Wilhelm Maximilian Wundt ~ Bapak Penemu Ilmu Perilaku dan Fungsi Mental Manusia (Psikologi)

Wilhelm Maximilian Wundt

Image dari Manetho.com

Wilhelm Maximilian Wundt, menyandang gelar sebagai profesor, fisiolog, dokter dan sebagai Bapak penemu ilmu psikologi ini dilahirkan di Neckarau, Baden, Jerman pada tanggal 16 Agustus 1832 dari keluarga yang intelektual. Sejak kecil, Wundt sudah terlihat sebagai anak yang temperamen, agresif dan serius.

Masa kecilnya ia lalui dengan kesendirian sejak ditinggal oleh saudaranya meninggal dunia dan satu saudaranya pergi untuk melanjutkan pendidikan. Friederich Muller adalah seorang pendeta sekaligus sahabat dari ayahnya yang ia jadikan teman untuk belajar. Karena begitu senangnya Wundt belajar dengan Muller, ia terpaksa meninggalkan kedua orang tuanya demi belajar bersama Muller yang pada saat itu pindah ke desa lain dari tempat tinggalnya.

Anak Muda yang Berambisi Dengan Ilmu Faal

Untuk mengikuti ambisinya yang kuat, Wilhelm Maximilian Wundt tenggelam kepada ilmu faal dengan mempelajarinya dimulai saat ia menginjak usia 19 tahun. Sempat menempuh pendidikan di Universitas Tubingen namun berhenti di tengah jalan dikarenakan ayahnya meninggal dunia sehingga keluarganya tidak sanggup untuk membiayainya.

Barulah pada tahun 1851, ia menempuh kembali pendidikannya dengan mengambil jurusan kedokteran dapat bekerja setelah lulus dari Universitas Heidelberg. Pada tahun 1856, Wundt mendapat gelar doktor setelah menamatkan studinya. Wundt juga sempat menderita penyakit yang hampir merenggut nyawanya selam menempuh pendidikan di Heidelberg. Selain itu, beliau pun mendapat gelar sarjana di bidang hukum dari Universitas Berlin.

Artikel lain: Alfred Bernhard Nobel ~ Kisah Panjang Sang Inisiator Penghargaan Nobel 




Dialah yang mendirikan laboratorium pertama untuk melakukan riset psikologi pada tahun 1879 di Universitas Leipzig. Ditahun 1881, ia juga telah membuat jurnalnya yang pertama mengenai riset tentang psikologi. Karena tertarik dengan riset fisiologis, Wundt bersama kerabatnya yaitu Johannes Mueller an Herman von Helmholtz melakukan riset di bidang psikofisik.

Pada tahun 1874 merupakan momen yang paling bersejarah dalam hidupnya bagi dunia psikologi dengan dibuatnya karya tulis terkenal dengan judul “Principles of Physiological Psychology”. Karya tulis Wundt tersebut berisi tentang penelitian mengenai pengalaman melalui kesadaran, emosi, gagasan dengan teknik introspeksi.

Awal Munculnya Ide Psikologi Dari Wilhelm Maximilian Wundt

Sebagai dosen yang mengajar ilmu fisiologi, Wilhelm Maximilian Wundt memberikan program pertamanya berupa psikologi ilmiah dengan memasukkan unsur metode eksperimen yang terkandung di dalamnya ilmu alam, keterikatan fisiologis otak serta pikiran manusia. Bapak psikologi ini berusaha untuk menyelami pikiran manusia melalui beberapa elemen yang membentuk kesadaran manusia dengan landasan zat kimia yang dapat dibagi menjadi beberapa elemen.

Dari sinilah, Wundt menganggap bahwa psikologi merupakan bagian ilmu yang dapat dipelajari seperti ilmu lainnya yang didasarkan pada kumpulan elemen membentuk kesadaran. Meskipun sebagai pelopor lahirnya psikologi kontemporer yang banyak diperdebatkan pada saat ini, Wundt merupakan orang yang dianggap penting dalam kelahiran dan perkembangan ilmu psikologi.

Dalam penelitiannya, di awal Wundt menggelompokkan mind sebagai proses-proses dari ketidaksadaran atau unconiousness (salah satu bagian dari karakteristik jiwa). Metode penelitian yang dilakukan berupa keberlangsungan penelitian mengenai mind bermula dari level kesadaran menuju level ketidaksadaran. Dan bisa dikatakan bahwa metode eksperimen tersebut merupakan perjalanan yang membawa mind kepada keterbatasan ruang lingkup kemurnian ilmu secara objektif serta empiris.




Sejarah Berdirinya Laboratorim Psikolog Pertama Di Dunia

Bersama murid-muridnya, Wundt mendirikan laboratorium untuk melakukan penelitian tentang perilaku dan jiwa manusia pada tahun 1879 di Leipzig, Jerman. Dengan berdirinya laboratorium psikologi ini, membuat ilmu psikologi berdiri sendiri yang sebelumnya menyatu dengan ilmu filsafat dan ilmu faal. Sejak berdirinya laboratorium tersebut, Wundt sudah tidak dianggap lagi sebagai seorang dokter karena telah melakukan penelitian-penelitian mengenai psikologi. Sehingga kemudian mendapatkan gelar sebagai ahli dibidang psikologi.

Baca juga: Douglas Engelbart ~ Tokoh Teknologi Penemu Mouse Komputer

Dalam sisa hidupnya selam 46 tahun, Wundt mengabdikan diri untuk memberikan pelatihan kepada para psikolog dan membuat laporan eksperimen serta teori sebanyak 54.000 halaman. Karyanya berupa buku yang ditulis adalah Beitrage Zur Theorie Der Sines Wahrnemung atau Persepsi yang Dipengaruhi Oleh Kesadaran dan diterbitkan pada tahun 1862.

Dan buku keduanya berjudul Grund zuge der Physiologischen Psychologie atau Dasar fisiologis dari berbagai gejala psikologi yang ditebitkan pada tahun 1873. Karyanya tersebut merupakan awal dari perkembangan psikologi yang berdampak pada ilmu psikologi yang ada pada saat ini.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud