Beranda Teknologi Pengertian TIK: Definisi, Fungsi, Manfaat, dan Sejarah TIK

Pengertian TIK: Definisi, Fungsi, Manfaat, dan Sejarah TIK

Pengertian TIK Adalah

Pengertian TIK Adalah

Apa yang dimaksud dengan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi)? Secara terminologi, pengertian TIK adalah suatu proses dalam menyampaikan informasi melalui pengolahan data yang melibatkan pengiriman dan penerimaan informasi dengan menggunakan simbol tertentu.

Pendapat lain menyebutkan definisi TIK adalah hasil rekayasa manusia dalam melakukan proses penyampaian informasi dan pesan (ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lainnya dengan cara yang lebih cepat, lebih luas sebarannya, dan lebih lama penyimpanannya. Dengan kata lain, TIK merupakan semua teknologi yang berkaitan dengan peralatan teknis untuk memproses dan menyalurkan suatu informasi.

Dalam hal ini, TIK melibatkan teknologi, rekayasa, dan teknik tertentu dalam mengendalikan, memproses, dan menggunakan informasi, serta hubungan antara manusia dengan perangkat komputer dalam berbagai kegiatan; baik itu sosial, ekonomi, budaya, dan lain sebagainya.

Dari penjelasan definisinya, terdapat 2 (dua) aspek yang terdapat dalam TIK, yaitu;

  1. Teknologi Informasi, yaitu semua hal yang berhubungan dengan proses, rekayasa, penggunaan alat bantu untuk memproses data, dan pengelolaan informasi.
  2. Teknologi Komunikasi, yaitu semua hal yang berhubungan dengan penggunaan alat bantu untuk melakukan proses transfer data dari suatu perangkat ke perangkat lainnya.

Baca juga:

Pengertian TIK Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami apa itu TIK, maka kita dapat merujuk pada pendapat para ahli berikut ini:

1. Eric Deeson

Menurut Eric Deeson, pengertian TIK adalah kebutuhan manusia dalam melakukan proses mengambil dan memindahkan, mengolah dan memproses suatu informasi dalam konteks sosial yang menguntungkan diri sendiri dan masyarakat secara keseluruhan.

“Information Technology (IT) the handling of information by electric and electronic (and microelectronic) means.”Here handling includes transfer, processing, storage and access, IT special concern being the use of hardware and software for these tasks for the benefit of individual people and society as a whole” – Eric Deeson

2. William E. Sawyer

Menurut William E. Sawyer, pengertian TIK adalah sebuah struktur dari teknologi, yang memadukan perangkat keras seperti komputer dengan jaringan komunikasi berkekuatan tinggi untuk membawa file, data, video maupun suara. Jaringan ini bisa disebut sebagai internet.

3. Anatta Sannai

Menurut Anatta Sannai, pengertian TIK adalah suatu alat yang digunakan oleh manusia untuk mendapatkan informasi atau pengetahuan dari orang lain.

4. Puskur Diknas Indonesia

Menurut Puskur Diknas Indonesia, TIK adalah suatu rangkaian struktur yang saling berkaitan antara satu sama lain dimana di dalamnya terdapat aktivitas proses, kelola, manipulasi, dan transfer data maupun informasi dari suatu media ke media lainnya.

Baca juga: Teknologi Informasi

Fungsi Teknologi Informasi dan Komunikasi

Secara umum fungsi Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah untuk membantu proses pengiriman dan penerimaan informasi. Adapun beberapa fungsi TIK dalam kehidupan manusia antara lain:

  1. Fungsi Capture, TIK memiliki peran sebagai alat untuk menangkap (capture) informasi dari berbagai sumber. Dengan begitu, pengguna dapat memilah informasi yang kredibel dan dapat dipercaya.
  2. Fungsi Processing, dalam hal ini TIK dapat berupa gabungan dari beberapa rangkaian aktivitas. Sebagai contoh, komputer menerima input data dari alat scanner, lalu data tersebut diproses sehingga menjadi sebuah informasi dalam bentuk teks atau gambar.
  3. Fungsi Generating, teknologi informasi dan komunikas dapat berperan sebagai alat untuk mengelola informasi menjadi lebih terarah sehingga lebih mudah dimengerti. Sebagai contoh; penjelasan suatu informasi dalam bentuk tabel atau grafik.
  4. Fungsi Storage, TIK juga dapat berfungsi sebagai alat untuk meyimpan atau mereka informasi dan data ke dalam media tertentu sehingga dapat digunakan sewaktu-waktu. Sebagai contoh, data dari komputer disimpan ke dalam flashdisk atau hardisk.
  5. Fungsi Retrifal, dengan adanya TIK maka manusia bisa menelusuri, menyalin, dan membuka kembali data atau informasi lama yang pernah disimpan di sebuah media penyimpanan. Misalnya, pengguna komputer membuka data yang terdapat pada flashdisk.
  6. Fungsi Transmission, TIK juga memiliki fungsi sebagai alat untuk mengirim data atau informasi digital dengan menggunakan perangkat komputer sebagai medianya. Sebagai contoh, mengirimkan sebuah data rekapan dari sebuah komputer ke komputer lainnya dalam satu jaringan.

Baca juga: Pengertian Data

Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi

Setelah membahas beberapa fungsi TIK secara umum, tentunya kita akan dapat mengetahui apa saja manfaatnya bagi manusia. Berikut ini adalah 5 (lima) manfaat utama TIK bagi manusia, yaitu;

  1. Sarana Komunikasi; Cara berkomunikasi antar manusia telah mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Bila dulu surat merupakan cara berkomunikasi yang banyak dilakukan, saat ini sarana berkomunikasi sudah menggunakan email, ponsel, dan media sosial.
  2. Mempermudah Proses Belajar; Bila dahulu media informasi dan pembelajaran hanya dari media cetak seperti buku, majalah, dan surat kabar, saat ini media tersebut telah banyak digantikan oleh internet yang dapat mengakses informasi dari artikel website, ebook, video, dan bentuk informasi lainnya dengan mudah.
  3. Media Bertukar Informasi; Dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi, manusia memiliki kemudahan dalam mengakses informasi, baik melalui perangkat mobile maupun komputer. Selain itu, pengguna internet pun dapat saling bertukar informasi satu sama lainnya sehingga masing-masing orang dapat menambah pengetahuannya.
  4. Menghemat Biaya; teknologi informasi dan komunikasi saat ini mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Berbagai informasi dapat diakses secara gratis, dan berkomunikasi dengan orang lain pun menjadi lebih murah dengan menggunakan internet dan perangkat mobile atau komputer.
  5. Meningkatkan Produktivitas; Manfaat TIK dalam peningkatan produktivitas sangat dirasakan oleh masyarakat secara umum. Sebagai contoh, para pekerja dapat mengirimkan hasil pekerjaannya kepada atasan atau kolega melalui email dimana prosesnya lebih cepat dan aman.

Baca juga: Pengertian Komputer

Sejarah Singkat Perkembangan TIK

Sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah melalui perjalanan yang sangat panjang. Ada beberapa peristiwa penting yang memiliki peran penting bagi perkembangan TIK hingga saat ini, beberapa diantaranya;

  1. Penemuan telepon oleh Alexander Graham Bell (1875).
  2. Transmisi suara tanpa kabel melalui siaran radio AM (1910-1920).
  3. Penemuan sistem televisi/ TV pertama di dunia oleh Philo Farnsworth (1928).
  4. Penemuan komputer elektronik (1943).
  5. Penemuan internet oleh Leonard Kleinrock (1969).
  6. Penemuan surat elektronik/ email oleh Raymond Samuel Tomlinson (1971).
  7. Penemuan telepon genggam atau ponsel oleh Martin Cooper (1973).

Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Indonesia sudah dimulai sejak masa penjajahan hingga awal kemerdekaan, dimana radio dan televisi sudah mulai digunakan pada saat itu. Dan saat ini, penggunaan TIK di Indonesia sudah sangat masif, bahkan telah menyentuh berbagai aspek kehidupan masyarakat secara umum.

Baca juga: Pengertian Email

Demikianlah penjelasan ringkas mengenai pengertian TIK, fungsi, manfaat, serta sejarah singkat Teknologi Informasi dan Komunikasi. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.