Panduan Wisata ke Pulau Panjang Jepara yang Eksotis

Wisata ke Pulau Panjang Jepara

Image via infowisatanusantara.cf

Wisata ke Pulau Panjang Jepara – Mereka yang suka traveling pasti sering cek harga dan membeli tiket pesawat, baik itu jalur domestik ataupun internasional. Dan jika kamu cukup jeli maka kamu akan melihat daftar harga tiket pesawat domestik saat dini hari lebih murah dibandingkan saat siang.

Sudah pernah mencobanya? Jika belum, bagaimana jika kamu mencoba terbang dan berlibur ke Jepara.

Saat mendengar kata Jepara kebanyakan orang akan mengingat ukiran kayu serta rotan dan objek wisatanya yang populer Karimun Jawa.  Ya, Karimun Jawa memang terkenal dengan wisata taman laut yang kaya akan terumbu karang dan ikan-ikan laut yang unik. Untuk menikmati wisata taman laut di Jepara, masih ada alternatif lain lho yang bisa kamu coba.

Adalah Pulau Panjang, pulau yang masih berada di Jepara dan menawarkan panorama alam yang masih terjaga keasriannya. Bahkan, biaya wisata ke Pulau Panjang Jepara lebih hemat dibandingkan ke Karimun Jawa. Fakta atau mitos ya kira-kira?

Untuk menuju Pulau Panjang salah transportasi yang bisa kamu gunakan yakni pesawat dan turun di Bandara Udara Internasional Ahmad Yani. Yakin kok masih bisa tetap hemat walau menggunakan pesawat. Kamu bisa mengetahui harga tiket normal melalui layanan online kemudian cek daftar harga tiket pesawat domestik menuju Semarang.

Dari pada kamu hanya sibuk memperhitungkan budget untuk wisata ke Pulau Panjang Jepara, lebih baik kamu mengikuti panduan ke Pulau Panjang sebelum berangkat.

Wisata ke Pulau Panjang Jepara, Emang Ada Apa?

Hal pertama yang harus kamu ketahui tentunya ada apa saja di Pulau Panjang sehingga kamu bisa mempersiapkan kebutuhannya. Pulau Panjang adalah pulau yang tak berpenghuni dan memiliki hamparan pasir putih.

Hampir ciri khas yang dimiliki pulau yang masih asri yakni perairannya yang masih jernih. Bahkan sebelum menyelam saja kamu sudah bisa mengintip keindahan terumbu karangnya. Yang menyenangkan Pulau Panjang memiliki air laut yang dangkal dan arusnya pun tidak deras. Sehingga, kamu bisa renang dengan nyaman tanpa takut terseret ombak.

Selain berenang, kamu tidak boleh melewatkan pemandangan lautnya dengan snorkeling. Terumbu karang jenis tanduk rusa dan berbagai karang yang sudah mati atau masih hidup bisa kamu temukan di kedalaman 1,5 hingga 2,5 meter. Snorkeling di Pulau Panjang pun tergolong aman karena tidak ditemukan jenis ular laut yang berbahaya. Jika tidak membawa peralatan snorkeling, kamu dapat menyewa kacamata dan pelampung di tempat yang sudah disediakan oleh pengelola.

Selain snorkeling dan berenang, kamu harus mencoba tracking santai di Pulau Panjang. Pulau Panjang memiliki hutan tropis yang berada di tengah pulau. Tracknya pun dibuat mudah karena pengelola sudah memasang paving block. Untuk mengitari pulau yang memiliki luas 19 hektar ini memerlukan waktu setengah hingga satu jam perjalanan. Tapi selama perjalanan kamu akan nyaman dan sejuk karena pepohonan yang menjulang tinggi dan lebat seperti pohon dadap, asam jawa, randu, serta pinus.




Selain dikunjungi wisatawn untuk bersenang-senang, Pulau Panjang pun sering digunakan untuk wisata religi karena terdapat makam Syekh Abu Bakar bin Yahya Ba’alawy. Beliau merupakan salah satu penyebar agama Islam di Jepara. Umumnya orang-orang berziarah saat peringatan  bulan Syoro (Muharam).

Bagaimana, keindahan yang dimiliki Pulau Panjang sudah membuat kamu yakin untuk memilih waktu penerbangan yang ada di daftar harga tiket pesawat domestik menuju Semarang?

Akses dan Biaya Wisata ke Pulau Panjang Jepara

Untuk liburan hemat ke Pulau Panjang dengan menggunakan pesawat, kamu dapat mencari tiket promo di reservasi.com.  Setibanya di Bandara, kamu bisa menggunakan taksi atau bus ke Terminal Terboyo. Pun begitu dengan menggunakan kereta api tujuan pertama adalah Semarang. Lain hal jika kamu menggunakan bus atau travel, di beberapa kota ada yang sudah menyediakan rute langsung ke Jepara.

Tentunya dengan konsekuensi kelebihan dan kekurangan yang harus kamu terima. Naik bus memang lebih murah sekitar Rp200.000 kurang. Namun, waktu yang ditempuh lebih lama. Sedangkan naik pesawat akan lebih cepat dan tidak melelahkan. Dengan harga tiket pesawat dari Jakarta ke Semarang yakni Rp384.000 di Reservasi.com, kamu bisa mendapatkan potongan harga hingga 10 persen.

Untuk mencari tiket promo di reservasi.com kamu bisa melihat langsung website atau mengunduh aplikasi reservasi. Ada dua jalur populer yang bisa kamu pilih:

  • Jalur Pantai Kartini, Jepara
  • Jalur Pantai Bandengan, Jepara

Pantai Bandengan lebih sepi pengunjung dibandignkan Pantai Kartini. Jarak dari Jepara sekitar 5,9 kilometer. Di Pantai Bandengan sediakan uang Rp5.000 untuk tiket masuk. Perahu nelayan akan mengantarkan kamu ke Pulau Panjang, hanya saja harus menunggu kursi terisi penuh.

Tarif perahu Rp30.000 per orang an Rp15.000 untuk pulang-pergi.  Selama 30 menit kamu akan berlayar dan tiba di Demraga Pulau Panjang. Jika akan menginap di Pulau, kamu akan dikenakan biaya Rp3.000,-.

Artikel lain: Daftar Hotel Murah di Jogja, Mulai dari Rp 100ribu per Malam

Tips jika ingin wisata ke Pulau Panjang Jepara, lebih baik datang pagi hari ke dermaga agar masih sepi, jika datang berkelompok lebih baik datang di hari biasa, dan bawalah perlengkapan kemah atau hammock serta kenakanlah lotion anti nyamuk ketika tracking di Pulau Panjang.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Wah lengkap om. Dijamin ga bakalan sesat. Pingin jalan jalan ke pulau jawa, tapi tunggu dapat tiket promo dulu la yaa. Kalau kaga, bakalan ga cukup bajet ne heheehehee

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud