Vine Kids, Aplikasi Pembuat Video Untuk Anak Dari Twitter

Vine-Kids-Aplikasi-Pembuat-Video-untuk-Anak

Media sosial dan dunia teknologi kini bukan hanya milik kaum dewasa. Karena saat ini anak-anak sudah tak mau lagi ketinggalan dengan perkembangan yang ada. Buktinya, pemandangan anak-anak yang asyik bermain #gadget dan perangkat eletronik lainnya akan mudah sekali terlihat disekitar kita. Keadaan ini mungkin saja sering Anda alami di rumah Anda sendiri ketika anak-anak Anda lebih banyak menghabiskan waktu dengan gadgetnya.

Jika hal ini terjadi, tentu saja Anda harus segera waspada karena #teknologi dan media sosialnya mengandung unsur negatif jika tak dibatasi. Saat ini kekhawatiran Anda bisa berkurang sedikit karena beberapa pihak pelaku dunia teknologi telah melakukan inovasi untuk mencegah dampak negatif internet pada anak.

Salah satu pihak yang melakukan inovasi pencegahan dampak negatif internet tersebut adalah #Twitter. Tanggal 31 Januari 2015 kemarin, Twitter resmi merilis aplikasi Vine Kids, sebuah aplikasi video yang dikhususkan untuk anak-anak. Vine yang telah diluncurkan tahun 2012 dan memiliki 40 juta pengguna ini memang banyak memuat konten untuk kaum dewasa. Maka untuk mengakomodasi anak-anak, pihak Twitter mengeluarkan Vine Kids yang terpisah dari Vine sebelumnya dan menjadi stand alone app.

Saat ini aplikasi Vine Kids hanya bisa berjalan pada #smartphone iOS. Untuk platform Android sendiri pihak Vine masih belum bisa dimenentukan waktu peluncurannya. Lalu seperti apakah aplikasi vine kids ini sebenarnya? Berikut ulasannya.

Perbedaan Dengan Vine Sebelumnya

Jika dibandingkan dengan Vine induknya, Vine Kids sebenarnya tidak memiliki perbedaan yang besar dan signifikan. Jika vine induk menampilkan video-video berdurasi 6 detik, maka vine kids juga demikian, menayangkan video 6 detik. Perbedaan yang ada pada kedua jenis vine sendiri terletak pada jenis konten (isi) dan tampilannya.

Konten pada vine kids ini menyajikan video-video khusus untuk anak sedangkan Vine versi original dipenuhi dengan konten dewasa. Dari segi tampilan (interface), Vine Kids dibuat dengan warna dan gambar yang cocok dengan anak-anak yang akhirnya nampak berbeda dengan vine versi pendahulunya.

Keunikan dan Kelebihan Vine Kids

Vine kids ini dikhususkan untuk anak-anak, maka konten video yang ada didalamnya pun banyak berhubungan dengan anak-anak. Video pada Vine Kids tersebut seperti video animasi, video kartun, video hewan dan lain-lain. Pihak Vine sendiri menuturkan bahwa pihaknya setiap hari bekerja memilah-milah dari jutaan video yang ada untuk ditampilkan pada vine kids. Sedangkan pada tampilannya sendiri, Vine Kids sangat bersahabat dengan anak-anak.

Dengan beragam gambar karakter lucu dan warna cerah yang berwarna-warni vine kids semakin mengukuhkan tema anak-anak yang digadang-gadang. Kelebihan lain dari vine kids ini adalah video bisa diganti degan cara menggeser layar jika anak sudah bosan pada satu video yang sudah ditontonnya.

Orangtua Bisa lebih Tenang

Seperti pembahasan sebelumnya, dampak negatif dari perkembangan teknologi bisa membahayakan anak-anak yang seringkali kini terlihat terbiasa mengakses dunia #intenet. Beberapa konten dewasa dan tidak pantas yang ada pada media sosial ini tentu harus segera dicegah ketika anak-anak sudah mulai banyak yang ikut mengakses.

Pencegahan ini kini sudah mulai dilakukan oleh Twitter saat aplikasi vine orisinal nya telah mencapai jutaan video. Twitter saat itu melakukan pemilahan dengan memberikan label dewasa pada video yang dianggap tidak cocok untuk anak-anak. Maka pada tahun ini lahirlah aplikasi Vine Kids, sebuah aplikasi Vine khusus anak-anak. Vine kids ini diharapkan bisa mengurangi dan meminimalisir dampak negatif dari jaringan internet.

Dengan menghadirkan konten video yang sesuai dengan usia anak-anak jelas akan menjadikan orang tua lebih tenang dan tak khawatir. Meski begitu, Anda tetap harus waspada pada anak-anak pengguna gadget karena pencegahan ini hanya dilakukan pada Vine Twitter.




Baca juga: Harapan yang Ingin Diwujudkan Twitter di Tahun 2015

Ada banyak media sosial dan diantaranya banyak yang belum memiliki pencegah seperti Vine. Dengan semakin tingginya dampak negatif dari sosial media, maka bukan tidak mungkin terobosan dari vine ini akan banyak ditiru oleh pelaku teknologi dan media sosial lainnya.




1 comment on this postSubmit yours
  1. Anak-anak saya juga sudah mengenal Vine. Menyenangkan sekali kalau ada aplikasi vine khusus untuk anak-anak. Orang tua pasti lebih tenang. Terima kasih untuk infonya

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud