Beranda Umum Pengertian Transportasi: Fungsi, Manfaat, Jenis dan Contoh Alat Transportasi

Pengertian Transportasi: Fungsi, Manfaat, Jenis dan Contoh Alat Transportasi

Pengertian transportasi adalah

Pengertian Transportasi Adalah

Apa yang dimaksud dengan transportasi/ angkutan? Pengertian transportasi adalah proses pemindahan atau pengangkutan manusia, hewan, dan barang, dari suatu tempat menuju tempat lain dengan menggunakan alat transportasi.

Ada juga yang menyebutkan bahwa pengertian transportasi adalah pemindahan manusia atau barang dari suatu tempat ke tempat lainnya dengan menggunakan alat atau kendaraan yang digerakkan oleh manusia atau mesin.

Terdapat 5 unsur utama transportasi, yaitu:

  1. Manusia, yang memerlukan transportasi
  2. Barang, yang dibutuhkan manusia
  3. Kendaraan, sarana untuk transportasi
  4. Jalan, prasarana untuk transportasi
  5. Organisasi, pengelola kegiatan transportasi

Sebagian besar kegiatan manusia sehari-hari berhubungan dengan penggunaan alat transportasi. Dengan alat pengangkutan tersebut maka manusia lebih mudah untuk berpindah tempat atau memindahkan barang ke tujuan tertentu.

Baca juga: Pengertian Akomodasi

Pengertian Transportasi Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami apa arti transportasi, maka kita dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli berikut ini:

1. Steenbrink

Menurut Steenbrink (1974), pengertian transportasi adalah perpindahan orang atau barang dengan menggunakan alat atau kendaraan dari dan ke tempat-tempat yang terpisah secara geografis.

2. Morlok

Menurut Morlok (1981), pengertian transportasi adalah kegiatan memindahkan atau mengangkut sesuatu dari suatu tempat ketempat lainnya.

3. Bowersox

Menurut Bowersox (1981), pengertian angkutan adalah perpindahan barang atau penumpang dari suatu tempat ke tempat lain, dimana produk dipindahkan ke tempat tujuan.

4. Hasim Purba

Menurut Hasim Purba, pengertian transportasi adalah kegiatan pemindahan manusia dan atau barang dari suatu tempat ke tempat lain baik melalui darat, perairan, maupun udara dengan menggunakan alat angkutan tertentu.

5. Soegijatna Tjakranegara

Menurut Soegijatna Tjakranegara, pengertian transportasi adalah memindahkan barang (commodity of goods) dan penumpang dari suatu tempat ketempat lain, sehingga pengangkut menghasilkan jasa angkutan atau produksi jasa bagi masyarakat yang membutuhkan untuk pemindahan atau pengiriman barang-barangnya.

6. Miro

Menurut Miro, pengertian transportasi adalah usaha memindahkan, menggerakkan, mengangkut, atau mengalihkan suatu objek dari suatu tempat ke tempat lainnya di mana di tempat tersebut objek yang dipindahkan lebih bermanfaat atau bermanfaat untuk tujuan-tujuan tertentu.

Baca juga: Pengertian Logistik

Fungsi Transportasi

Alat transportasi memiliki beberapa fungsi utama bagi manusia. Adapun beberapa fungsi transportasi adalah sebagai berikut:

  • Sebagai alat untuk memudahkan kegiatan manusia sehari-hari.
  • Sebagai alat untuk melancarkan proses perpindahan manusia dan atau barang keperluan manusia.
  • Sebagai media yang dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan pembangunan di daerah tertentu.
  • Sebagai media yang dapat menunjang pertumbuhan dan perkembangan ekonomi nasional melalui bisnis jasa transportasi.

Baca juga: Pengertian Distribusi

Manfaat Transportasi

Secara umum, manfaat transportasi dapat dibagi menjadi empat. Beberapa manfaat transportasi adalah sebagai berikut:

1. Manfaat Bagi Ekonomi

Seperti kita ketahui bahwa sebagian besar kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh manusia membutuhkan transportasi untuk memindahkan manusia, hewan, dan barang.

Artinya, setiap transaksi ekonomi yang terjadi melibatkan bisnis jasa angkutan. Tanpa adanya jasa transportasi maka kegiatan ekonomi akan berjalan sangat lambat, atau bahkan bisa jadi lumpuh.

2. Manfaat Bagi Sosial

Manusia merupakan mahluk sosial yang selalu membutuhkan satu sama lainnya. Dengan adanya transportasi maka akan memudahkan dalam berinteraksi satu sama lain.

Beberapa manfaat transportasi bagi sosial diantaranya;

  • Mempercepat proses perpindahan manusia dari suatu tempat ke tempat lainnya.
  • Memudahkan proses pertukaran informasi dari setiap daerah.
  • Menjadi sarana pelayanan bagi masyarakat, baik perorangan maupun kelompok.
  • Membuka peluang bisnis di bidang jasa angkutan atau perjalanan.

3. Manfaat untuk Kewilayahan

Indonesia terdiri dari banyak pulau sehingga dibutuhkan alat transportasi agar bisa menjangkau setiap daerah di negara kita.  Itu sebabnya pembangunan prasarana untuk transportasi (jalan raya dan tol laut) sangat dibutuhkan agar daerah-daerah pedalaman dapat dijangkau sehingga proses pemenuhan berbagai kebutuhan di daerah tersebut dapat dilakukan.

4. Manfaat Secara Politis

Transportasi juga memiliki manfaat secara politis, khususnya di Indonesia. Adapun beberapa manfaa transportasi secara politis diantaranya;

  • Mempersatukan setiap wilayah Indonesia.
  • Meningkatkan keamanan negara Indonesia.
  • Memudahkan dalam perluasan pelayanan bagi masyarakat.
  • Memudahkan dalam mengakses tempat-tempat tertentu, termasuk ketika terjadi bencana.

Baca juga: Pengertian Masyarakat

Jenis-Jenis Transportasi

Secara umum, ada tiga jenis transportasi yang sering digunakan oleh manusia. Mengacu pada pengertian transportasi, adapun beberapa jenis dan contoh alat transportasi adalah sebagai berikut:

A. Transportasi Darat

Transportasi darat terdiri dari dua kelompok, yaitu:

1. Transportasi Jalan Raya

Ini merupakan kendaraan yang beroperasi dengan menggunakan jalan aspal/ beton. Beberapa prasarana yang dibutuhkan adalah jalan raya, jembatan, halte, rambu lalu lintas, dan lainnya.

Alat transportasi jalan raya diantaranya:

  • Mobil, baik mobil penumpang maupun mobil angkutan.
  • Sepeda motor, kendaraan roda dua dengan motor penggerak yang sangat banyak digunakan masyarakat Indonesia.
  • Sepeda, kendaraan roda dua yang digerakkan oleh manusia.

2. Kereta Api/ Listrik

Ini adalah kendaraan yang bergerak dengan menggunakan bahan bakar batu bara atau daya listrik, dimana arah lajunya sesuai dengan rel. Alat transportasi ini sangat populer digunakan karena selain karena lebih ekonomis, kereta api juga cukup cepat dan bebas macet. Beberapa prasarana yang dibutuhkan adalah rel kereta api, stasiun kereta, rambu kereta, rangkaian listrik, dan lainnya.

B. Transportasi Udara

Transportasi udara adalah kendaraan yang melakukan operasinya di udara, baik mengangkut manusia, hewan, maupun barang. Prasarana yang dibutuhkan transportasi udara adalah bandara udara, operator penerbangan, dan lainnya.

C. Transportasi Air

Transportasi air adalah semua kendaraan yang dapat melakukan operasinya di atas permukaan air, seperti perahu, kapal laut, feri, dan lainnya. Prasarana angkutan air yang paling dibutuhkan adalah pelabuhan sebagai tempat untuk mengangkut penumpang atau barang.

Baca juga: Pencemaran Udara

Demikianlah penjelasan ringkas mengenai pengertian transportasi, fungsi, manfaat, jenis-jenis transportasi yang umum digunakan manusia. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.

Loading...