Beranda Umum Pengertian Literatur: Arti, Jenis, Ciri-Ciri, dan Fungsi Literatur

Pengertian Literatur: Arti, Jenis, Ciri-Ciri, dan Fungsi Literatur

Pengertian Literatur Adalah

Pengertian Literatur Adalah

Apa yang dimaksud dengan literatur (literature)? Secara umum, pengertian literatur adalah semua karya tertulis yang dapat dijadikan rujukan atau acuan dalam berbagai kegiatan di bidang pendidikan dan bidang lainnnya karena dianggap memiliki keunggulan atau manfaat yang abadi.

Pendapat lain mengatakan arti literatur adalah semua sumber informasi yang dapat dijadikan referensi oleh penggunanya. Dengan kata lain, literatur tidak harus berupa tulisan, namun bisa juga dalam bentuk film, rekaman, piringan hitam, laserdisc, dan benda lainnya yang dapat memberikan informasi bermanfaat.

Menurut ALA Glossary of Library and Information Science, pengertian literatur adalah suatu bahan bacaan yang dapat digunakan untuk berbagai jenis aktivitas, baik secara intelektual maupun rekreasi. Dari penjelasan definisinya, berikut ini adalah beberapa fungsi literatur:

  • Untuk membantu penggunanya dalam mencari informasi yang dibutuhkan.
  • Untuk memperkuat informasi yang dihasilkan dari suatu analisis atau hipotesa.
  • Untuk melengkapi suatu informasi atau informasi tambahan.

Baca juga: Pengertian Literasi

Jenis-Jenis Literatur

Secara umum, literatur dapat dibedakan menjadi tiga jenis. Mengacu pada pengertian literatur, adapun beberapa jenis literatur adalah sebagai berikut:

A. Jenis Literatur Berdasarkan  Tingkat Ketajaman Analisisnya

1. Literatur Primer

Literatur primer adalah jenis literatur yang dibuat dari hasil penelitian dimana isinya belum pernah diterbitkan oleh orang lain sebelumnya. Jenis literatur ini umumnya berisi tentang gagasan ataupun teori baru di berbagai disiplin ilmu.

Beberapa contoh literatur primer; tesis, disertasi, makalah, jurnal, paten, laporan penelitian, interview, dan lain-lain.

Ciri-ciri literatur primer:

  • Isinya masih orisinil dan bersumber dari tangan pertama tanpa ada perubahan atau modifikasi.
  • Jenis literatur ini merupakan bentuk pendaftaran dan penerapan sebuah penemuan atau gagasan baru. Dapat juga dalam bentuk penjelasan sebuah alat baru.
  • Literatur dapat  berupa karya tulis ilmiah yang diajukan untuk memperoleh gelar doktor di universitas. Misalnya disertasi atau tesis.

2. Literatur Sekunder

Pengertian literatur sekunder adalah jenis literatur yang isinya dibuat dengan menggunakan rujukan dari literatur primer. Biasanya dalam literatur jenis ini terdapat teori-teori atau gagasan yang telah ada sebelumnya dan cenderung tidak menjelaskan mengenai temuan baru.

Beberapa yang termasuk literatur sekunder; indeksi, abstrak, ensiklopedi, majalah, surat kabar, buku pedoman, dan lain-lain.

Ciri-ciri literatur sekunder:

  • Jenis literatur ini tidak berasal dari tangan pertama.
  • Informasi di dalam literatur ini berasal dari sumber primer yang telah dimodifikasi atau ditafsirkan.
  • Literatur ini berisi informasi yang berhubungan dengan dokumen primer, namun disajikan dalam bentuk yang lebih mudah digunakan pembaca.
  • Jenis literatur ini diterbitkan dengan lebih informatif karena didukung informasi dari dokumen lain.

3. Literatur Tersier

Jenis literatur ini berisi tentang informasi yang berupa petunjuk untuk bisa mendapatkan literatur sekunder. Beberapa jenis literatur tersier diantaranya; almanak, pedoman literatur, direktori, abstrak, daftar indeks, dan lain-lain.

B. Jenis Literatur Berdasarkan Penempatan Koleksi

1. Koleksi Umum

Jenis literatur ini terdiri dari berbagai jenis buku untuk tingkat pembaca dewasa. Biasanya jenis literasi ini berada di rak terbuka dan bebas untuk digunakan siapapun sebagai bahan bacaan.

Beberapa buku yang termasuk koleksi umum; novel, komik, serial, buku budidaya tanaman, dan lain-lain.

2. Koleksi Referensi

Jenis literatur ini biasanya berisi kumpulan informasi yang dapat menjawab pertanyaan secara langsung. Misalnya kamus, ensiklopedi, buku pedoman, direktori, dan lain-lain.

Selain itu, koleksi referensi juga dapat berupa kumpulan informasi yang merujuk pada sumber informasi lainnya. Misalnya bibliografi, katalog, dan lain-lain.

C. Jenis Literatur Berdasarkan Sifatnya

  1. Dokumen Tekstual, yaitu jenis literatur yang di dalamnya terdapat informasi berbentuk teks yang dapat dibaca oleh penggunanya.
  2. Dokumen Non-Tekstual, yaitu jenis literatur yang di dalamnya terdapat informasi dalam bentuk gambar, suara, foto, dan lainnya.
  3. Dokumen Campuran, yaitu jenis literatur yang di dalamnya terdapat informasi dalam bentuk gabungan dari dokumen tekstual dan non-tekstual.

Baca juga: Metode Pembelajaran

Demikianlah penjelasan ringkas mengenai pengertian literatur, ciri-cirinya, fungsi, serta jenis-jenis literatur. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.