Yourganic Raw Almond Mylk ~ Bisnis Susu Unik Berbahan Kacang Almond Yang Unik

Yourganic Raw Almond Mylk

Dalam dunia yang semakin modern, gaya hidup sehat menjadi sesuatu yang populer. Terlebih di perkotaan, gaya hidup sehat sepertinya sudah menjadi suatu kebutuhan yang harus dipenuhi. Gaya hidup sehat ini salah satunya adalah dilakukan dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehar juga tentunya.

Salah satu minuman yang menjadi favorit menunjang gaya hidup sehat masyarakat perkotaan adalah susu almond. Semakin banyaknya orang yang membutuhkan susu yang berbahan dasar kacang almond ini membuat susu Almond memiliki prospek yang cerah untuk dijadikan bisnis. Yenna Samantha adalah salah satu orang yang melihat cerahnya prospek bisnis susu Almond ini.

Sejak tahun 2013, ia telah memproduksi dan memasarkan susu Almodnya dengan label Yourganic Raw Almond Mylk. Kecintaannya terhadap susu Almond dan adanya dukungan dari keluarga, membuat bisnis susu Almond Yenna sukses meraup omzet Rp 200 juta–Rp 500 juta per-bulannya dengan laba bersih sekitar 30% dari omzet.



Lalu seperti apakah bisnis Yourganic Raw Almond Mylk milik Yenna Samantha ini sendiri? Berikut ulasannya.

Awal Bisnis dan Perkembangannya

Pada awal bisnisnya, Yenna hanya menjual susu almond dengan cara getok tular atau word of mouth marketing. Dengan teknik ini ia bisa menjual sekitar 100 botol perhari dengan harga jual Rp 25.000 untuk botol susu almond 250 ml dan Rp 42.000 untuk botol susu almond ukuran 500 ml. Susu almond yang ia buat sendiri terdiri dari empat varian rasa, yaitu original, matcha atau green tea, coffee, dan kurma.

Karena memang produk susu Almond ini banyak peminatnya, tak ayal bisnisnya sangat cepat berkembang. Bahkan diawal bisnisnya itu, Yenna langsung mendapat tawaran dari Kemchicks untuk memasok susu almond di sana. Dari sini, Yourganic Raw Almond Mylk pun semakin banyak dikenal luas oleh publik.

Artikel lain: Es Njonja Besar ~ Bisnis Kuliner Es Krim Jadul yg Tak Lekang Oleh Jaman

Peningkatan Penjualan

Dari kerjasamanya dengan Kemchicks dan meluasnya marketing ke dunia digital, penjualan Yourganic Raw Almond Mylk pun meroket. Dari 100 botol per-hari, Yenna bisa menjual 400 botol susu almond per-hari. Selain di Kemchicks, saat ini Yourganic juga dipasarkan di beberapa tempat yang disebut Yourganic Grab & Go Spots. Konsumen juga bisa mendapatkan produk ini di beberapa tempat fitness dan supermarket seperti Grand Lucky dan All Fresh.

Produksi Susu

Dalam hal produksi, Yenna punya tim produksi yang mulai bekerja membuat susu almond yang sudah dipesan dari malam hari hingga pukul 2 pagi. Baru pada pukul 7 pagi pengiriman susu dimulai.  Siklus produksi dan pengiriman ini sengaja diterapkan dengan konsisten seperti ini agar susu almond Yourganic bisa tetap segar saat diterima dan dikonsumsi oleh konsumen.

Untuk bahan baku sendiri Yenna mengaku dirinya harus mengambil dari luar negeri. Hal ini dikarenakan, kacang almond tidak tumbuh di Indonesia. Dalam sebulan, Yourganic membutuhkan sekitar 200 kg kacang almond.

Kendala Bisnis

Yenna mengatakan, usaha susu almondnya terkendala pada proses pengiriman. Sampai saat ini, ia masih saja menggunakan pihak ketiga untuk mengirim produk ke semua Yourganic Grab & Go Spots. Cuaca buruk dan kemacetan juga menjadi kendala yang serius.

Untuk mengatasinya, ia mau tak mau harus beli kendaraan sendiri untuk proses pengiriman, karena jika dihitung-hitung, biaya pengiriman menggunakan #jasa delivery service akan mendekati biaya sama dalam 2-3 tahun akumulasi.

Pengemasan dan Pengeluaran

Adapun hal pengemasan, Yenna menggunakan botol plastik food grade. Alasannya dikatakannya botol ini bersifat praktis. Selain praktis, botol food grade ini bersifat disposable alias sekali digunakan bisa langsung dibuang tak perlu disimpan yang ramah lingkungan. Dalam hal pengeluaran, Yenna mengakui bahwa pengeluaran bulanan terbesarnya ada pada pembelian bahan baku. Pengeluaran lain ada pada pembelian kemasan, membayar kurir dan karyawan serta biaya listrik.

Baca juga: Co-Co World Ice Blend ~ Bisnis Waralaba Minuman Lezat dan Bergizi

Kesegaran Yourganic Raw Almond Mylk

Kini Yourganic Raw Almond Mylk telah sukses. Menurut Yenna, kesuksesan yang telah diraihnya ada pada kesegaran susunya. Menurutnya, susu almond yang sensitif membuat susu ini rentan terhadap perubahan suhu. Maka untuk mempertahankan kesegarannya, sebelum dikirim pagi hari, Yenna selalu meletakkan susu almond yang telah diproduksinya kedalam mesin pendingin agar tetap segar dan berkualitas.

Selain meletakkan susu di mesin pendingin, Yenna juga memiliki startegi  lain guna membuat Yourganic  tetap segar. Stategi tersebut ada pada proses produksinya dimana produksi Yourganic hanya didasarkan pada pesanan saja alias tidak membuat stok. Hanny Kurniawan, selaku Marketing Executive Yourganic Raw Almond Mylk, menjelaskan bahwa tiap hari dia membuka order minuman susu almond ini dari pagi hingga pukul 17.00.






1 comment on this postSubmit yours
  1. cara pesan susu almond bagaimana? dan harga berapa..dari jawa timur

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud