Waspadalah, Inilah Tanda Kerja Keras Anda Tidak Diapresiasi!

Image dari Beyondmorale.com

Image dari Beyondmorale.com

Apresiasi dan penghargaan sangat diperlukan di lingkungan kerja sebagai salah satu faktor untuk memotivasi diri. Bentuk apresiasi sangat beraneka ragam, bisa melalui pujian, sikap atau bisa juga dengan memberikan reward dan kompensasi. Nah, hal ini menjadi masalah ketika kemudian seorang karyawan tidak pernah mendapatkan apresiasi sama sekali di lingkungan kerja.

Ada beberapa alasan kenapa seorang karyawan tidak pernah mendapatkan apresiasi sama sekali di lingkungan kerja. Bisa memang karena si karyawan kurang memiliki kompetensi, atau bisa jadi perusahaan memang pelit memberikan apresiasi kepada karyawan. Sebuah apresiasi meskipun secara finansial tidak seberapa besar, namun apresiasi sangat membanggakan dan bisa membuat seseorang menjadi lebih termotivasi dalam bekerja.

Pertanyaannya kemudian adalah, apakah Anda termasuk orang yang tidak pernah mendapatkan apresiasi? Untuk menjawab pertanyaan ini, perhatikan beberapa tanda-tanda orang yang tidak diapresiasi di lingkungan kerja di bawah ini.

1. Atasan Tidak Pernah Mengakui Hasil Kerja Anda

Ini adalah tanda yang paling terlihat dan bisa dirasakan. Ketika atasan Anda tidak pernah memberikan pujian pada apa yang Anda lakukan sebesar apapun itu, maka itu bisa diartikan bahwa Anda kurang diapresiasi. Atau bahkan hasil pekerjaan Anda diakui sebagai hasil kerja atasan, itu semakin menunjukkan bahwa kerja Anda tidak dihargai sama sekali.

Dalam pekerjaan, Anda tidak dipandang sebagai seorang yang memiliki kontribusi positif terhadap perusahaan. Kondisi seperti ini memang serba sulit bagi Anda. Jika ingin menunjukkan diri yang melakukan pekerjaan, takutnya dianggap sombong.

Artikel lain: Tips Aman Menegur Sikap Bos yang Keterlaluan

Namun jika diam saja, tentu akan menyakiti hati sendiri. Saran saya, mungkin Anda bisa menyampaikan uneg-uneg kepada teman sekantor terkait keadaan yang sedang dihadapi.

2. Anda Tidak Mendapatkan Gaji Yang Sesuai Bobot Pekerjaan

Selain jarang mendapatkan pujian, karyawan yang tidak dihargai biasanya akan digaji seadanya saja. Seberapa berat tugas dan kewajiban yang dibebankan perusahaan, Anda tetap tidak mendapatkan bayaran yang setimpal. Artinya bahwa pekerjaan yang Anda lakukan untuk perusahaan sama sekali tidak dianggap penting oleh atasan.

Kondisi seperti ini memang sangat menyakitkan dan membuat Anda benar-benar tidak berdaya. Jika kondisi ini tetap berlangsung beberapa waktu, ada baiknya Anda melirik pekerjaan di perusahaan lain.

3. Meskipun Berprestasi, Anda Tetap Tidak Diperhatikan

Ini juga sering terjadi di tempat kerja. Meskipun Anda adalah seorang yang berprestasi, mampu bekerja dengan maksimal dan berkontribusi lebih pada sebuah perusahaan, namun kalian tetap tidak diperhatikan.




Anda tetap dianggap bukan siapa-siapa, bahkan mungkin Anda dianggap tidak ada karena sama sekali tidak mendapatkan atensi dari atasan atau teman yang lain. Keadaan seperti ini sangat menyakitkan dan itu adalah bukti nyata bahwa Anda tidak diapresiasi sama sekali di lingkungan kerja Anda.

4. Anda Sering Disela Ketika Tengah Berbicara

Ini sangat parah, jika Anda sering dipotong di tengah-tengah pembicaraan, maka sangat nyata bahwa Anda sama sekali tidak dihargai. Pemotongan pembicaraan menunjukkan bahwa Anda bukanlah orang yang pantas didengarkan ketika bicara, itu sangat menyakitkan bukan.

Jika ini terjadi pada Anda, maka pantas kiranya Anda membela diri, karena ini sudah masuk pada ranah kehormatan diri Anda. Ketika ini terjadi, katakan pada orang yang menyela, bahwa Anda belum selesai berbicara.

5. Tidak Pernah Mendapatkan Motivasi Dari Siapapun

Motivasi sangat penting untuk menjaga daya kerja Anda tetap maksimal. Ketika Anda tidak mendapatkan motivasi dari siapapun di lingkungan kerja, bahkan dari temanpun tidak, maka itu termasuk salah satu tanda bahwa Anda tidak mendapatkan apresiasi di lingkungan kerja.

Jika itu terjadi pada Anda, jika Anda masih ingin bertahan dalam perusahaan tersebut, maka saran saya adalah bangkitkan motivasi diri Anda sendiri. Caranya adalah dengan melakukan kegiatan yang Anda sukai, seperti mendengarkan musik, atau hal-hal ringan yang lain.

Baca juga: Tips Menghadapi Kejenuhan dan Kebosanan Pada Rutinitas Kantor

6. Anda Tidak Pernah Mendapatkan Promosi

Promosi dari perusahaan juga bisa menjadi indikator seberapa besar apresiasi yang diberikan kepada Anda. Tentunya Anda juga bisa mengukur sendiri, dengan prestasi yang mungkin Anda buat layak atau tidak Anda mendapatkan promosi mungkin bisa ditakar.

Nah, jika Anda sudah membuat prestasi yang gemilang namun Anda tetap tidak mendapatkan promosi jabatan, berarti prestasi Anda tidak berarti apa-apa dan itu artinya Anda tidak dihargai oleh perusahaan.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud