Wiko Mobile, Padukan Kualitas dan Harga Terjangkau Untuk Tarik Minat Konsumen Smartphone Indonesia

Wiko-Mobile

Di tahun 2015, tampaknya Indonesia masih menjadi salah satu magnet kuat bagi perkembangan industri #smartphone dunia. Sejumlah produsen lokal maupun produsen yang berasal dari luar negeri masih berlomba-lomba untuk memenangkan persaingan dengan menghadirkan ragam produk smartphone berkualitas dengan harga yang bervariasi.

Tidak hanya produsen lama yang turut bersaing di tanah air, sejumlah pesaing baru juga muncul untuk ikut berkompetisi dalam persaingan industri smartphone tanah air. Salah satu pesaing baru yang hadir di periode awal tahun 2015 adalah Wiko Mobile.

Sekilas Tentang Wiko Mobile

Wiko Mobile adalah produsen smartphone yang berasal dari Perancis. Mulai melakukan kegiatan operasional di kota Marseille sejak tahun 2011, hingga periode akhir 2014 Wiko Mobile mengklaim dirinya sebagai produsen smartphone terbesar kedua di Perancis untuk kategori penjualan secara online. Hal ini diakui Wiko Mobile setelah berhasil menguasai 14.2% pangsa pasar smartphone di Perancis.

Meski berasal dari Perancis, namun mayoritas saham Wiko Mobile rupanya sudah dikuasai oleh produsen smartphone China yang bernama Tinno Mobile.

Artikel lain: Spesifikasi Gahar Dengan Harga Wajar, Lenovo A6000 Siap Tantang Xiaomi Redmi 2

Kenapa Wiko Mobile Tertarik Masuk ke Pasar Indonesia?

Wiko Mobile melihat adanya kesempatan besar untuk mengekspansi bisnis di Indonesia karena jumlah penduduk Indonesia yang banyak dan menjadi salah satu dari negara berpenduduk terbanyak di dunia. Djanto Djojo, CEO Wiko Mobile Indonesia mengatakan bahwa penetrasi pasar smartphone di Indonesia baru mencapai 45% dari 250 juta penduduk.




Sedangkan penduduk yang tidak menggunakan smartphone masih menggunakan feature phone sebagai media komunikasi. Hal ini dipandang Wiko Mobile sebagai kesempatan emas untuk menjangkau kalangan masyarakat yang belum bersentuhan dengan #teknologi smartphone.

Berdasarkan hasil survey yang dilakukan oleh Wiko Mobile, pada tahun 2015 Indonesia memiliki penduduk dari kalangan ekonomi menengah dengan jumlah kurang lebih 74 juta jiwa. Jumah ini diperkirakan bertambah sebanyak 2 kali lipat di tahun 2020 sehingga segmentasi pengguna smartphone di Indonesia akan turut meningkat.

Untuk mencapai target yang diiinginkan, Wiko Mobile tidak ingin terlalu buru-buru dalam memasarkan produknya. Tahun 2015 akan dijalankan sambil mengenal pasar smartphone Indonesia dan mencari tahu hal apa saja yang dibutuhkan oleh pengguna smartphone Indonesia. Sedangkan untuk tahun 2016, Wiko Mobile menargetkan jumlah 12% marketshare penjualan smartphone di Indonesia.

Jajaran Produk Wiko Mobile yang Disiapkan untuk Pasar Indonesia

Tercatat sudah memiliki 12 produk smartphone hingga awal tahun 2015, Wiko Mobile hadir di Indonesia dengan membawa 6 varian produk yang dianggap cocok dengan karakteristik para pengguna smartphone di Indonesia. Enam varian smartphone tersebut antara lain Wiko Highway 4G, Wiko Getaway, Wiko Rainbow, Wiko Lenny, Wiko Bloom dan Wiko Fizz.

Keenam produk Wiko Mobile tersebut memiliki keunggulan yang dirasa sesuai dengan karakteristik pengguna smartphone di Indonesia. Misalnya saja Wiko Rainbow yang hadir dengan pilihan warna yang segar dan variatif, Wiko Highway 4G yang dibekali dengan prosesor yang handal dan teknologi Gorilla Glass serta Wiko Fizz dengan harga terjangkau mulai dari Rp 750.000.




Salah satu keunikan lain yang belum dimiliki para kompetitor Wiko Mobile adalah ketersediaan adapter simcard dalam paket penjualan smarthphone-nya. Jadi, kita tidak perlu lagi repot-repot menyesuaikan ukuran simcard dengan smartphone Wiko Mobile yang baru kita beli.

Pemerintah di Indonesia menetapkan peraturan untuk menggunakan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sebesar 40% untuk smartphone dengan teknologi 4G. Demi mematuhi peraturan pemerintah tersebut, Wiko Mobile bahkan berencana untuk mendirikan pabrik di Indonesia. Hingga saat ini, rencana pendirian pabrik Wiko Mobile di Indonesia masih melalui tahap perencanaan dan pematangan konsep.

Baca juga: Persona, Aplikasi Android yang Mewadahi Minat para Generasi Muda

Upaya Pemasaran di Indonesia

Wiko Mobile kini tersedia di pasaran smartphone melalui jalur penjualan offline maupun online. Bahkan Wiko Mobile juga mengaku sudah menggandeng beberapa perusahaan retail besar dan #Lazada untuk memasarkan produknya. Wiko Mobile mengaku tidak ingin terburu-buru karena masih berupaya melakukan penetrasi pasar smartphone di Indonesia.

Sekarang, kita tinggal menantikan produk-produk smartphone canggih besutan Wiko Mobile yang akan turut meramaikan persaingan pasar smartphone di Indonesia. Jangan lupa untuk teliti dan cermat sebelum membeli smartphone yang kita inginkan, ya!




1 comment on this postSubmit yours
  1. waw.. jadi gak sabar pengen ngrasain kecanggihan wiko mobile

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud