Waspadalah, Ini Beragam Penyebab Hilang Motivasi Kerja!

Image dari Google.com

Image dari Google.com

Bekerja apa saja, memerlukan motivasi kerja yang tinggi agar bisa menghasilkan produk yang maksimal. Tanpa ada motivasi yang kuat, maka pekerjaan apapun akan terasa biasa dan kurang greget. Selain itu, seseorang yang tidak memiliki #motivasi dalam bekerja, mereka cenderung tidak bisa diajak untuk maju.

Sebelum kami uraikan mengenai beragam penyebab hilang motivasi dalam bekerja, akan kami jelaskan apa yang terjadi sebenarnya saat seseorang berada dalam situasi hilang motivasi. Menurunnya motivasi atau bahkan sampai hilang, sering juga disebut dengan demotivasi.

Demotivasi ini adalah situasi di mana seseorang merasa lelah, ingin berhenti, hilang semangat dan berbagai perasaan lain yang menghilangkan semangat Anda dalam bekerja. Perasaan ini bisa timbul kapan saja, mentalitas seperti ini sebenarnya muncul karena berbagai sebab dan seringkali sebab yang ditimbulkan dari dalam diri sendiri.

Di bawah ini adalah beberapa penyebab yang sering menjadi pemicu hilangnya motivasi kerja.

1. Tidak Memiliki Goal yang Jelas Dalam Bekerja

Tujuan dalam bekerja sangat penting untuk Anda tetapkan. Anda harus memiliki target-target tertentu untuk memacu diri agar Anda sendiri lebih semangat dalam bekerja. Okelah, barangkali Anda saat ini sudah memiliki bisnis dan pekerjaan dengan gaji yang cukup, namun jika Anda tidak memiliki sasaran tertentu, maks motivasi kerja Anda semakin lama akan semakin berkurang dan hilang.




Apalagi dalam dunia bisnis, tidak boleh Anda hanya diam diri berhenti pada titik dimana sekarang Anda berada. Ketika Anda menetapkan sebuah tujuan dan kemudian sudah tercapai, maka selanjutnya adalah buatlah tujuan baru tentu dengan target yang lebih tinggi lagi.

Artikel lain: Ingin Menjalani Pekerjaan Tanpa Beban? Coba Terapkan 5 Prinsip Ini

2. Sikap Malas Mampu Bunuh Motivasi Kerja

Tidak bisa dipungkiri bahwa sikap malas ini hampir semua orang memilikinya. Dan, sikap ini sering menjadi penghancur masa depan banyak orang dalam bekerja. Sifat malas bisa muncul dari dalam diri Anda sendiri dan juga dari lingkungan Anda. Baik di lingkungan kerja maupun lingkungan keluarga, malas membuat orang semakin tenggelam ke dalam jurang ketertinggalan dari orang lain.

Sikap malas yang ada pada diri Anda ini jika dibiarkan terus-menerus semakin lama akan memnjarakan Anda dan Anda sendiri akan sulit keluar darinya. Jadi yang harus Anda lakukan adalah mengubahnya sedikit demi sedikit meski itu bukanlah perkara yang gampang.

3. Jenuh Dengan Aktifitas yang Monoton Tanpa Tantangan

Anda perlu mewaspadai hal ini, keadaan yang monoton tanpa tantangan sedikitpun akan membawa Anda kepada kejenuhan dalam bekerja. Jenuh dalam pekerjaan ini sangat mungkin dan sering sekali menimpa kita dalam bekerja. Kejenuhan pada tingkat yang tinggi bisa membunuh motivasi kerja Anda dalam bekerja, sehingga akan membuat Anda malas-malasan sehingga membuat Anda tidak maksimal dalam bekerja.




Jika ini terjadi pada Anda, maka Anda harus segera mencari sesuatu yang lebih menantang dalam pekerjaan Anda. Atau setidaknya Anda bisa sedikit mengalihkan pekerjaan sehari-hari dengan aktifitas ringan lain agar Anda bisa kembali fresh dan semangat dan motivasi bekerja bisa tumbuh lagi.

Baca juga: Hilangkan Kebiasaan Menunda Pekerjaan Bisnis Dengan Cara Ini

4. Perasaan Kecewa Dengan Hasil

Ini yang paling sering membuat kita patah semangat sehingga motivasi kerja atau berbisnis menghilang. Bagaimanpun juga orang yang bekerja ingin mendapatkan hasil yang maksimal, namun jika ternyata kenyataan berkata sebaliknya, maka ini bisa menjadi pukulan yang berat pada diri kita. Semua orang jika mengalami keadaan seperti ini pasti mengalami kekecewaan yang teramat dalam.

Namun bagaimana menyikapi keadaan inilah yang menjadi pembeda antara orang sukses dan orang gagal. Kecewa adalah manusiawi, namun jangan lantas Anda berhenti begitu saja, jadikan hal itu sebagai pengalaman untuk menapaki perjalanan selanjutnya. Anggap saja itu adalah ilmu untuk bekal Anda dalam menjalankan pekerjaan atau bisnis selanjutnya.

Itulah di antara banyak penyebab yang sering membuat seseorang terjerembab dalam demotivasi yang dalam. Kondisi seperti ini bisa menimpa siapa saja, bahkan bagi seorang pengusaha yang sukses sekalipun juga sering mengalami hal seperti ini.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud