Beranda Manajemen Manajemen Waktu: Pengertian, Manfaat, Serta Fungsi dan Tujuannya

Manajemen Waktu: Pengertian, Manfaat, Serta Fungsi dan Tujuannya

Pengertian Manajemen Waktu
Ilustrasi Manajemen Waktu

Pengertian Manajemen Waktu

Apa yang dimaksud dengan manajemen waktu (time management)? Pengertian manajemen waktu umum adalah suatu perencanaan, mengorganisir, menggerakkan, dan pengawasan, terhadap produktivitas waktu. Waktu merupakan salah satu sumber daya yang harus dikelola dengan baik agar individu atau organisasi bisa mencapai tujuan secara efektif dan efisien.

Pengertian manajemen waktu dapat juga diartikan sebagai suatu metode atau cara untuk memanfaatkan dan mengatur setiap bagian waktu dalam mengerjakan aktivitas yang sudah direncanakan dan harus diselesaikan dalam jangka waktu yang sudah ditetapkan.

Tujuan utama dari manajemen waktu adalah untuk melakukan pekerjaan secara efektif dan efisien. Efektifitas dalam sebuah pekerjaan bisa dilihat dari tercapainya tujuan atau target yang sudah ditetapkan dalam manajemen (baca: Pengertian Manajemen) waktu sebelumnya.

Manajemen Waktu Menurut Para Ahli

Pengertian manajemen waktu telah dijelaskan oleh beberapa ahli sebagai suatu perencanaan, pengorganisasian, penggerak dan pengendalian produktivitas waktu yang berkaitan dengan pekerjaan.

1. Hynes

Menurut Haynes, pengertian manajemen waktu adalah suatu proses pribadi dengan memanfaatkan analisis dan perencanaan dalam menggunakan waktu untuk meningkatkan manfaat dan efisiensi.

2. Davidson

Menurut Davidson, pengertian manajemen waktu adalah cara memanfaatkan waktu dengan baik dimana seseorang mampu menyelesaikan sesuatu dengan lebih cepat dan bekerja lebih cerdas.

3. Leman

Menurut Leman, pengertian manajemen waktu adalah penggunaan dan pemanfaatan waktu sebaik-baiknya, seoptimal mungkin dengan melakukan perencanaan aktivitas secara terorganisir dan matang.

Dengan time management yang baik seseorang bisa merencanakan dan menggunakan waktu dengan efektif dan efisien, baik itu jangka pendek maupun jangka panjang.

4. Frederick Winslow Taylor

Menurut Frederick Winslow Taylor, pengertian manajemen waktu adalah proses pencapaian sasaran utama kehidupan sebagai hasil dari menyisihkan kegiatan-kegiatan yang tidak berarti yang sering memakan banyak waktu.

5. Akram

Menurut Akram,  time management adalah pemanfaatan waktu yang dimiliki untuk melakukan hal-hal yang dianggap penting yang telah tercatat dalam tabel kerja.

6. Widyastuti

Menurut Widyastuti, pengertian manajemen waktu adalah kemampuan untuk memprioritaskan, menjadwalkan dan melaksanakan tanggung jawab individu demi kepuasan individu tersebut.

7. Atkinson

Menurut Atkinson, manajemen waktu adalah jenis keterampilan yang berhubungan dengan segala bentuk upaya dan tindakan individu yang dilakukan secara terencana agar individu tersebut dapat memanfaatkan waktunya dengan sebaik mungkin.

8. Forsyth

Menurut Forysth, definisi manajemen waktu adalah cara membuat waktu menjadi terkendali sehingga menjamin terciptanya sebuah efektifitas dan efisiensi dan juga produktivitas.

9. Orr

Menurut Orr, pengertian manajemen waktu adalah kemampuan dalam menggunakan waktu secara efektif dan efisien untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

Baca juga: Pengertian Efektivitas

Manfaat Manajemen Waktu

Bagi pemula yang sedang membangun bisnis, manajemen waktu tidak bisa diabaikan dan justru harus menjadi prioritas utama dalam hal mencapai target.

Berikut ini adalah beberapa manfaat manajemen waktu di dalam organisasi:

  • Membantu individu atau organisasi dalam menentukan prioritas. Misalnya menentukan tingkat urgensi melakukan sebuah aktivitas
  • Membantu mengurangi kecenderungan untuk menunda-nunda pekerjaan yang harus diselesaikan
  • Dapat membantu untuk mencegah terjadinya bentrok waktu dalam mengerjakan dua atau lebih pekerjaan dalam waktu yang bersamaan
  • Membantu proses evaluasi terhadap hasil pekerjaan individu atau organisasi

Sedangkan untuk kehidupan pribadi, manajemen waktu yang baik dapat dilihat dari alokasi waktu untuk pekerjaan dan juga untuk kehidupan pribadi di luar pekerjaan. Berikut ini manfaat time management bagi kehidupan pribadi:

  • Kemampuan individu dalam mencapai produktivitas dan efisiensi yang lebih besar
  • Memiliki reputasi professional yang lebih baik
  • Terhindar dari tekanan atau stress akan berkurang
  • Membantu meningkatkan peluang dalam mencapai kesuksesan
  • Memiliki keseimbangan dalam kehidupan pribadi dan
    kesempatan karir yang lebih baik

Baca juga: Sistem Informasi Manajemen

Tips Manajemen Waktu dalam Berbisnis

Manajemen waktu yang baik merupakan salah satu faktor penting yang dapat menentukan kesuksesan sebuah bisnis. Manajemen waktu berkaitan dengan bagaimana seseorang bisa mengatur atau menjadwalkan setiap kegiatannya sehingga semua pekerjaan bisa diselesaikan dengan baik dan tepat waktu.

Hal seperti ini seringkali disepelekan oleh para pebisnis pemula, padahal dengan menerapkan sistem manajemen waktu yang baik dalam berbisnis bisa meningkatkan peluang keberhasilan bisnis yang Anda kembangkan.

Nah, berikut ini beberapa tips manajemen waktu untuk sukses dalam berbisnis:

1. Membuat Skala Prioritas

Memutuskan untuk menggeluti bisnis tentu saja Anda harus bersiap dengan pekerjaan yang menyita waktu. Bahkan seringkali pebisnis merasa waktu 24 jam sehari tidak cukup untuk menyelesaikan pekerjaan tertentu.

Oleh karena itu, dengan banyaknya kegiatan dan pekerjaan yang harus Anda selesaikan, maka Anda harus membuat skala prioritas. Buatlah daftar pekerjaan apa saja yang harus Anda selesaikan, seberapa penting pekerjaan itu dan kapan harus diselesaikan.

Anda bisa membat semacam daftar yang berisi list tugas-tugas yang harus diselesaikan mulai dari yang terpenting hingga tugas yang dirasa memiliki waktu tenggang lebih banyak.

2. Disiplin Waktu

Seperti yang dijelaskan pada pengertian manajamen waktu bahwa tujuannya adalah menyelesaikan target sesuai dengan jangka waktu yang sudah ditetapkan. Sehingga Anda perlu membiasakan berkeja dengan disiplin waktu dengan kata lain tidak menunda-nunda pekerjaan.

Sikap tidak disiplin inilah yang membuat pekerjaan semakin lama semakin menumpuk dan tidak segera terselesaikan.

3. Fokus Dengan Apa yang Dikerjakan

Jika Anda sudah membuat daftar tugas-tugas yang harus Anda selesaikan, maka usahakan untuk selalu fokus terhadap pekerjaan Anda.

Berusahalah untuk mengerjakan apa yang sudah Anda agendakan dan jangan mudah tergoda dengan hal-hal yang tidak berkaitan dengan pekerjaan Anda. Misalnya saja seperti main game atau sering mengantuk saat bekerja, hal-hal seperti ini bisa menunda kesuksesan Anda.

4. Mengatur Waktu untuk Bisnis Jangka Panjang

Pengusaha yang sukses adalah golongan orang-orang yang selalu sibuk dengan pekerjaan dan bagi mereka pekerjaan adalah prioritas utama. Jika dirasa ada sedikit waktu senggang Anda karena semua pekerjaan sudah selesai, jangan terlena atau membuang-buang waktu.

Buatlah setiap waktu Anda adalah berharga untuk bisnis Anda. Anda bisa menggunakan waktu senggang untuk merencanakan bisnis jangka panjang atau mengatur target apa yang harus dicapai dalam jangka waktu tertentu.

Pada intinya seperti yang dijelaskan dalam pengertian manajamen waktu, tujuannya adalah untuk menyelesaikan dan mencapai target bisnis sesuai dengan deadline yang sudah ditetapkan.

Baca juga: Manajemen Organisasi

Bagi pebisnis profesional, “waktu adalah uang dan uang adalah waktu”. Semoga artikel di atas bermanfaat bagi Anda yang sedang membangun bisnis.