Pengertian Penduduk: Faktor, Komposisi, dan Populasi Penduduk di Dunia

Di dalam artikel ini dibahas secara ringkas mengenai pengertian penduduk, bagaimana komposisi penduduk, faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk, serta populasi penduduk di dunia di beberapa negara hingga saat ini.

Pengertian Penduduk Adalah

Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan penduduk? Secara umum, pengertian penduduk adalah individu atau sekumpulan individu yang berdomisili atau bertempat tinggal di suatu wilayah sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku di wilayah tersebut.

Pendapat lain menyebutkan arti penduduk adalah semua orang (warga asli maupun warga asing) yang bertempat tinggal di wilayah geografis suatu negara selama kurang lebih enam bulan, dan atau mereka yang berdomisili kurang dari enam bulan namun memiliki tujuan untuk menetap.

Dari penjelasan tersebut maka dapat dipahami bahwa definsi penduduk dapat dibedakan menjadi dua, yaitu:

  1. Semua orang yang bertempat tinggal di suatu wilayah tertentu, yaitu warga asli setempat.
  2. Semua orang yang secara hukum memiliki hak untuk tinggal di suatu wilayah. Misalnya, mereka yang memiliki surat resmi untuk tinggal di suatu daerah atau wilayah tertentu, meskipun memilih berdomisili di tempat lain.

Baca juga: Pengertian Populasi

Pengertian Penduduk Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami apa itu penduduk, maka kita dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli berikut ini:

1. Jonny Purba

Menurut Jonny Purba, pengertian penduduk adalah orang yang menjadi dirinya pribadi maupun menjadi anggota keluarga, warga negara maupun anggota masyarakat yang memiliki tempat tinggal di suatu tempat di wilayah negara tertentu dan juga pada waktu tertentu.

2. A. A. Nurdiaman

Menurut A. A. Nurdiaman, penduduk adalah sekumpulan orang yang tinggal menetap dan juga berdomisili di dalam wilayah suatu negara.

3. Kartomo Wirosuhardjo

Menurut Kartomo Wirosuhardjo, pengertian penduduk adalah sejumlah orang yang mendiami suatu daerah tertentu. Dengan kata lain, jika suatu daerah didiami oleh banyak orang dan menetap di sana maka itu bisa diartikan bahwa mereka merupakan penduduk, terlepas mereka warga negara ataupun bukan.

4. P. N. H. Simanjuntak

Menurut P. N. H. Simanjuntak, definisi penduduk adalah orang-orang yang bertempat tinggal ataupun yang sedang berdomisili di dalam suatu negara.

5. Srijanti dan A. Rahman

Menurut Srijanti dan A. Rahman, pengertian penduduk adalah semua orang yang menempati suatu wilayah tertentu tanpa memandang status kewarganegaraannya.

Baca juga: Piramida Penduduk

Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Penduduk

Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Penduduk

Pengertian pertumbuhan penduduk adalah besarnya perubahan jumlah penduduk di suatu wilayah tertentu pada periode waktu tertentu dibandingkan dengan waktu sebelumnya. Ada tiga faktor utama yang memengaruhi tingkat pertumbuhan penduduk, berikut penjelasannya:

  1. Fertilitas, yaitu angka kelahiran hidup yang dimiliki oleh penduduk di suatu wilayah.
  2. Mortalitas, yaitu angka kematian penduduk yang terjadi di suatu wilayah.
  3. Migrasi, yaitu perpindahan penduduk dari suatu wilayah ke wilayah lainnya melampaui batas politik/ negara atau pun batas administratif/ batas bagian dalam suatu negara dengan tujuan untuk menetap atau permanen.

Berdasarkan faktor-faktornya tersebut, proses pertumbuhan penduduk terjadi dalam beberapa periode seperti berikut ini:

  • Periode statis, yaitu periode dimana angka kelahiran dan angka kematian sama-sama tinggi.
  • Periode pertumbuhan cepat, yaitu periode dimana angka kelahiran tinggi namun angka kematian cenderung menurun.
  • Periode pertumbuhan menurun, yaitu periode dimana angka kelahiran mengalami penurunan sedangkan angka kematian stabil hingga mendekati titik terendah.
  • Periode stationer, yaitu periode dimana angka kelahiran dan angka kematian mengalami keseimbangan.

Baca juga: Pengertian Warga Negara

Komposisi Penduduk

Komposisi Penduduk

Pengertian komposisi penduduk adalah susunan penduduk berdasarkan kriteria tertentu, seperti; usia, jenis kelamin, pendidikan, agama, dan lain-lain. Dalam hal ini, komposisi penduduk berguna sebagai acuan dasar dalam membuat dan menerapkan kebijakan pembangunan di suatu negara atau wilayah.

1. Komposisi Penduduk Berdasarkan Usia dan Gender

Susunan penduduk berdasarkan usia dan jenis kelamin dibuat dalam bentuk grafik batang secara horizontal. Komposisi penduduk (struktur penduduk) berdasarkan usia meliputi:

  • Struktur penduduk muda, yaitu kelompok penduduk yang di dalamnya terdapat orang-orang berusia 15 tahun ke bawah lebih dari 35%, sedangkan yang berusia 65 tahun ke atas hanya sekitar 3%.
  • Struktur Penduduk tua, yaitu kelompok penduduk yang di dalamnya terdapat orang-orang berusia 65 tahun ke atas lebih dari 35%, sedangkan yang berusia 15 tahun ke bawah hanya sekitar 3%.

2. Komposisi Penduduk Berdasarkan Angkatan Kerja

  • Struktur penduduk dimana penduduknya sudah aktif melakukan kegiatan ekonomi pada usia 15 tahun, meliputi; penduduk yang bekerja, penduduk yang punya pekerjaan namun tidak bekerja untuk sementara waktu, dan penduduk yang sedang mencari pekerjaan secara aktif.
  • Dengan mengetahui Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK), rumus:Komposisi penduduk

3. Komposisi Penduduk Berdasarkan Ketergantungan

  • Angka perbandingan yang menunjukkan besar beban tanggungan kelompok usia produktif terhadap kelompok usia tidak produktif.
  • Kelompok usia produktif umunya ada pada usia 15 tahun – 64 tahun, sedangkan kelompok usia tidak produktif yaitu usia di bawah 15 tahun dan di atas 64 tahun.Rumus Rasio Ketergantungan atau Dependency Ratio (DR)Komposisi penduduk
  • Komposisi penduduk ini terdiri dari tiga golongan, yaitu golongan rendah (usia <30), golongan sedang (usia 30 – 40), dan golongan tinggi (usia >41).

Baca juga: Pengertian Masyarakat

Populasi Pendududuk di Dunia

Populasi Pendududuk di Dunia

Menurut DSW (Deutsche Stiftung Weltbevoelkerung) sebuah Yayasan untuk Populasi Dunia di Jerman, populasi penduduk di dunia saat ini (akhir 2019) telah mencapai 7,75 miliar jiwa. Masih menurut DSW yang dilansir dari detik.com, peningkatan populasi manusia di dunia bertambah sebanyak 156 orang per menit.

Dari keseluruhan populasi penduduk dunia tersebut, sebagian besar diantaranya merupakan penduduk di kawasan Asia. Berikut ini adalah tabel beberapa negara di dunia berdasarkan jumlah penduduknya:

No.Nama NegaraJumlah Penduduk
1Republik Rakyat Tiongkok1.401.080.000 (tahun 2020)
2India1.353.810.000 (tahun 2020)
3Amerika Serikat332.509.000 (tahun 2020)
4Indonesia268.074.600 (tahun 2019)
5Pakistan218.352.000 (tahun 2020)
6Brasil212.529.000 (tahun 2020)
7Nigeria193.392.517 (tahun 2016)
8Bangladesh167.967.000 (tahun 2020)
9Rusia146.877.088 (tahun 2018)
10Meksiko126.577.691 (tahun 2019)

Baca juga: Pengertian Keluarga

Itulah penjelasan ringkas mengenai pengertian penduduk, faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk, komposisinya, serta populasi penduduk di beberapa negara di dunia. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.

Tinggalkan Balasan