YouTube Kids, Layanan Aplikasi Video Dari Google Khusus Anak-Anak

YouTube Kids, Layanan Aplikasi Video Dari Google Khusus Anak-Anak

Sepertinya efek negatif dari dunia online dan #media sosial kini sudah mencuri perhatian banyak pihak. Apalagi dengan semakin meluasnya segmen pengguna internet pada anak-anak. Hal ini semakin mendorong banyak pihak untuk sebisa mungkin melakukan pencegahan terhadap dampak negatif yang ditimbulkan media-media yang ada di internet.

Salah satu media sosial yang telah melakukan usaha preventif dari efek negatif konten-konten dewasa pada pengguna anak-anak adalah twitter. Ya pada tanggal 31 Januari 2015 kemarin #Twitter meluncurkan Vine Kids, sebuah layanan video pendek khusus untuk anak-anak. Dari sinilah mungkin yang membuat YouTube kemudian ikut berpartisipasi dalam melakukan pencegahan pada dampak negatif dari konten dewasa yang dimilikinya.

Pada 23 Februari 2015 kemarin #YouTube resmi merilis YouTube Kids, sebuah aplikasi video yang mengkhususkan layanannya pada anak-anak. Lalu seperti apakah layanan yang telah hadir dalam format aplikasi Android dan iOS ini? Berikut ulasannya.

Artikel lain: Vine Kids, Aplikasi Pembuat Video Untuk Anak Dari Twitter

Video Paling Laris

Berkonsep sebagai konten aman dan nyaman bagi anak-anak dan keluarga, YouTube kids diklaim akan sukses di pasaran karena video-video yang berada dalam lingkup saluran keluarga merupakan video yang paling sering diakses dengan peningkatan 200 persen.

Untuk meyakinkan bahwa konten pada YouTube kids ini aman, Shimrit Ben-Yair, manajer produk yang menggarap proyek YouTube Kids ini bahkan melibatkan pihak ketiga dari organisasi yang mumpuni untuk melakukan seleksi dari beberapa tayangan yang dianggap layak bagi anak-anak.

Fitur YouTube Kids

Dalam YouTube Kids ini terdapat fitur parent-controller, sebuah fitur kontrol orang tua yang akan sangat berguna bagi orang tua untuk menciptakan rasa aman dan nyaman saat anaknya menggunakan YouTube. Cara kerja fitur ini seperti layaknya alarm dimana orang tua bisa melakukan set waktu dimana anak-anaknya akan mulai mengakses YouTube.

Cara kerja fitur ini dapat difungsikan dengan jalan menemukan gambar induk pada bagian kanan bawah tampilan #aplikasi ini. Saat Anda melakukan tap pada gambar induk tersebut, Anda akan diminta untuk memasukkan serangkaian angka. Dengan angka-angka yang telah susun dengan kesesuaian tadi, Anda akan diarahkan ke dalam menu Setting di mana Anda sudah dapat menyesuaikan atau melakukan set waktu (alarm) pada aplikasi ini dengan kebutuhan anak Anda.

Misalnya Anda bisa memasang batasan waktu untuk anak-anak Anda menonton Youtube Kids hanya 30 menit. Maka saat 30 menit waktu berlalu, akan muncul gambar peringatan bahwa waktu menonton telah habis.

Kategori YouTube Kids

YouTube Kids sendiri ada empat kategori yang bisa anda dapatkan. Empat kategori tersebut adalah Shows, Music, Learning dan Explore. Dengan memilih ikon pada bagian atas layar, Anda sudah bisa memainkan salah satu diantara empat kategori tersebut.

Pada kategori acara (shows), video difokuskan pada acara TV yang sudah akrab dan sesuai dengan anak-anak, seperti Thomas and Friends  atau Sesame Street. Pada kategori Musik (Music) akan disajikan video-video dari saluran lagu anak seperti Mother Goose Club. Sedangkan pada kategori belajar (Learning), YouTube Kids menghadirkan kumpulan video pendidikan.

Sementara dari kategori Explore, YouTube Kids memiliki beberapa video dari saluran anak-anak di YouTube yang telah diseleksi dengan ketat sebelumnya. Kategori yang diambil dari saluran anak di YouTube ini contohnya adalah permainan Minecraft seperti Stampy hingga tutorial membuat bando dan memasak.

Baca juga: Sosok 3 Serangkai Di Balik Kesuksesan YouTube

Interface dan Beberapa Pilihan Dari YouTube kids

Aplikasi YouTube Kids ini memang masih memiliki interface seperti YouTube awal, namun yang menarik pada YouTube Kids ini adalah adanya bagian tersembunyi yang hanya diketahui para orangtua untuk membuat anak-anak Anda aman. Hal keren lainnya dari YouTube Kids adalah orangtua dapat menonaktifkan suara musik dan efek suara yang ada pada video yang sedang anak-anak cari dan tonton.

Dan yang terpenting dari YouTube Kids adalah pilihan orangtua untuk menghilangkan fitur pencarian, yang membuat anak Anda hanya akan terpantau fokus hanya pada video-video yang memang sudah terpilih dan dinilai aman oleh Google.

Dengan aplikasi YouTube Kids ini anak-anak juga tidak akan diperkenankan mencari konten dewasa, seperti misalnya ketika anak-anak mencoba mengetik kata “sex”, saat itu juga YouTube Kids tidak akan menampilkan hasilnya dari pencarian berbau konten dewasa tersebut.

4 KOMENTAR

  1. cara nya gak jauh beda kan kalau mau upload video versi anak anak ??apa harus buat akun lgi apa tetep pake akun yang kita punya?

  2. baguslah kalau layanan ini ada, karena harus dibedakan antara konten untuk dewasa dengan anak-anak

  3. wahh sangat bagus sekali, jadi para orang tua tdk perlu takut anaknya akan menonton video2 yg tdk mendidik, tp harus tetap di awasi juga ya :D

  4. Blogger Tulungagung

    berarti ini layanan baru dari youtube yang dikhususkan untuk anak-anak yaa…thanks infonya :)

Tinggalkan Balasan