Beranda Umum Teks Prosedur: Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis, Struktur Teks Prosedur

Teks Prosedur: Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis, Struktur Teks Prosedur

Pengertian Teks Prosedur

Pengertian Teks Prosedur

Apa yang dimaksud dengan teks prosedur (procedure text)? Secara umum, pengertian teks prosedur adalah suatu teks yang berisi tentang langkah-langkah untuk melakukan sesuatu secara tepat dan berurutan sehingga hasil yang diinginkan dapat tercapai.

Pendapat lain mengatakan pengertian teks prosedur adalah teks yang memuat tentang cara dan tahap-tahap untuk membuat atau melakukan sesuatu secara berurutan. Jenis teks ini mengandung kata perintah (imperatif) untuk melakukan sesuatu sehingga pembaca melakukan perintah sesuai dengan teks tersebut.

Seluruh tulisan dalam procedure text saling terkait satu sama lainnya, mulai dari awal hingga akhir. Selain itu, teks ini juga berisi keterangan-keterangan sehingga memudahkan pembaca untuk memahaminya. Dengan kata lain, tujuan dibuatnya jenis teks ini adalah untuk memudahkan pembaca/ pendengar dalam melakukan sesuatu dengan benar sehingga hasil yang didapatkan sesuai dengan keinginan.

Baca juga: Teks Eksplanasi

Ciri-Ciri Procedure Text

Procedure text memiliki karakteristik yang berbeda dengan jenis teks lainnya. Adapun ciri-ciri teks prosedur adalah sebagai berikut:

1. Menggunakan Imperatif

Kalimat imperatif adalah kalimat yang sifatnya memberikan perintah dan berfungsi untuk meminta atau melarang seseorang agar tidak melakukan sesuatu.

Contoh;

  • Mohon menjaga kebersihan lingkungan!
  • Dilarang merokok di dalam ruangan ber-AC!
  • Kerjakan tugas Anda dengan benar dan tepat waktu!

2. Menggunakan Kata Kerja Aktif

Kata kerja aktif adalah jenis kata yang menyatakan melakukan suatu tindakan kepada atau kegiatan kepada objeknya. Kata kerja ini mendapat awalan mem- dengan atau tanpa akhiran kan.

Contoh;

  • Mengangkat
  • Meningkatkan
  • Memegang
  • Menggantung

3. Menggunakan Konjungsi

Jenis teks ini menggunakan konjungsi atau kata penghubung untuk mengurutkan suatu kegiatan dan bersifat kronologis.

Contoh;

  • Setelah itu
  • Selanjutnya
  • Kemudian
  • Lalu
  • Berikutnya

4. Menggunakan Kata Keterangan

Jenis teks ini memakai kata keterangan untuk menyatakan waktu, tempat, dan cara secara rinci. Fungsi kata keterangan tersebut untuk memberikan keterangan terhadap kata lain.

Contoh;

  • Joko pergi ke rumah paman tadi sore.
  • Bowo memotong kue dengan pisau plastik.

5. Terdapat Tujuan yang Ingin Dicapai, Langkah-Langkah, dan Penutup.

Seperti yang telah dijelaskan di paragraf awal, jenis teks ini pada umumnya menjelaskan tujuan yang ingin dicapai, langkah-langkah yang harus di lakukan, dan kata-kata penutup.

6. Menggunakan Kalimat Saran dan Larangan

Procedure text biasanya menggunakan kalimat yang bersifat larangan atau memberikan saran kepada pembaca atau pendengarnya.

7. Menggunakan Akhiran -i dan -kan

Pada umumnya jenis teks ini menggunakan akhiran -i dan -kan pada kata kerja yang digunakan.

Contohnya;

  • Kamu harus menyirami bunganya setiap hari.
  • Coba lemparkan bola tersebut ke atas.

Baca juga: Teks Eksposisi

Jenis-Jenis Teks Prosedur

Jenis-Jenis Teks Prosedur

Pada dasarnya jenis teks ini dibuat agar pembaca/ pendengar dapat memahami dan melakukan sesuatu dengan baik. Menurut cara penyajiannya, teks prosedur dapat dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

1. Teks Prosedur Sederhana

Jenis teks ini dibuat dengan sangat sederhana dan umumnya hanya terdiri dari dua atau tiga langkah saja. Di dalam teks ini hanya terdapat bagian-bagian yang paling penting saja, sementara bagian awal tidak dijelaskan.

Sebagai contoh, dalam tutorial penggunaan mesin cuci biasanya penjelasannya tidak dimulai dari proses membuka kemasan atau menarik kabel tapi dimulai dari cara menghidupkannya dan seterusnya.

2. Teks Prosedur Kompleks

Jenis teks ini menjelaskan langkah-langkah atau tahapan tentang cara melalukan sesuatu secara mendetail. Seringkali terdapat sub-langkah dalam setiap tahapan serta ada penjelasan mengenai alat dan bahan yang diperlukan.

Sebagai contoh, dalam tutorial cara menggunakan mesin cuci dijelaskan prosesnya secara mendetail, mulai dari menancapkan kabel, menekan tombol ON, dan seterusnya. Langkah-langkah yang disajikan dengan jelas akan mudah dipahami dan dilakukan oleh pembaca/ pendengar.

3. Teks Prosedur Protokol

Dalam teks ini terdapat prosedur yang sifatnya fleksibel karena langkah-langkahnya tidak harus berurutan. Meskipun begitu, hasil akhir yang didapatkan akan tetap sama.

Sebagai contoh, tutorial cara memasak nasi goreng dimana setiap orang pasti memiliki caranya masing-masing yang berbeda. Namun, pada akhirnya hasil akhirnya akan sama, yaitu nasi goreng.

Baca juga: Pengertian Paragraf

Struktur Teks Prosedur

Struktur Teks Prosedur

Penulisan procedure text harus dilakukan dengan memperhatikan struktur teks yang baik dan benar. Berikut ini adalah beberapa hal yang termasuk di dalam struktur teks prosedur:

1. Tujuan

Ini merupakan bagian awal yang harus ada di dalam procedure text. Bagian awal tulisan harus terdapat tujuan dibuatnya teks prosedur tersebut sehingga para pembaca mengetahui untuk apa teks tersebut dibuat.

Sebagai contoh, pada tutorial cara membuat nasi goreng. Pada teks tersebut harus terdapat tujuan tertentu yang membuat pembaca tertarik ingin mencoba prosedur tersebut.

Misalnya, disebutkan tujuannya adalah agar pembaca bisa membuat nasi goreng dengan cita rasa ala masakan ibu. Dengan menyajikan tujuan yang unik maka pembaca akan tertarik untuk mencobanya.

2. Material

Pada bagian ini dijelaskan mengenai peralatan dan bahan yang diperlukan untuk melakukan prosedur tersebut. Namun, beberapa teks prosedur tidak menyertakan bagian ini karena tidak semua jenis prosedur selalu membutuhkan peralatan dan bahan khusus. Misalnya pada tutorial cara menggunakan mesin cuci, tentunya tidak ada peralatan atau bahan khusus yang harus dijelaskan secara detail.

3. Langkah-Langkah

Ini adalah bagian utama dari procedure text karena pada ini pembaca mulai mengerti dan melakukan sesuatu sesuai dengan langkah-langkah yang dijelaskan. Bagian ini harus dibuat dengan bahasa yang mudah dimengerti karena nantinya akan berpengaruh pada hasil akhir.

Baca juga: Pengertian Deskripsi

Demikianlah penjelasan ringkas mengenai pengertian teks prosedur, ciri-ciri, jenis-jenis, dan struktur teks prosedur. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.