Wenart Gunadi ~ Sukses Dirikan Deviant Art, Bisnis Ilustrasi Kreatif Bidang Game...

Wenart Gunadi ~ Sukses Dirikan Deviant Art, Bisnis Ilustrasi Kreatif Bidang Game yang Berjaya

Wenart Gunadi
Image dari Satujam.com

Hobi dan keahlian adalah dua kombinasi yang sangat bagus untuk menjadikan sebuah bisnis berjalan dengan maksimal. Ya, dua unsur tersebut memang akan sangat mempengaruhi bagaimana sebuah bisnis bisa dijalankan oleh sang pengusaha atau founder.

Dengan merintis bisnis melalui dua unsur ini umumnya seorang pengusaha akan memiliki sebuah semangat dan impian yang baik untuk mensukseskan bisnisnya. Bagaimana mungkin hanya dengan dua unsur ini bisa membuat usaha memiliki prospek cerah? Setidaknya entrepreneur yang satu ini sudah membuktikannya.

Ya, dengan keahlian dan kegemarannya dalam bidang game dan ilustrator, Wenart Gunadi (Wenart) telah sukses menjadikan usahanya yaitu Deviant Art menjadi sebuah bisnis yang menjanjikan. Lalu bagaimanakah kisah Wenart Guandi ini dalam membangun Deviant Art? Berikut ulasannya.

Kisah Wenart Gunadi Mendirikan Deviant Art dan Studio Game Small Farm

Sejak masih kecil, Wenart Gunadi memang sudah akrab dengan beberapa permainan tradisional. Tidak hanya dengan permainannya Wenart juga sangat menyukai jajanan atau camilan tradisional. Di zaman modern yang sudah banyak berubah ini, Wenart dengan keahlian dibidang ilustrasi menjadikan jajanan tradisional tersebut diubah menjadi sebuah permainan atau game kreatif dan menarik.

Dari keahliannya membuat game ini Wenart pun mendirikan Deviant Art tahun 2007. Dalam usahanya ini juga Wenart juga mendirikan studio produksi game yang diberi nama Small Farm di Surabaya. Dari studio ini Wenart Gunadi pun sejak Agustus 2015 membuat ilustrasi untuk sebuah game berbasis Android yang bernama Jemil Kingdom. Dalam produksi atau pembuatan game ini Wenart menjalankan fungsinya sebagai pembuat konsep dan ilustrator.

Artikel lain: Ami Raditya ~ Founder Duniaku.net Dengan Segudang Pengalaman di Industri Media

Konsep yang diusung Wenart dalam game Jemil Kingdom sendiri adalah permainan ketangkasan dengan bidang kuliner. Dan karena kecintaannya pada kuliner indonesia, Wenart pun mengenalkan banyak kuliner Indonesia pada game Jemil Kingdom tersebut. Game ini sendiri akan mengajak para pemainnya untuk memasangkan jajanan pasar dengan tingkat kesulitan yang berjenjang hingga level 50.

Menjadi Sumber Nafkah dan Proses Pembuatan Ilustrasi Game

Dari hobi membuat ilustrasi ini, Wenart Gunadi terus melanjutkan kegemarannya untuk menjadi profesi dan menghasilkan pendapatan. Untuk membuat sebuah ilustrasi game, Wenart menjelaskan bahwa dirinya memulainya dengan proses brainstorming. Proses brainstroming sendiri dilakukan untuk menentukan konsep dan eksekusi. Dari sinilah semua proses dan langkah akan dikerjakan.

Dari sini Wenart melanjutkan pekerjaannya dengan membuat beberapa sketsa untuk menjelaskan ide tersebut kepada klien. Ketika sebuah sketsa dibuat maka klien yang memesan bisa jadi akan memberi revisi hingga akhirnya dipilih sebuah ide yang tepat dan sesuai. Selanjutnya, ilustrasi pun dibuat dengan waktu yang bisa mencapai beberapa hari.

Namun setiap harinya Wenart sebagai penyedia jasa akan selalu mengirim update pekerjaanya agar klien bisa langsung melihat perkembangan pekerjaannya. Jika memang ada revisi, Wenart pun akan langsung segera memperbaiki pekerjaannya hingga terakhir disepakati illustrasi oleh pihak klien.

Tantangan Menjalani Pekerjaan Ilustrator

Dalam menjalankan pekerjaannya ini, pria lulusan pendidikan Desain Komunikasi Visual, Universitas Kristen Petra, Surabaya ini mengaku bahwa kendala terbesarnya adalah memahami keinginan klien yang kadang memiliki imajinasi yang bermacam-macam dan terkadang sulit dibayangkan. Maka dari itu pada setiap briefing Wenart selalu berusaha untuk sebaik mungkin membaca pikiran klien. Dan ketika memang permasalahan ini terjadi maka jalan keluarnya adalah membuka komunikasi yang baik dengan sang klien.

Untuk mendapatkan order lain dari klien, Wenart Gunadi memasang strategi menggambar dengan jenis ilustrasi lain yang berbeda. Dari sinilah kemudian klien bisa mendapatkan gambaran lain dan akhirnya memesan ilustrasi lain pada Wenart. Maka dair itu untuk bisa sukses dibidang ini, Wenart menjelaskan bahwa dirinya tak bisa terpaku dengan satu gaya menggambar saja, tapi ia juga harus bisa menguasai teknik menggambar ilustrasi yang lain.

Baca juga: Jemi Ngadiono ~ Anak Petani dan Social Entrepreneur  yang Sukses Menggaungkan Komunitas 1.000 Guru

Pemasaran Karya Ilustrasi Wenart Gunadi

Pemasaran karya-karya Wenart Gunadi dari studio kreatifnya ini kebanyakan dilakukan via media online. Dan karena target pasarnya kini sudah merambah luar negeri maka Wenart pun mengaku harus mau berkunjung ke tiap negara jika diperlukan untuk proses briefing. Dengan segala upaya dan kerja kerasnya saat ini usaha Wenart terbilang berkembang pesat dan sukses. Tak kurang dari 8 ribu lebih likes selalu didapatkan Wenart pada halaman sosial media Jemil Kingdom.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan