Waspada! Celah Keamanan Ini Bisa Mengancam Jutaan Smartphone Samsung Galaxy

smartphone samsung galaxy

Saat mendengar kata smartphone #Android, salah satu hal yang langsung terlintas di benak kita pasti brand Samsung. Brand besar asal Korea ini memang sukses merajai pasar smartphone Android melalui ragam inovasi produknya. Bahkan sejumlah negara-negara di Asia mengandalkan smartphone Samsung sebagai salah satu perangkat teknologi yang bersain ketat dengan iPhone dari Apple.

Segala kemudahan yang difasilitasi #smartphone Samsung memang bisa membantu aktivitas kita secara praktis. Tapi tampakya kita harus lebih berhati-hati dengan celah keamanan besar yang baru saja ditemukan pada smartphone Samsung Galaxy.

Celah Keamanan Smartphone Samsung Galaxy

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh perusahaan NowSecure di Chicago terhadap celah keamanan smartphone Samsung Galaxy ternyata memperoleh hasil yang mengejutkan. Enam ratus juta perangkat Samsung Galaxy terindikasi memiliki bug di bagian swift keyboard. Bug tersebut membuat para hacker leluasa untuk mengendalikan jaringan pengguna melalui kode arbitary pada smartphone tersebut.

Artikel lain: Apa Itu Heartbleed dan Apa Mitos Seputar Celah Keamanan Heartbleed?

Mekanisme Serangan Hacker Melalui Swift Keyboard

Swift keyboard adalah salah satu fitur yang tidak mungkin di-uninstall dari perangkat Samsung Galaxy. Sebagian dari fungsi smartphone yang bisa diakses melalui swift keyboard menjadi celah rentan yang bisa dimanfaatkan oleh hacker. Sang hacker bisa saja memasukkan Malware di smartphone melalui celah keamanan pada swift keyboard.




Selanjutnya, Malware yang sudah masuk ke smartphone Samsung Galaxy kesayangan kita bisa mengakses kamera, GPS, menyadap panggilan telepon dan pesan, mengubah penggunaan aplikasi bahkan mencuri foto dan pesan teks yang kita miliki. Hal ini tentu sangat berbahaya dan membuat data-data kita di smartphone jadi rentan dicuri dan digunakan untuk kepentingan yang disalahgunakan.

Mengantisipasi Lengahnya Celah Keamanan

Demi mengantisipasi lengahnya celah keamanan yang ditemukan pada Samsung Galaxy, perusahaan NowSecure sudah memberitahukan Samsung mengenai bahaya tersebut sejak Desember 2014. Dan sebagai salah satu langkah antisipasinya, Samsung mulai menyediakan patch operator untuk melindungi jaringannya sejak awal 2015. Kendati demikian, penyediaan patch operator tersebut belum dipastikan bisa melindungi seluruh pengguna Samsung Galaxy yang jumlahnya mencapai ratusan juta dan tersebar di berbagai belahan dunia.

Beberapa smartphone tipe Samsung Galaxy yang dikabarkan memiliki celah keamanan tersebut diantaranya Samsung Galaxy seri S4 hingga S6 serta Samsung Galaxy S4 Mini.

Melakukan Tindakan Lain untuk Meminimalkan Pencurian Data

Karena swift keyboard bersifat permanena pada smartphone Samsung Galaxy, maka salah satu cara untuk mengantisipasi pencurian data melalui celah keamanan yakni dengan memperhatikan penggunaan jaringan wi-fi. Kita sebaiknya menghindari penggunaan jaringan wi-fi di tempat umum dengan sumber jaringan yang belum bisa dipastikan keamanannya.

Celah lainnya bisa terjadi karena swift key memiliki kemampuan untuk memprediksi kata-kata dan update bahasa. Sehingga sebaiknya proses update bahasa dihindari sebelum Samsung berhasil meng-cover celah keamanan pada seri Samsung Galaxy tersebut.




Sementara itu CMO Samsung, Joe Braidwood menyatakan kalau celah keamanan tersebut masih memiliki risiko yang rendah untuk menjangkiti smartphone Samsung Galaxy sebab hacker dinilai membutuhkan perangkat khusus untuk bisa mengakses smartphone secara personal.

Baca juga: Google Project Vault, Teknologi MicroSD Anti-Hacker

Meskipun pihak Samsung berusaha meyakinkan penggunanya kalau celah keamanan tersebut tidak memiliki risiko yang besar, namun berhati-hati dalam menggunakan smartphone Samsung akan menjadi salah satu langkah antisipasi yang baik. Jangan sampai data-data kita dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Teliti saat membeli smartphone akan menjauhkan kita dari risiko pencurian data. Bukan hanya harus mempelajari fitur-fitur yang kita butuhkan, mempelajari celah keamanan suatu produk smartphone juga menjadi salah satu hal yang harus dilakukan sebelum memutuskan untuk membeli smartphone tersebut.



2 total comments on this postSubmit yours
  1. wah ada ada saja ya info yang gak mengenakkan hehehe

    • Nggak mengenakan bagaimana mas? Bagus infonya menurut saya, muehehe :D

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud