ViralNova ~ Berbekal Kekuatan Viral, Website Ini Laku Terjual US$ 100 Juta

Image dari Newswhip.com

Image dari Newswhip.com

Bisnis online memang menjanjikan keuntungan yang luar bisa besarnya. Ada banyak sekali model #bisnis online yang bisa dijalankan untuk menghasilkan pemasukan dari internet. Mulai dari membuat toko online, menjalankan bisnis affiliasi, menjadi publisher dan masih ada banyak lagi yang lainnya.

Di luar negeri – khususnya Amerika – bisnis internet ini sudah berkembang sejak lama. Dan macamnya pun juga sangat banyak.

Membuat #website dan atau membangun sebuah blog juga merupakan salah satu cara yang bisa ditempuh untuk menjalankan bisnis online. Dari sebuah website atau blog yang kita bangun, akan ada banyak cara yang bisa Anda gunakan untuk memonetisasi blog sehingga bisa menghasilkan uang. Dan potensi uang yang bisa Anda dapatkan pun bisa sangat besar.

Mungkin saat ini Anda belum mampu membangun blog dengan mempekerjakan karyawan tetap, jangan berkecil hati. Di bawah ini ada cerita kesuksesan sebuah website yang hanya dibangun oleh perseorangan dan nyatanya web tersebut berhasil terjual dengan angka fantastis 100.000.000 US Dollar! Luar biasa bukan.

Tentang Website ViralNova

Website atau media #startup yang dikelola oleh Scott DeLong ini memiliki kisah yang menarik. Situs ini dijalankan oleh Scott DeLong, dibantu oleh dua orang penulis lepas. Alih-alih adanya investor yang mendanai situs ini, bahkan karyawan tetap pun tidak ia miliki.

Dengan profil situs seperti itu, terhitung sangat luar biasa bahwa website ini mampu menjaring berkisar seratus juta pembaca tiap bulan dan terjual dengan harga yang sangat wah. Website ini telah diakuisisi dengan harga US$ 100 juta oleh media digital Zealot Networks dalam bentuk tunai dan saham.

Website ini diluncurkan pada pertengahan 2013 dengan beberapa iklan #Google di beberapa halamannya. ViralNova memanfaatkan konten berupa cerita ringan seputar kehidupan sosial masyarakat. Website ini menggunakan sosial media sebagai media kampanye untuk mendapatkan visitor nya.

Dengan konten cerita yang selalu membuat penasaran pembaca, kemudian memanfaatkan sosial media, menjadikan artikel mereka konten viral sehingga mudah sekali tersebar melalui #media sosial. Situs ini mampu menghasilkan jutaan dolar per tahun.

Artikel lain: Wikileaks – Situs Kontroversial Penebar Top Secret Dunia

ViralNova lebih sering memanfaatkan banyaknya pengguna #Facebook untuk menyebarkan konten mereka. Bahkan bisa dikatakan, termasuk salah satu media yang tumbuh dan berkembang melalui “jasa” Facebook. Situs ini juga pernah mengalami penurunan ketika pada tahun lalu Facebook memperbarui algoritma NewsFeed nya. Tidak hanya ViralNova yang terkena dampak, namun kompetitornya yang lain juga mengalami hal yang sama.




Owner ViralNova Hampir Menyerah

Perjalanan website ini sebenarnya juga tidak selancar yang kita bayangkan. Ada lika-liku sampai situs ini terjual dengan harga yang demikian tinggi. Terutama dari pengelola atau pemilik website itu sendiri. Dalam pengembangannya, situs ini bukanlah yang pertama yang dikelola oleh pemilik nya yaitu Scott DeLong.

Ada beberapa website yang pernah ia kembangkan sebelumnya dan mampu menghasilkan uang meskipun tidak banyak. Pada suatu saat Scott DeLong pernah merasa akan menyerah dan melempar handuk putih dalam menjalankan bisnis online-nya.

Bisnis yang bisa dikatakan sukses dari pemuda 32 tahun asli Ohio ini adalah sebuah website yang berhasil meraup $ 500 tiap bulan dari iklan Google. DeLong melaunchingnya ketika ia berumur 20 an tahun tak lama setelah Scott DeLong lulus dari Kent State University. Websitenya kemudian yang juga sukses adalah GodVine yang memiliki top rank 1.500 di Alexa.

Baca juga: How-old.net, Situs Pendeteksi Usia Karya Microsoft Yang Mengundang Antusiasme

Nah, ViralNova ini adalah versi yang lebih luas dari GodVine yang mempublikasikan konten viral tanpa adanya embel-embel agama. Setelah delapan bulan diluncurkan, situs itu berkembang dengan sangat cepat dan signifikan. Perkembangan yang sangat luar biasa ini membuat DeLong menjadi kewalahan sendiri dan membuatnya bekerja sangat keras. Meskipun situs ini mampu memberikan pemasukan yang lumayan, namun bekerja selama 16 jam setiap hari begitu menyiksanya.

Singkat cerita, ViralNova kemudian dijual pada Zealot Media dengan harga US$ 100 juta berupa uang tunai dan saham. Sekarang, perkembangan situs ini semakin cepat dan begitu signifikan. Bahkan sampai hari ini ViralNova memiliki 22 karyawan tetap dan sudah menghasilkan US$ 35 juta tahun ini.




3 total comments on this postSubmit yours
  1. wah …mahal banget ya harga websitenya …..

  2. keren blognya.. mahal banget di beli..

  3. sudah berkunjung ke websitenya
    webnya isinya berita dan banyak gambar
    ini masuk jenis portal berita?

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud