Yudhi Febriantono ~ Besarkan Cosmic Berbekal Penerapan Konsep Passion dan Kesenangan

Yudhi Febriantono

Image dari SWA.co.id

Jika sebuah passion sudah menyatu dalam jiwa seseorang memang akan membuat apa saja yang dilakukannya sehari-harinya akan maksimal dan berpeluang mengantarkan dirinya untuk sukses. Inilah yang setidaknya telah dialami oleh Yudhi Febriantono (Yudhi), seorang pengusaha yang bermental kuat dan juga memiliki jiwa atau passion di bidang entrepeneur.

Mental entrepreneur pria kelahiran Bandung ini sendiri bahkan sudah terlihat sejak masih kuliah di Universitas Widyatama. Saat itu Yudhi sudah berjualan apa saja yang bisa dijual dan menguntungkan, dari rental VCD, dagang bunga sampai dagang domba semua sudah dilakukan oleh pria sarjana ekonomi ini.

Dengan kegigihan dan keuletan serta kerja keras yang dilakukan Yudhi, maka impiannya untuk menjadi pengusaha sejati dan sukses pun akhirnya mampu ia capai dengan gemilang melalui bisnisnya yang bernama Cosmic. Lalu seperti apakah kisah Yudhi menjalankan bisnis yang berdasar pada kekuatan rasa cinta dan passion pada bidang ini sendiri? Berikut ulasannya.

Bisnis Brand Cosmic

Setelah serabutan menjalankan segala macam bisnis, pada tahun 2011 Yudhi Febriantono memang sudah lebih fokus pada satu bentuk usaha yang dinamakan Cosmic. Cosmic sendiri adalah brand fashion yang menjual beraneka ragam kebutuhan sandang anak muda dari kaos, kemeja, jaket, sweater, ikat pinggang, topi, jins, sandal dan aneka produk lainnya.

Pada awal usahanya sendiri Yudhi memfokuskan Cosmic pada produksi kaos. Namun seiring perkembangan usaha akhirnya Yudhi memproduksi kebutuhan fashion anak muda lainnya.

Artikel lain: David Yuwono ~ Sukses Kembangkan Bisnis Tas Denim Dry Bag dengan Modal Rp 800 Ribu

Masa Awal Yudhi Febriantono Merintis Usaha

Pada masa awal perintisannya, Yudhi benar-benar memulai usaha Cosmic ini dari bawah dengan segala keterbatasan. Bahkan saat mengawali usahanya ini, sarjana ekonomi dari Universitas Widyatama Bandung tersebut pernah nekat mengambil order kaus golf yang berharga Rp3 juta. Namun karena ia memiliki banyak jaringan maka order pun mampu dipenuhi dan dilayani dengan baik.

Dari sini Yudhi pun semakin yakin dengan usahanya yang bernama Cosmic ini. Yudhi yang memiliki keahlian desain pada akhirnya berani memproduksi barang-barang yang akan dijualnya lewat Cosmic dengan cara melemparkannya ke pihak lain (makloon).  Dari strateginya memanfaatkan jasa makloon ini sendiri Yudhi mampu mendapatkan untung Rp 600 ribu.

Keuntungan ini kemudian digunakan lagi oleh Yudhi untuk mengembangkan usahanya dengan dari pembelian bahan dan pencetakan label serta pemasaran yang lebih luas ke distro-distro di Bandung dan di Jakarta  dengan cara konsinyasi (menitipkan barang).

Dirikan PT Injoynesia

Ketika bisnisnya makin membesar, Yudhi Febriantono pun mendirikan badan usaha PT Injoynesia untuk membawahi Cosmic. Pria kelahiran Bandung 2 Februari 1978 ini pun makin lincah dan kreatif untuk memasarkan pemasaran Cosmic. Salah satu strategi pemasaran yang dijalankan untuk mempopulerkan brand Cosmic adalah dengan mengadakan School of Joy (SoJ). SoJ sendiri adalah program yang dijalankan pada saat liburan bagi para pelajar untuk bisa magang di Cosmic.




Selain itu ada juga program Long Board yang menerapkan konsep acara downhill untuk adakan tur dan touring ke tempat-tempat wisata. Dari kedua program inilah maka brand Cosmic ini makin dikenal oleh kalangan kaum muda dan masyarakat pada umumnya. Ditambah lagi saat ini Yudhi sudah mampu meng-endorse beberapa artis seperti David Naif, Kaka Slank dan Heru Shaggy Dog untuk produknya.

Baca juga: Dendy Reynando ~ Owner Mahakarya Inc. yang Raih Sukses di Bisnis Kreatif

Pencapaian Usaha Bersama Cosmic

Dari 15 tahun usahanya saat ini Yudhi pun sudah terbilang sukses besar. Bagaimana tidak, pria yang menjalankan bisnis dengan prinsip kesenangan (joy) ini telah memproduksi banyak produk. Setelah berhasil dengan Cosmic, pada tahun 2002 Yudhi pun merilis merek baru, Cosmic Girl. Setelah itu brand lain pun menyusul seperti Infamous (tahun 2004) dan Mighty (tahun 2006). Dan di tahun 2010 Yudhi kembali meluncurkan produk terbarunya She’s Infamous dan GDB Infamous.

Dan terakhir di tahun 2013 Yudhi Febriantono pun juga meluncurkan brand Cosmic Jeans dan Cosmic Kids. Dengan jumlah 300-400 agen penjualan yang tersebar di dalam negeri dan luar negeri seperti Brunei, Australia, Malaysia dan Jerman serta didukung dengan beberapa penjualan lewat toko melalui konsinyasi maka omset yang didapat pun sudah terbilang fantastis meski tak bisa disebutkan.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud