Beranda Ekbis Ekonomi Manajerial: Pengertian, Ruang Lingkup, Fungsi, dan Tujuannya

Ekonomi Manajerial: Pengertian, Ruang Lingkup, Fungsi, dan Tujuannya

Tujuan Ekonomi Manajerial

Ekonomi manajerial (managerial economics) merupakan penggabungan teori ekonomi dengan praktik bisnis sehingga memudahkan dalam pengambilan keputusan dan perencanaan masa depan oleh manajemen suatu perusahaan.

Pada artikel ini akan dibahas secara tuntas topik seputar managerial economics. Beberapa hal yang dijelaskan dalam tulisan ini di antaranya:

  • Definisi ekonomi manajerial, baik secara umum maupun pengertiannya menurut beberapa ahli.
  • Ruang lingkup managerial economics.
  • Peranan dan tujuan managerial economics.
  • Contoh penerapan ekonomi manajerial.

Simak pembahasan lebih jauh tentang managerial economics dan ruang lingkupnya, dan pastikan kamu membaca artikelnya sampai akhir ya.

Definisi Ekonomi Manajerial

Secara singkat, definisi ekonomi manajerial adalah penerapan teori ekonomi dan bisnis, serta seperangkat analisis ilmu pengambilan keputusan.

Managerial economics berhubungan dengan area fungsional ilmu administrasi bisnis yang meliputi akuntansi, keuangan, pemasaran, manajemen sumber daya manusia, dan produksi.

Dalam penerapannya, ekonomi manajerial menggunakan teori ekonomi dan ekonometrika untuk pengambilan keputusan manajerial yang rasional dalam suatu perusahaan.

Ilmu ini sering dikaitkan dengan teori ekonomi yang merupakan “Teori Perusahaan”, yang menyatakan bahwa tujuan utama perusahaan adalah memaksimalkan kekayaan. Secara umum, proses pengambilan keputusan dalam ekonomi manajerial akan melibatkan beberapa hal, diantaranya:

  • Penetapan tujuan perusahaan.
  • Identifikasi masalah yang terlibat dalam pencapaian tujuan tersebut.
  • Pengembangan berbagai solusi alternatif.
  • Pemilihan alternatif terbaik.
  • Implementasi keputusan.

Dari penjelasan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa ekonomi manajerial adalah penerapan teori ekonomi dan perangkat analisis ilmu keputusan yang digunakan oleh suatu organisasi untuk mencapai tujuannya dengan cara yang paling efektif dan efisien.

Gambar berikut menjelaskan bagaimana managerial economics berkorelasi dengan pengambilan keputusan manajerial.

Eonomi Manajerial

Pengertian Ekonomi Manajerial Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa penjelasan para ahli mengenai definisi managerial economics.

1. Mark Hirschey

Menurut Hirschey (2003), ekonomi manajerial adalah aplikasi teori ekonomi sebagai metode untuk pengambilan keputusan menajerial dan administratif.

2. Dominic Salavatore (1996)

Menurut Dominic Salavatore (1996), managerial economics adalah pengetahuan atau wawasan yang menunjukan adanya teori ekonomi dan analisis terhadap pengambilan keputusan berdasarkan teori ekonomi tersebut untuk menelaah bagaimana bisnis dapat mencapai tujuan dengan efisien.

3. Paul G. Keat

Menurut Paul G. Keat (2000), managerial economics adalah ilmu dan seni tentang bagaimana mengorganisir dan mengalokasikan sumber daya perusahaan yang terbatas untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.

4. Evan J. Douglas

Menurut Evan J. Douglas (1995), ekonomi manajerial adalah bagian ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan penerapan prinsip-prinsip metodologi ekonomi dalam proses pengambilan keputusan sebuah perusahaan/ organisasi.

5. Campbell R. McConnell

Menurut Campbell R. McConnell (1993), managerial economics adalah alat analisis yang sangat penting bagi manajer dalam mengambil keputusan bisnis. Sesuai dengan namanya, ekonomi manajerial merupakan gabungan dari ilmu ekonomi dan ilmu manajemen.

Baca juga: Arti Produktivitas

Ruang Lingkup Ekonomi Manajerial

Ruang Lingkup Ekonomi Manajerial

Mengacu pada pengertian managerial economics yang telah dijelaskan di atas, maka dalam penerapannya terdapat ruang lingkup ekonomi manajerial sebagai berikut:

1. Teori Ekonomi

Adanya teori ekonomi dapat menjadi pedoman dalam proses pengambilan keputusan. Teori ekonomi sendiri terdiri dari teori ekonomi makro dan ekonomi mikro.

Ekonomi mikro termasuk serangkaian teori tentang pengambilan keputusan berdasarkan tingkah laku ekonomis seperti pemilik sumber daya, sistem perdagangan bebas dan konsumen individu.

Sedangkan teori ekonomi makro membahas mengenai sistem pengambilan keputusan berdasarkan output, pendapatan, investasi, konsumsi, lapangan pekerjaan, dan agregat ekonomi.

2. Pengambilan Keputusan

Prisip managerial economics berdasarkan pada alokasi terhadap sumber-sumber daya yang langka, seperti prinsip “Man, Money, Material, Method”.

Peranan ekonomi manajerial dalam pengambilan keputusan manajerial harus menerapakan teori dan metode ekonomi. Lalu keduanya dikolaborasikan dengan alat-alat dan teknik analisis ekonomi untuk pemecahan masalah manajerial secara optimal.

3. Ilmu Keputusan

Matematika dan ekonometri atau statistik dapat dijadikan sebagai model keputusan yang bertujuan untuk menentukan langkah optimal perusahaan atau bisnis untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien.

4. Ilmu Administrasi Bisnis

Ilmu administrasi dalam bisnis bisa menjadi latar belakang teori dalam pengambilan keputusan termasuk diantaranya; keuangan, akuntansi, manajemen sumber daya manusia, manajemen pemasaran, serta manajemen produksi.

Fungsi dan Tujuan Ekonomi Manajerial

Pengertian Ekonomi Manajerial

Berikut ini adalah beberapa peran dan tujuan managerial economics yang diterapkan dalam sebuah bisnis:

1. Sebagai Alat Evaluasi

Managerial economics dapat dijadikan sebagai alat evaluasi jika terjadi pergantian manajer baru. Dengan begitu, maka manajer baru dapat mempelajari apa saja yang masih kurang dan apa yang bisa dilanjutkan dari strategi ekonomi manajerial yang sebelumnya dilakukan oleh manajer lama.

Tentu saja era baru akan membawa market baru yang lebih kompetitif dalam dunia bisnis, sehingga perlu dilakukan evaluasi terhadap kebijakan lama.

2. Membantu Manajer Menyelesaikan Masalah

Managerial economics sangat membantu sebagai alat untuk melakukan analisis dalam pengambilan keputusan yang dilakukan oleh manajer.

Seperti yang kita ketahui, kemajuan ekonomi akan menimbulkan terjadinya perubahan dalam kondisi pasar. Dengan begitu maka perlu dilakukan pembaruan kebijakan sebagai upaya mengembangkan perusahaan atau bisnis yang lebih efektif.

3. Mengatur Keuangan

Ilmu ini juga dapat digunakan untuk mengatur sistem keuangan yang baik. Managerial economics penting untuk mengidentifikasi mana biaya-biaya yang penting dan mana biaya yang tidak perlu sehingga perusahaan dapat terhindar dari defisit.

4. Mengetahui Lingkungan Industri, Perusahaan, dan Perekonomian

Ekonomi manajerial juga berperan dalam aktivitas analisis lingkungan industri, perusahaan, maupun perekonomian. Analisis lingkungan ini penting untuk dilakukan agar mengetahui keadaan konsumen, pemasok, dan juga kompetitor.

Selain itu, perusahaan juga perlu melakukan analisis lingkungan dimana produk mereka akan dikeluarkan. Analisis lingkungan ini sangat diperlukan dalam tahap pengambilan keputusan, dan dari sinilah nantinya perusahaan menghasilkan keputusan bagaimana cara mendapatkan keuntungan yang diinginkan.

5. Mendapatkan Keuntungan Perusahaan

Seperti yang telah disebutkan dalam “Teori Perusahaan”, bahwa tujuan utama perusahaan adalah untuk memaksimalkan kekayaan. Sehingga dengan adanya strategi managerial economics diharapkan dapat menganalisis hal-hal yang dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan, baik saat ini maupun di masa depan.

Contoh Pelaksanaan

Salah satu contoh pelaksanaannya bisa kita lihat pada kegiatan di Rumah Sakit yang melakukan aktivitas merawat pasien. Sebuah Rumah Sakit tentunya harus memiliki informasi akurat tentang jumlah pasien yang bisa ditangani setiap hari.

Selain itu, Rumah Sakit juga harus memiliki standar prosedur bagaimana dokter, perawat, dan para pekerja di Rumah Sakit tersebut dapat bekerja secara berkesinambungan dan bergantian dalam kurun waktu tertentu.

Tentunya untuk mendapatkan kinerja yang optimal harus diawali dengan keputusan yang tepat mengenai standar prosedur kerja. Dengan begitu, potensi terjadinya kesalahan dan kekurangan dapat diminimalisir.

Baca juga: Manajemen Administrasi

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat kita pahami bahwa managerial economics penting sebagai strategi yang paling efisien dan efektif untuk menjalankan bisnis.

Ilmu ini akan sangat membantu para manajer perusahaan dalam menemukan solusi rasional dari hambatan yang dihadapi dalam kegiatan perusahaan.

Itulah penjelasan lengkap terkait ekonomi manajerial, mulai dari pengertiannya, ruang lingkup dan peranannya dalam strategi bisnis. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu!