Wah, Fitur Kartu Now Google Rilis Perdana di Indonesia! 

Wah, Fitur Kartu Now Google Rilis Perdana di Indonesia! 

Image dari Pasarpolis.com
Image dari Pasarpolis.com

Senangnya menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan yang selalu kita rindukan. Bisa berkumpul bersama orang-orang tercinta memang menjadi salah satu anugerah terindah, ya. Kita jadi bisa saling berbagi dan bersilaturahmi dengan keluarga, sahabat dan kerabat yang berada di tempat yang jauh.

Kini menjalani ibadah puasa semakin terasa mudah dan menyenangkan dengan dukungan teknologi canggih lho. Kita bisa mengakses informasi tentang waktu berbuka dan imsak, tips kesehatan selama berpuasa atau resep hidangan berbuka melalui #internet. Pemanfaatan teknologi untuk mendukung ibadah puasa ini juga dimanfaatkan oleh Google untuk meluncurkan Kartu Now (Now Cards) di Indonesia.

Mengapa Indonesia Jadi Negara Pertama?

Indonesia mendapat kehormatan sebagai negara pertama yang menjadi tempat peluncuran aplikasi Kartu Now dari #Google Now. Aplikasi ini sudah bisa diunduh secara gratis melalui Google Play Store sejak awal bulan Ramadan.

Menurut tim Google, Indonesia menjadi tempat pertama peluncuran #aplikasi Kartu Now berdasarkan riset yang dilakukan pada tahun lalu. Karena ternyata hasil pencarian Google tentang aktivitas bulan Ramadan di Indonesia memiliki jumlah yang sangat tinggi. Dengan meluncurkan Kartu Now di Indonesia, Google berharap hal tersebut bisa jadi upaya penyesuaian dengan kebiasaan masyarakat Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam.

Artikel lain: Bocoran 8 Keputusan Penting Dari Konferensi Google I/O 2015

Ragam Fitur Bermanfaat Di Kartu Now

Secara garis besar, ada 3 tema utama yang dihadirkan pada Kartu Now edisi Ramadan yaitu tema perencanaan, makanan dan hiburan. Menurut Veronica Utami selaku Head of Marketing Google Indonesia, tema perencanaan akan diisi oleh sejumlah informasi seperti waktu berbuka dan waktu imsak serta informasi mengenai kondisi kemacetan di jalan raya.

Sedangkan untuk tema makanan, Kartu Now akan menghadirkan sejumlah inspirasi kartu resep untuk berbuka puasa maupun sahur. Kreasi makanan yang akan ditampilkan juga sangat beragam mulai dari hidangan takjil hingga hidangan utama.

Kalau sudah memperoleh banyak informasi dari tema perencanaan dan makanan, selanjutnya kita juga bisa menikmati tema hiburan pada Kartu Now. Untuk melengkapi tema hiburan, Google menjalin kerjasama dengan beberapa pihak untuk membuat beragam konten kreatif. Konten yang terdapat pada tema hiburan Kartu Now antara lain adalah tutorial hijab oleh Raisa Cherryl, video musik dari band Lyla dan Nour serta Kokiku TV yang menyajikan video tutorial memasak.

Seluruh konten hiburan yang sudah dibuat oleh Google akan diunggah ke #Youtube sekaligus bisa langsung disaksikan dari Kartu Now. Kehadiran Kartu Now diharapkan dapat memberikan pengalaman baru bagi para pengguna aplikasi Google. Sehingga nantinya para pengguna Google bisa menemukan hal-hal kecil dengan mudah dan bisa memberikan fokus yang lebih besar kepada hal-hal penting lainnya.

Yang lebih istimewa lagi, semua fitur yang ada di Kartu Now bisa diakses dari perintah suara. Cukup dengan mengatakan “resep menu sahur” atau “playlist ngabuburit”, maka Kartu Now akan segera menerbitkan hasil pencarian yang kita inginkan. Seru dan canggih ya aplikasi anyar Google yang satu ini.

Kartu Now Mungkin Diterbitkan untuk Edisi Lainnya

Tak hanya berpuas diri dengan Kartu Now edisi Ramadan, Google juga merencanakan pembuatan Kartu Now untuk tema-tema lainnya. Sebab Kartu Now akan diciptakan untuk terhubung dengan momen-momen besar di tempat tertentu, seperti halnya momen Ramadan yang dirayakan oleh mayoritas masyarakat di Indonesia. Beberapa momen besar di Indonesia tentu menjadi hal yang tak kalah menarik sebagai inspirasi pengembangan Kartu Now di masa depan.

Baca juga: Business Coach: Publisher Google Adsense Tidak Bisa Disebut Pebisnis!

Sehingga Kartu Now dari Google bisa menjadi salah satu aplikasi yang bermanfaat bagi kehidupan masyarakat Indonesia. Bukan cuma soal #teknologi, namun juga mencakup nilai-nilai tradisi dan kehidupan berbangsa di Indonesia.

Sudah mengunduh dan menggunakan Kartu Now edisi Ramadan? Kalau belum, kita bisa segera mencobanya sekarang dengan mengunduhnya melalui #smartphone atau gadget berbasis Android.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan