Beranda Sosial Pengertian Argumentasi: Arti, Ciri-Ciri, dan Tujuan Argumentasi

Pengertian Argumentasi: Arti, Ciri-Ciri, dan Tujuan Argumentasi

Pengertian Argumentasi Adalah

Pengertian Argumentasi Adalah

Apa yang dimaksud dengan argumentasi (argumentation)? Secara umum, pengertian argumentasi adalah suatu tindakan atau proses penalaran secara sistematis untuk mendukung ide, tindakan, atau teori, dengan tujuan untuk meyakinkan atau mempengaruhi orang lain.

Pendapat lain mengatakan arti argumentasi adalah alasan untuk memperkuat atau menolak suatu pendapat, pendirian, atau gagasan, dengan tujuan untuk membujuk atau meyakinkan orang lain. Dalam penyampaian argumentasi umumnya disertai dengan penjelasan, bukti-bukti, alasan, serta ulasan objektif disertai contoh, analogi, dan sebab-akibat.

Istilah “argumentasi” diadaptasi dari Bahasa Inggris, yaitu “argumentation” yang artinya uraian, pembuktian, atau dalil. Sehingga pengertian argumentasi dapat juga didefinisikan sebagai suatu usaha untuk meyakinkan orang lain dengan menyampaikan pendapat, pernyataan, sikap, yang didukung fakta-fakta yang benar.

Baca juga: Pengertian Opini

Pengertian Argumentasi Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami apa itu argumentasi, maka kita dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli berikut ini:

1. Gorys Keraf

Menurut Gorys Keraf (1997:99), arti argumentasi adalah suatu retorika yang berupaya untuk mempengaruhi sikap dan pendapat orang lain, sehingga mereka percaya dan bertindak sesuai dengan apa yang diinginkan penulis atau pembicara. Melalui argumentasi seseorang berusaha merangkai fakta-fakta sedemikian rupa, sehingga ia mampu menunjukkan apakah suatu pendapat atau suatu hal tertentu itu benar atau tidak.

2. Aceng Hasani

Menurut Aceng Hasani (2005:43), pengertian argumentasi adalah suatu karangan yang mencoba untuk mempengaruhi orang lain dengan menghadirkan bukti-bukti yang memperkuat argumen dimana penyajiannya dilakukan secara logis dan faktual dengan tujuan pembaca atau pendengar tertarik dengan yang dikemukakan oleh penulis.

3. Adeng Chaedar Alwasilah

Menurut Adeng Chaedar Alwasilah (2005:116), pengertian argumentasi adalah suatu esai yang bertujuan untuk membuktikan kebenaran atau ketidakbenaran pernyataan.

4. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut KBBI, pengertian argumentasi adalah alasan yang dipakai untuk mendukung atau menolak suatu gagasan dan pendapat orang lain dengan disertai alasan yang rasional dan objektif.

Baca juga: Pengertian Komunikasi

Ciri-Ciri Argumentasi

Suata argumentasi dapat dikenali melalui karakteristiknya. Secara umum, adapun ciri-ciri argumentasi adalah sebagai berikut:

  • Suatu argumentasi selalu mengandung gagasan, pandangan, pernyataan, atau pendapat seseorang tentang suatu permasalahan, yang disampaikan secara lisan maupun tulisan.
  • Penyampaian argumentasi selalu menyertakan alasan dengan tujuan untuk meyakinkan orang lain tentang pendapat yang disampaikan.
  • Argumentasi yang baik selalu disertai dengan data-data yang valid, faktual, objektif dan mengandung kebenaran, untuk memperkuat pendapat yang disampaikan.
  • Argumentasi dapat merumuskan suatu permasalahan secara kritis, logis, analisis, dan analog.

Baca juga: Arti Intervensi

Tujuan Argumentasi

Penyampaian suatu argumentasi dilakuka karena ada tujuan tertentu yang ingin dicapai. Berikut ini adalah beberapa tujuan argumentasi pada umumnya:

1. Mengemukakan Pendapat

Tujuan argumentasi yang paling umum adalah untuk mengemukakan pendapatnya kepada orang lain. Dalam mengemukakan pendapat, seseorang dapat mendukung atau menentang  pendapat orang lain.

2. Mempengaruhi Orang Lain

Pada umumnya orang menyampaikan argumentasi dengan tujuan untuk mempengaruhi orang lain sehingga gagasan dan pendapatnya diterima atau dilakukan. Namun ada juga penyampaian pendapat dilakukan semata-mata untuk menyampaikan suatu pandangan, bukan untuk mempengaruhi.

3. Mengupayakan Pemecahan Masalah

Argumentasi juga bertujuan untuk mencari solusi atau pemecahan suatu permasalahan. Dalam hal ini, biasanya ada suatu permasalahan yang dikemukakan dan kemudian dibutuhkan pendapat dan saran dari berbagai pihak.

4. Mendiskusikan Suatu Permasalahan

Hampir sama dengan poin sebelumnya, argumentasi juga dapat bertujuan untuk mendiskusikan suatu permasalahan tanpa harus mencapai titik tertentu. Artinya, ada suatu permasalahan yang dibahas namun tidak harus mencapai titik yang pas karena perbedaan pendapat yang sama-sama kuat.

Baca juga: Arti Ekspektasi

Itulah penjelasan ringkas mengenai pengertian argumentasi, ciri-ciri, serta tujuan argumentasi secara umum. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.