yang mencerminkan ketidakadilan terhadap individu atau kelompok tertentu yang disebabkan oleh adanya karakteristik khusus yang dimiliki oleh individu atau kelompok tersebut.

Ada banyak sekali bentuk diskriminasi yang dilakukan di dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Hal ini terjadi karena manusia umumnya memiliki kecenderungan untuk membeda-bedakan atau mengelompokkan diri.

Perlakukan secara tidak adil bisa terjadi dimana dan kapan saja karena adanya perbedaan karakteristik berikut ini;

  • Perbedaan suku dan ras
  • Perbedaan kelas sosial
  • Perbedaan jenis kelamin (gender)
  • Perbedaan agama/ kepercayaan
  • Perbedaan pandangan politik
  • Perbedaan kondisi fisik
  • Dan lain-lain

Baca juga: Pengertian HAM

Pengertian Diskriminasi Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami apa arti diskriminasi, kita dapat merujuk pada pendapat para ahli berikut ini:

1. Fulthoni, et.al

Menurut Fulthoni, pengertian diskriminasi adalah perlakuan yang tidak adil dan tidak seimbang yang dilakukan untuk membedakan perorangan, atau kelompok, berdasarkan sesuatu, biasanya bersifat kategorikal, atau atribut-atribut khas, seperti berdasarkan ras, kesukubangsaan, agama, atau keanggotaan kelas-kelas sosial.

2. Theodorson & Theodorson

Menurut Theodorson & Theodorson (1979), pengertian diskriminasi adalah perlakuan yang tidak seimbang terhadap perorangan atau kelompok berdasarkan sesuatu, biasanya bersifat kategorikal atau atribut khas seperti ras, suku, agama atau keanggotaan kelas-kelas sosial.

3. Sears, Freedman, dan Peplau

Menurut Sears, Freedman, dan Peplau (1999), pengertian diskriminasi adalah suatu perilaku yang menunjukkan penolakan terhadap individu atau kelompok semata-mata karena keanggotaan seseorang di dalam kelompok.

4. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)

Menurut PBB, diskriminasi adalah perilaku dan tindakan yang dilakukan berdasarkan perbedaan dalam kategorisasi yang dibuat oleh alam atau masyarakat, yang tidak ada hubungannya dengan kemampuan individu atau jasanya.

5. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut KBBI, pengertian diskriminasi adalah perbedaan perlakuan terhadap sesama warna negara yang dilakukan berdasarkan warna kulit, golongan, suku, ekonomi, agama, dan sebagainya.

Baca juga: Kesenjangan Sosial

Jenis dan Tipe Diskriminasi

Jenis dan Tipe Diskriminasi
Diskriminasi sering terjadi pada penyandang difabel

Seorang ahli sosiologi bernama Pettigrew (dalam Liliweri 2005) menyebutkan ada dua tipe diskriminasi yang dapat terjadi di masyarakat. Adapun jenis dan tipe diskriminasi adalah sebagai berikut:

1. Diskriminasi Langsung

Ini adalah suatu bentuk diskriminasi dimana hukum, peraturan, atau kebijakan dibuat dengan menyebutkan secara jelas karakteristik tertentu. Misalnya agama, ras, jenis kelamin, kondisi fisik, sehingga sebagian orang tidak mendapatkan peluang yang sama.

2. Diskriminasi Tidak Langsung

Tipe diskriminasi ini terjadi ketika suatu peraturan yang sifatnya netral namun dalam pelaksanaannya di lapangan terjadi diskriminasi terhadap masyarakat yang memiliki karakteritik tertentu.

Baca juga: Pengertian Konflik

Penyebab Diskriminasi

Penyebab Diskriminasi
Persaingan sering menimbulkan sikap diskriminasi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, diskriminasi terjadi karena adanya kecenderungan di dalam diri manusia untuk membeda-bedakan atau mengelompokkan diri. Menurut Yahya (2006), setidaknya ada 6 penyebab diskriminasi, diantaranya:

1. Mekanisme Pertahanan Psikologi

Di dalam diri manusia terdapat suatu mekanisme pertahanan psikologi (projection) dimana seseorang memindahkan suatu karakteristik yang tidak disukai dalam dirinya kepada orang lain.

2. Perasaan Kecewa

Diskriminasi juga bisa terjadi karena adanya kekecewaan di dalam dirinya. Kekecewaan tersebut kemudian dilampiaskan kepada pihak yang dianggap sebagai ‘kambing hitam’ rasa kecewanya.

3. Adanya Sejarah

Diskriminasi terhadap negara atau ras tertentu dapat terjadi karena adanya sejarah masa lalu yang tidak menyenangkan terkait dengan negara atau ras tersebut.

4. Perasaan Tidak Selamat dan Rendah Diri

Ada banyak orang yang merasa terancam (insecure) dan rendah diri lalu kemudian berusaha untuk menenangkan dirinya dengan cara merendahkan orang lain. Hal tersebut kemudian menimbulkan perlakukan diskriminasi.

5. Persaingan dan Eksploitasi

Masyarakat modern pada umumnya lebih materialistik dan selalu bersaing satu sama lainnya. Persaingan tersebut kemudian dapat menimbulkan diskriminasi terhadap individu atau kelompok tertentu agar dapat melakukan eksploitasi, mendapatkan kekayaan, kemewahan, dan kekuasaan.

6. Corak Sosialisasi

Sikap diskriminasi ternyata dapat dipelajari dan diwariskan oleh suatu generasi ke generasi berikutnya malalui proses sosialisasi. Hal tersebut kemudian membentuk pandangan stereotip di dalam masyarakat terkait perilaku, cara kehidupan, dan lain-lain.

Baca juga: Pengertian Masyarakat

Contoh Bentuk Diskriminasi

Contoh Bentuk Diskriminasi
Diskriminasi gender sering terjadi di dunia kerja

Mungkin masih banyak masyarakat yang tidak menyadari bahwa tindakannya selama ini merupakan bentuk diskriminasi terhadap orang lain. Adapun beberapa contoh bentuk diskriminasi adalah sebagai berikut:

  1. Contoh diskriminasi gender; menetapkan gaji yang lebih rendah kepada tenaga kerja wanita dibanding pria meskipun tugas dan tanggungjawabnya sama.
  2. Contoh diskriminasi ras; menutup peluang kerja suatu jenis pekerjaan bagi ras tertentu sehingga tidak ada kesetaraan pada jenis pekerjaan tersebut.
  3. Contoh diskriminasi agama; mempersulit atau menghambat proses kegiatan keagamaan lain di suatu daerah dengan alasan mayoritas penduduk di daerah tersebut adalah agama yang berbeda.
  4. Contoh diskriminasi sosial; pelayanan berbeda atas fasilitas umum (misalnya fasilitas kesehatan) terhadap masyarakat yang kaya dan masyarakat yang kurang mampu.

Baca juga: Pengertian Pengendalian Sosial

Demikianlah penjelasan ringkas mengenai pengertian diskriminasi, penyebab, jenis dan tipe, serta beberapa contoh diskriminasi yang sering terjadi di masyarakat. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.