Contoh Surat Pengunduran Diri
Ilustrasi Pengunduran Diri

Surat Pengunduran Diri (Resign)

Ketika seseorang akan resign atau mengundurkan dari tempat kerja, umumnya mereka akan mencari contoh surat pengunduran diri atau surat resign yang sesuai dengan bidang kerjanya. Bukan tanpa alasan, penyampaian niat untuk mengundurkan diri harus dilakukan dengan cara yang baik, yaitu dengan menyampaikannya melalui surat resmi.

Alasan pengunduran diri masing-masing orang pasti berbeda, ada yang karena tawaran pekerjaan lebih baik di tempat lain atau mungkin karena rasa kecewa terhadap perusahaan. Apapun alasan pengunduran diri tersebut, tata cara untuk mengundurkan diri yang baik dan benar dari tempat kerja adalah dengan menyerahkan surat pengunduran diri secara resmi melalui surat.

Mengajukan surat pengunduran diri merupakan langkah yang tepat untuk dilakukan ketika seseorang ingin berhenti dari tempat kerjanya. Ini menunjukkan bahwa orang tersebut memiliki etika yang baik dan menghargai tempat ia bekerja selama ini.

Tujuan dan Manfaat Surat Pengunduran Diri

Surat resign atau surat pengunduran diri merupakan penyampaian niat untuk berhenti kerja kepada atasan atau perusahaan secara resmi. Di surat tersebut Anda harus menyampaikan dengan sopan niat berhenti kerja beserta alasannya secara logis.

Selain itu, ada baiknya juga menyampaikan ucapan terimakasih atas kesempatan bekerja di perusahaan tersebut. Walaupun mungkin alasan Anda untuk resign adalah karena kurang puas atau kecewa terhadap perusahaan.

Tujuan dan manfaat membuat surat pengunduran diri tersebut antara lain:

1. Menunjukkan Anda Pribadi yang Profesional

Tidak perduli apa alasan Anda mengajukan resign, namun dengan menyampaikan niat berhenti kerja melalui surat resmi menunjukkan bahwa Anda adalah pribadi yang terhormat dan profesional.

Setiap perusahaan akan menghargai karyawannya yang resign secara terhormat. Tentunya hal ini juga akan menjaga nama baik Anda sebagai pegawai yang punya tata krama.

2. Memberikan Kesempatan Bagi Perusahaan untuk Mencari Pengganti

Pengajuan surat resign kerja atau surat pengunduran diri umumnya diserahkan sebelum seseorang berhenti bekerja. Untuk posisi tertentu, biasanya penyerahan surat resign tersebut harus sebulan sebelum berhenti kerja.

Tujuannya adalah agar perusahaan punya kesempatan untuk mencari pengganti karyawan yang mengundurkan diri. Dengan begitu maka proses serah terima pekerjaan dapat berlangsung dengan baik dan karyawan yang resign tidak mendapat citra yang buruk dari perusahaan.

Baca juga: Pengertian Wawancara Menurut Para Ahli

Contoh Surat Pengunduran Diri / Resign

Contoh Surat Resign

Bagi Anda yang saat ini ingin berhenti dari tempat kerja maka Anda bisa melihat beberapa contoh surat pengunduran diri atau surat resign yang baik di bawah ini. Sebagai catatan, contoh surat resign ini dibuat berdasarkan pengalaman banyak orang.

1. Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan Kontrak

Jakarta, 23 Februari 2018

Kepada Yang Terhormat,
Bapak Robert Handoko MSc
Direktur PT. Lion Wallet
Jl. Cendrawasih No. 17
Jakarta Selatan

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya Alwi Susanto bermaksud menyampaikan keinginan untuk mengundurkan diri dari PT. Lion Wallet sebagai Operator Mesin. Terhitung sejak tanggal 30 Februari 2018.

Saya mengucapkan banyak terimakasih atas kesempatan kerja dan kepercayaan yang diberikan perusahaan kepada saya selama ini. Melalui surat ini Saya juga memohon maaf kepada seluruh jajaran perusahaan dan manajemen PT. Lion Wallet apabila terdapat kesalahan yang saya lakukan selama ini.

Saya berharap, PT. Lion Wallet semakin maju, berkembang, dan menjadi perusahaan yang lebih baik lagi di masa mendatang.

Hormat Saya,

Alwi Susanto

Download Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan Kontrak Doc

2. Contoh Surat Pengunduran Diri Guru

Kulon Progo, 01 Februari 2018

Kepada Yth.
Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Kulon Progo
Jl. Wates Km. 12 Pengasih Kulon Progo
Yogyakarta

Perihal: Pengunduran Diri

Dengan Hormat

Melalui surat ini, Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Bowo Suseno, S.Pd
Tempat/ tgl lahir : Surabaya, 19 Maret 1978
Jabatan : Guru Matematika
NIP : 8124891240194121
Alamat : Jl. Merica No. 13 Sentolo Kulon Progo, Yogyakarta

Secara resmi mengundurkan diri sebagai guru Matematika di SMK Negeri 2 Kulin Progo, terhitung sejak hari Jumat, 23 Februari Tahun 2018.

Saya mengucapkan terimakasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya sebagai tenaga pengajar di SMK Negeri 2 Kulon Progo. Saya meminta maaf yang sebesar-besarnya kepada jajaran komite, guru, dan staff SMK Negeri 2 Kulon Progo jika selama ini terdapat hal-hal yang kurang berkenaan selama saya bekerja.

Harapan saya, semoga SMK Negeri 2 Kulon Progo dapat semakin maju dan berprestasi, baik di bidang akademik maupun non akademik, sehingga dapat terus menciptakan generasi penerus yang berkualitas.

Hormat Saya,

Bowo Suseno, SPd
NIP.8124891240194121

Download Contoh Surat Pengunduran Diri Guru Doc

3. Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Organisasi

Surat Pernyataan Pengunduran Diri

Sebagai Anggota Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) di Universitas Bung Karno,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Untung Syahputra
Jabatan di BEM: Departeman Kesekretaritan dan Informasi
Fakultas: Sastra – Sasrta Inggris
NIM: 89765345
Alamat: Jln. Permai, Rt. 02/01 No. 15, 98765. Jakarta
Telp: 0812 1243 4578

Dengan ini menyatakan mengundurkan diri dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Bung Karno, terhitung sejak 12 Februari 2018. Alasan pengunduran diri adalah karena kondisi kesehatan yang terganggu sehingga harus melakukan perawatan serius di luar kota.

Agar roda organisasi tetap terjaga, saya menyerahkan posisi yang saya tinggalkan kepada Ketua BEM. Saya mohon maaf sebesar-besarnya jika selama berjalannya organisasi ini terdapat kesalahan yang saya lakukan, baik sengaja ataupun tidak saya sengaja.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sadar dan tanpa tekanan dari pihak mana pun. Saya berharap Ketua BEM dan seluruh jajarannya bisa memahami dan mengerti posisi serta keadaan saya. Atas pengertian dan dukungannya, saya ucapkan terima kasih.

Jakarta, 05 Februari 2018
Yang menyatakan

*materai 6000

Untung Syahputra

4. Contoh Surat Resign Hotel

Tangerang, 04 Januari 2018

Kepada Yth.
Bpk. Sunandar Hadijaya
Kepala Bagian HRD
Hotel Sejuta Mimpi
Jln. Merdeka Raya Tangerang

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Budiman Situmeang
Tempat/ Tgl Lahir: Bandung, 23 Januari 1988
Alamat: Jl. Pantai Utara No. 13 Tangerang
Jabatan: Chief Engineering Hotel Sejuta Mimpi

Melalui surat ini, saya mengajukan pengunduran diri terhitung sejak 28 Februari 2018. Adapun alasan pengunduran diri ini adalah karena ingin meneruskan usaha keluarga Semua yang berhubungan dengan tugas dan tanggung jawab saya sebagai Chief Engineering Hotel Sejuta Mimpi akan saya laksanakan sampai masa pengunduran diri saya.

Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada segenap pimpinan dan semua karyawan Hotel Sejuta Mimpi yang selama ini membimbing dan membantu saya dalam bekerja. Saya juga memohon maaf bila ada kesalahan dan kekurangan dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab saya selama ini.

Demikianlah surat pengunduran diri saya buat dengan penuh kesadaran tekanan dari pihak mana pun. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Budiman Situmeang

5. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Jabatan

Jakarta, 10 Januari 2018

Kepada Yth.
Profesor Dr. Sahat Hutauruk PhD
Kepala UPT K3L UBK Jakarta
Di Kampus UBK, Jakarta

Dengan Hormat

Melalui surat ini, saya atas nama Nelly Ratuliu bermaksud untuk mengundurkan diri dari jabatan sebagai asisten laboratorium UPT K3L UBK, terhitung sejak tanggal 12 Mei 2018. Adapun alasan saya adalah karena telah mendapatkan pekerjaan baru di tempat lain.

Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan kerja di UBK Jakarta selama ini. Saya juga memohon maaf kepada seluruh karyawan dan jajaran manajemen UPT K3L UBK Jakarta jika ada kesalahan dan kekeliruan yang pernah saya lakukan selama bekerja.

Saya berharap UPT K3L UBK Jakarta dapat berkembang terus dan menjadi yang terbaik. Demikianlah surat pengunduran diri ini Saya buat, atas perhatian dan kerjasamanya Saya capkan terima kasih.

Hormat Saya,

Nelly Ratuliu

6. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Bank

Jakarta, 12 Januari 2018

Kepada Yth.
Bapak Roy Sardi
HRD Manager PT BANK CENTRAL ASIA Tbk, KCU Tangerang
Jalan Bakti Saham, Sukasari
Tangerang

Dengan Hormat,

Bersama surat ini, saya menyampaikan pengunduran diri sebagai karyawan di BANK CENTRAL ASIA Tbk, KCU Tangerang

Nama: Joko Winardi
Alamat: Jl. Melinjo No. 13, Tangerang, Banten

Melalui surat ini, Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk belajar dan bekerja di BANK CENTRAL ASIA sebagai Admin Support (Verifikasi) selama tiga satu tahun.

Saya juga memohon maaf kepada seluruh jajaran manajemen BANK CENTRAL ASIA Tbk, KCU Tangerang apabila selama ini ada hal yang tidak menyenangkan yang telah saya lakukan selama bekerja.

Saya berharap semoga BANK CENTRAL ASIA tetap menjadi perusahaan perbankan terbaik di Indonesia dan terus semakin maju dan sukses.

Hormat saya,

Joko Winardi

7. Contoh Surat Resign Simple

Tangerang, 12 Februari 2018

Kepada Yth.
Ibu Siti Maria
HRD Manager PT. Suara Karya
Di Tangerang

Dengan Hormat,

Melalui Surat ini, saya atas nama Jacob Setiawan yang saat ini bekerja sebagai Operator Mesin bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. Suara Karya, terhitung sejak 28 Februari 2018.

Saya mengucapkan banyak terimakasi atas kesempatan kerja yang diberikan kepada saya selama ini di PT. Suara Karya. Saya juga memohon maaf kepada seluruh jajaran manajemen PT. Suara Karya apabila selama ini Saya pernah melakukan kesalahan selama bekerja.

Semoga PT. Suara Karya dapat terus berkembang dan maju di masa yang akan datang.

Hormat Saya,

Jacob Setiawan

8. Contoh Surat Resign Resmi

Kudus, 18 Desember 2017

Kepada Yth.
Mugianto Susilo
Direktur PT. Abadi Jaya
Jln. Melati No. 16 Kudus

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya selaku karyawan PT. Abadi Jaya berdasarkan dari penjelasan Surat Kesepakatan Bersama (SKB) tentang karyawan dan undang-undang kerja, maka Saya yang bertanda tangan di bawah ini;

Nama: Budiman Anjasmara
Departemen: Marketing & Promotion
Jabatan: Sales
No. Karyawan: A325 3345

Bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. Abadi Jaya dengan alasan ingin meneruskan usaha miliks keluarga. Surat ini dibuat berdasarkan prosedur hubungan industrial tanpa ada maksud buruk sedikitpun.

Saya berharap pihak manajemen bisa mengerti dan menerima permohonan Saya, dan juga memberikan hak-hak sesuai ketentuan yang berlaku.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan penuh kesadaran dan keinginan diri sendiri tanpa paksaan dari siapa pun.

Hormat saya,

Budiman Anjasmara

9. Contoh Surat Resign Perusahaan

Depok, 20 Februari 2018

Kepada Yth.
Bapak Anggoro Mukti MSi
Direktur PT. Citra Perkasa
Di Depok

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya M. Fantoni yang bekerja sebagai Operator Mesin di PT. Citra Perkasa bermaksud untuk mengundurkan diri, terhitung sejak tanggal 28 Februari 2018.

Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan dan kepercayaan yang telah diberikan kepada saya selama ini. Dan Saya juga memohon maaf kepada seluruh jajaran manajemen PT. Citra Perkasa apabila Saya pernah melakukan kesalahan selama bekerja.

Semoga PT. Citra Perkasa akan terus berkembang dan menjadi salah satu perusahaan terbaik di masa mendatang.

Hormat saya,

M. Fantoni

10. Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja yang Baik dan Sopan

Bandung, 19 Januari 2018

Kepada Yth.
Ibu Nisa Kurnia Ningsih
HRD Manager PT. Karya Gemilang
Di Bandung

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya Christina Minar yang bekerja sebagai Head Marketing di PT. Karya Gemilang bermaksud untuk mengundurkan diri, terhitung sejak tanggal 20 Februari 2018.

Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan dan kepercayaan untuk bekerja di perusahaan PT. Karya Gemilang. Melalui surat ini, Saya juga memohon maaf kepada seluruh jajaran manajemen PT. Karya Gemilang apabila Saya pernah melakukan kesalahan selama bekerja.

Semoga PT. Karya Gemilang akan semakin maju dan menjadi salah satu perusahaan terbaik di masa mendatang.

Hormat saya,

Christina Minar

11. Contoh Surat Pengunduran Diri Dalam Bahasa Inggris

Jakarta, Februari 23rd, 2018

Mr. Alexander Haniel
Managing Director of Max Interior PT
Jl. Cendana No. 19
Jakarta

Dear Sir,

Through this letter, I would like to inform you that I am resigning from my position as Marketing Head for Max Interior PT, effective Februari 28th, 2018.

Thank you for the opportunities for professional and personal development that you have provided me during the last two years. I have enjoyed working for Max Interior PT and appreciate the support provided me during my tenure with the company.

If I can be of any help during this transition, please let me know.

Sincerely,

John Donald

Baca juga: Pengertian Kepuasan Kerja Menurut Para Ahli

Demikianlah beberapa contoh surat pengunduran diri atau surat resign yang baik dan sudah umum digunakan. Semoga beberapa contoh surat resign tersebut dapat menjadi referensi yang bermanfaat buat Anda.