Ingin Weekend Tetap Produktif, Coba Lakukan 5 Kegiatan Ini

Weekend Tetap Produktif – Akhir pekan adalah waktu yang paling ditunggu oleh para karyawan. Di akhir pekan biasanya kita bisa menyempatkan diri untuk beristirahat seharian atau menghabiskan waktu dengan berwisata untuk menghilangkan penat.

Pada umumnya kita menghabiskan waktu untuk memanjakan diri setelah berpayah-payah pada hari sebelumnya. Tidak ada yang salah dengan hal itu, namun ketika ada pilihan untuk bersantai namun tetap produktif, tentu merupakan pilihan yang bagus.

Bisakah hal itu dilakukan? Tentu saja bisa, simak caranya berikut ini agar weekend Anda tetap produktif:

  1. Tetaplah Bangun Pagi Hari

Bangun Pagi Hari

shutterstock.com

Memang pada hari libur akhir pekan adalah waktu yang sangat nikmat untuk bangun telat, bermalas-malasan tanpa memikirkan beban kerja yang membosankan. Benar memang, namun jika Anda perhatikan kisah orang sukses, maka sering kita ketahui bahwa mereka selalu bangun di pagi hari baik saat hari kerja maupun di akhir pekan.

Sebenarnya, ketika Anda sudah terbiasa bangun pagi, maka kebiasaan tersebut akan berlangsung meski pada saat akhir pekan. Nah, ketika Anda bangun pagi pada saat tidak bekerja, maka Anda akan bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk kegiatan yang produktif.




Hal-hal ringan yang produktif seperti sekedar menanam di kebun, membersihkan rumah dan lainnya tentu bisa sedikit menyegarkan pikiran Anda dari jenuhnya beban pekerjaan.

  1. Sedikit Mengerjakan Tugas Kantor

Mengerjakan Tugas Kantor

shutterstock.com

Sedikit mengerjakan pekerjaan di kantor tidak akan mengurangi masa akhir pekan Anda. Namun tentu dengan catatan, yang Anda kerjakan jangan tugas yang berat.

Menyelesaikan tugas kecil-kecilan seperti menulis daftar pekerjaan esok hari, sedikit membaca untuk meriset pekerjaan bisa Anda lakukan selagi Anda sempat. Bahkan Anda bisa melakukan tugas ringan dari kantor tersebut dengan memakai baju tidur.

Pekerjaan ringan yang Anda lakukan tersebut akan sangat membantu ketika Anda masuk kerja nanti.




  1. Sisihkan Waktu Untuk Olahraga

Waktu Untuk Olahraga

Jangan anggap melakukan olahraga bukan kegiatan yang produktif. Untuk itu, sempatkan dan sisihkan waktu di akhir pekan untuk berolahraga. Anda bisa berolahraga bersama keluarga atau sahabat Anda.

Dengan melakukan olahraga ringan, akan membuat tubuh Anda semakin segar dan bisa memlihara daya ingat Anda. Selain itu, olahraga ringan di luar rumah juga akan bisa meningkatkan kepercayaan diri Anda.

Olahraga akhir pekan akan bisa menjadi booster semangat Anda yang tentu saja pada akhirnya akan meningkatkan kinerja Anda ketika kembali aktif bekerja lagi.

  1. Lakukan Sesuatu yang Menyenangkan

Sesuatu yang Menyenangkan

shutterstock.com

Untuk meningkatkan produktifitas Anda di akhir pekan, Anda bisa awali dengan melakukan sesuatu yang Anda anggap menyenangkan. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan, seperti bermain musik, fotografi, olahraga, travelling, atau juga sekedar memasak masakan ringan atau apapun yang Anda anggap menyenangkan.

Melakukan hal-hal kecil yang menyenangkan akan membuat akhir pekan Anda menjadi semakin produktif. Melakukan sesuatu yang menyenangkan seperti hobi misalnya, akan bisa memberikan stimulus kepada Anda untuk menjadi seorang yang semakin kreatif dan tentunya juga bisa mengurangi stres.

Maksimalkan sedikit waktu akhir pekan Anda untuk sesuatu yang Anda senangi, selanjutnya weekend Anda akan semakin produktif, cobalah.

  1. Menjadi Sukarelawan Gerakan Kemanusiaan

Sukarelawan Gerakan Kemanusiaan

sindonews

Mungkin ini sedikit berbeda, namun dengan menjadi sukarelawan suatu gerakan kemanusiaan, Anda akan memiliki peluang lebih besar menolong orang lain. Dan akhir pekan adalah waktu yang sangat tepat untuk melakukan hal itu, Anda bisa mengajak keluarga Anda juga turut serta.

Akan ada banyak hal positif yang Anda dapatkan dengan membantu orang lain. Selain Anda bisa berkontribusi langsung untuk orang lain, Anda juga bisa memberikan pelajaran kepada keluarga Anda tentang tolong menolong.

Percayalah, dengan menolong orang lain, hati Anda akan menjadi lebih tenang dan tentunya akan meningkatkan kualitas syukur kita kepada Tuhan.

  1. Berhenti Sejenak Dan Berpikir

Berpikir

Anda bisa memanfaatkan waktu libur akhir pekan untuk sejenak berhenti dari aktifitas tugas kantor. Namun demikian, ada baiknya juga Anda mencoba untuk sekedar berpikir sejenak tentang masa depan. Atau apapun yang sekiranya bisa meningkatkan pencapaian Anda.

Anda bisa sedikit menyisihkan waktu akhir pekan Anda untuk hal itu, bisa di sore hari setelah Anda melakukan beberapa aktifitas akhir pekan. Sedikit belajar dari beberapa kesalahan yang pernah dilakukan juga akan sangat berpengaruh terhadap masa depan Anda.

Belajar dari kesalahan masa lalu akan bisa menuntun Anda dalam memperbaiki setiap langkah Anda ke depan.



3 total comments on this postSubmit yours
  1. Terima kasih tipsnya kang, selama ini saya terbiasa untuk santai dan bermalas – malasan saat weekend karena saya menganggap weekend adalah waktunya kita refreshing.

    Ternyata refreshing juga bisa menjadi produktif kalau kita melakukan kegiatan yang santai tapi berguna.

  2. Jujur saja untuk sekarang ini saya masih kurang produktif, karena masih kurang maksimal dalam memanagement waktu. Karena waktu yang begitu cepat saya rasa memang harus dimanfaatkan, terlebih diwaktu weekend sangat jarang produktif.
    Bagi sebagian orang yang produktif selain hari biasa hari weekend memang harus dijadikan waktu yang produktif supaya jangan terbuang percuma waktunya.

    • Sama dong kita, kalau weekend itu seringkali sulit mengatur waktu untuk pekerjaan. Waktu weekend lebih banyak saya gunakan untuk keluarga.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud