Wujudkan Relasi Bisnis Yang Kuat Bagi Para Pebisnis Introvert

Memperkuat Relasi Bisnis Bagi Introvert

Image dari Madebyguerrilla.com

Ketika kita menjalankan sebuah bisnis profesional, tentunya kita dituntut untuk bisa mempunyai jaringan atau relasi bisnis yang kuat. Relasi bisnis ini banyak mempengaruhi nasib ke depan bagaimana usaha yang kita jalankan, apakah bisa berjalan dengan baik atau tidak.

Namun menjalin sebuah relasi bisnis yang kokoh, terkadang menjadi sebuah masalah tersendiri bagi para pebisnis bertipe introvert. Dengan karakternya yang cenderung lebih menahan diri serta tidak nyaman dengan kondisi berkenaan dengan orang-orang baru, tentunya akan sulit untuk bisa memulai menjalin sebuah hubungan bisnis. Hal tersebut pernah dialami oleh seorang penasehat bisnis ternama bernama Pauline Ploquin.

Artikel lain: Resep Jitu Menata Mindset Untuk Dapatkan Jaringan Bisnis yang Lebih Luas

Ia yang pada dasarnya seorang introvert, nyatanya mampu mengubah kekurangan tersebut menjadi sebuah kelebihan utamanya dalam hal menjaring relasi bisnis baru. Dan pada artikel kali ini, kita akan membahas beberapa tips dari Pauline Ploquin tentang bagaimana menjalin sebuah relasi bisnis yang bagus bagi para pebisnis introvert.

1. Persiapan Awal

Ketika kita sedang akan menghadiri sebuah acara networking atau pertemuan bisnis, kita harus mempersiapkan diri dengan beberapa hal utama. Yang pertama yakni berkaitan dengan mental. Tentunya bagi seorang introvert menata hati untuk siap menghadapi banyak orang bukan perkara yang mudah. Bagi mereka akan cenderung lebih nyaman jika berhubungan dengan orang-orang yang sudah lama dekat.

Namun ketika akan menghadiri sebuah acara bisnis, tentunya mental tersebut harus mulai diasah untuk lebih berani. Salah satu tips yang diberikan oleh Pauline yakni untuk merasa santai dan tidak terbebani. Berikutnya rasa santai tersebut akan semakin muncul apabila kita sudah mempunyai sejumlah rencana tentang apa yang akan dilakukan dalam acara tersebut. Contohnya kita bisa menulis beberapa nama yang ingin kita temui waktu acara berlangsung, atau tema perbincangan seperti apa yang dirasa cocok dengan profil yang akan kita ajak berbincang.

2. Selama Acara Bisnis Berlangsung

Tahap berikutnya yakni ketika acara bisnis tersebut telah berlangsung. Tips yang sangat penting yakni untuk bisa menguasai beberapa topik Ice Breaker atau pemecah suasana yang pas dan tidak berlebihan. Menurut Pauline, kita tidak perlu terlalu banyak bicara namun yang terpenting adalah topik yang kita bicarakan tetap santai dan dapat memancing relasi bisnis untuk memberikan tanggapan kepada kita.

Berikutnya yang perlu diperhatikan adalah, meskipun kita telah memiliki beberapa target nama yang ingin kita dekati lebih lanjut, namun jangan sampai percakapan tersebut berlangsung terlalu pribadi. Tetaplah berusaha untuk terlihat membaur dalam kelompok ke pebisnis yang lain. Hal ini dilakukan untuk menghindari rasa canggung ataupun percakapan yang terlalu kaku di antara Anda dan relasi bisnis.

Ketika merasa sudah cukup, jangan lupa ungkapkan rasa terima kasih serta jika memungkinkan cobalah untuk meminta kartu nama. Selain kartu nama, kita juga bisa menanyakan akun media online yang dimiliki oleh relasi bisnis kita, mengingat saat ini sudah cukup banyak pebisnis yang lebih nyaman untuk memperkenalkan diri via media online. Hal ini tentunya sangat penting untuk tindak follow-up di tahap berikutnya.

3. Paskah Acara Bisnis

Setelah acara bisnis usai, terdapat beberapa hal yang wajib Anda perhatikan seperti melakukan evaluasi. Sebagai karakter dasar seorang introvert, mereka akan lebih merasa nyaman jika sedang sendirian dalam mengerjakan sesuatu. Oleh karena itu upayakan menyediakan waktu khusus untuk kembali mengingat tentang kegiatan atau proses menjalin relasi bisnis yang Anda lakukan selama acara bisnis berlangsung.




Sebagai tindak lanjut pada poin sebelumnya, jangan lupa untuk memfollow-up kontak relasi bisnis yang sudah kita dapatkan sebelumnya. Bentuk follow up bisa beragam mulai lewat offline dengan bertemu langsung ataupun pendekatan via online. Namun yang lebih pas untuk para introvert, tentunya melalui jalur online terlebih dahulu.

Baca juga: 4 Syarat Bangun Jaringan Bisnis Berbasis Digital Kian Kuat

Selain untuk meminimalisir kecanggungan yang mungkin terjadi, pendekatan follow-up melalui media juga dirasa lebih efektif waktu maupun tempat. Yang terpenting adalah untuk terus menjalankan follow up secara konsisten serta mulai menawarkan kerjasama bisnis yang lebih real.

Berikut tadi merupakan beberapa tips bagi para pebisnis bertipe introvert untuk bisa menjalin jaringan relasi bisnis yang lebih baik. Semoga bermanfaat dan dapat membantu perkembangan bisnis anda lebih maju ke depannya.



1 comment on this postSubmit yours
  1. belajar bisnis

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud