Beranda Umum Pengertian Makalah: Struktur, Ciri-Ciri, Fungsi, dan Sistematika Makalah

Pengertian Makalah: Struktur, Ciri-Ciri, Fungsi, dan Sistematika Makalah

Pengertian Makalah Adalah

Pengertian Makalah Adalah

Apa yang dimaksud dengan makalah (papers)? Secara umum, pengertian makalah adalah jenis karya tulis yang membahas suatu permasalahan atau topik tertentu secara ilmiah berdasarkan hasil kajian teori atau kajian lapangan.

Pendapat lain menyebutkan arti makalah adalah sebuah esai atau tesis, khususnya yang dibacakan di kuliah akademik, seminar, atau diterbitkan dalam jurnal akademik. Dengan kata lain, makalah merupakan karya tulis yang dibuat oleh kalangan pelajar atau mahasiswa sebagai laporan hasil pelaksanaan tugasnya.

Selain dari kalangan pelajar/ mahasiswa, makalah juga dibuat oleh guru, dosen, kepala sekolah, rektor, pejabat pemerintah, dan profesi lainnya. Dalam hal ini, beberapa profesi tersebut membuat makalah sebagai bentuk laporan kerja dalam bentuk argumentasi hasil penelitian dengan menambahkan hipotesis dan asumsi terhadap permasalahan yang dibahas.

Mengacu pada definisinya, sebuah makalah dapat berperan sebagai sarana informasi, demonstrasi, dan pemahaman penulis mengenai topik tertentu yang dibahas. Dalam penulisannya, makalah harus menerapkan suatu prosedur, prinsip, dan teori yang berhubungan dengan pokok permasalahan.

Baca juga: Pengertian Literatur

Ciri-Ciri Makalah yang Baik

Suatu makalah harus dibuat dengan standar penulisan yang baik. Secara umum, makalah yang berkualitas memiliki ciri-ciri berikut ini:

1. Menyeluruh dan Akurat

Sebuah makalah harus membahas suatu permasalahan secara menyeluruh (comprehensive), akurat, lengkap, dan tuntas. Dengan begitu, berbagai pertanyaan yang mungkin akan diajukan oleh calon pembaca dapat dijawab oleh isi makalah tersebut.

2. Memiliki Sumber yang Dapat Dipercaya

Dalam setiap pembuatan makalah tentunya terdapat sumber lain yang dijadikan rujukan, baik itu karya tulis dari penulis lain yang sudah diterbitkan, ataupun dari sumber lainnya. Sumber informasi tersebut haruslah berasal dari pihak yang memiliki kredibilitas di bidang tertentu dan isinya dapat dipercaya.

3. Seimbang

Setiap makalah yang baik akan membahas suatu permasalahan secara objektif dan seimbang dengan memperhatikan kekuatan dan kelemahan berbagai pihak. Isi makalah yang baik tidak memberikan kritik tanpa dasar dan tidak akan menyerang pihak lain dengan prasangka.

4. Penulisannya Kreatif

Dalam hal ini, makalah yang baik tidak hanya menyajikan fakta secara ilmiah tetapi juga menyajikannya dengan cara yang menarik dan mudah dimengerti. Misalnya menyajikan fakta-fakta dengan tertata, dianalisis, dipadukan, dan digunakan sebagai dasar asumsi dengan cara kreatif namun tetap orisinal.

5. Tertata Dengan Baik

Dalam penulisan sebuah makalah yang baik harus memiliki tujuan yang jelas dan tertata dengan baik dan rapih. Penulisan kalimat trasisi yang tepat di setiap bagian dapat membantu mempermudah pembaca memahami isi suatu makalah.

Baca juga: Pengertian Artikel

Struktur Makalah Secara Umum

Secara umum, dalam pembuatannya terdapat beberapa poin penting yang masuk dalam struktur makalah. Adapun beberapa yang termasuk dalam struktur makalah adalah sebagai berikut:

  1. Pendahuluan; yaitu bagian yang menjelaskan tentang topik yang dibahas, dan mengapa topik tersebut penting untuk dibahas. Dalam makalah berbasis penelitian, hipotesis juga dapat disertakan pada bagian pendahuluan.
  2. Batang Tubuh Makalah; yaitu bagian yang menjadi isi dari makalah yang dibuat berdasarkan penelitian. Bagian ini umumnya dibagi menjadi beberapa sub bagian, misalnya; bagian materi dan metode penelitian, bagian hasil/ temuan penelitian, dan bagian pembahasan/ diskusi.
  3. Ringkasan dan Kesimpulan; yaitu bagian dari makalah yang menyebutkan kembali ringkasan atau kesimpulan dari isi makalah. Pada bagian ini dibuat secara ringkas mengenai hipotesis yang diuji, materi dan metode penelitian, serta hasil yang didapatkan.
  4. Daftar Pustaka; yaitu bagian makalah yang menyebutkan sumber rujukan yang digunakan dalam pembuatan suatu makalah.

Baca juga: Pengertian Informasi

Jenis-Jenis Makalah

Secara umum, ada beberapa jenis makalah yang banyak kita temukan di lingkungan pendidikan dan kehidupan sosial. Berdasarkan sifatnya, adapun jenis-jenis makalah adalah sebagai berikut:

  1. Makalah Deduktif; yaitu makalah yang dibuat berdasarkan kajian-kajian yang teoritis dan relevan dengan topik yang dibahas dalam makalah.
  2. Makalah Induktif; yaitu makalah yang dibuat berdasarkan data-data empiris yang bersifat objektif, sesuai dengan yang diperoleh di lapangan, dan relevan dengan topik yang dibahas.
  3. Makalah Campuran; yaitu makalah yang dibuat berdasarkan data-data empiris dan juga kajian-kajian teoritis. Ada beberapa yang termasuk dalam makalah campuran, diantaranya; makalah kerja, makalah ilmiah, makalah analisis, makalah posisi, makalah kajian, dan makalah tanggapan.

Baca juga: Pengertian Seminar

Tujuan dan Manfaat Makalah

Pada dasarnya, tujuan dari penulisan makalah adalah untuk mengevaluasi suatu hasil kerja sehingga dapat dijadikan acuan. Selain itu, makalah juga harus disampaikan di depan umum agar dapat dipahami dan bermanfaat bagi orang lain dalam menimbulkan gagasan baru.

Adapun beberapa manfaat yang didapatkan dari membuat sebuah makalah adalah sebagai berikut:

  • Memberikan kesempatan bagi seseorang untuk mempelajari dan mengerti suatu permasalahan atau topik tertentu.
  • Membuka cakrawala berpikir seseorang sehingga dapat memahami suatu permasalahan dan mencari solusinya.
  • Memberikan kesempatan bagi seseorang untuk menerapkan pengetahuan dan wawasannya untuk membantu menyelesaikan suatu permasalahan.

Baca juga: Pengertian Media

Fungsi Makalah

Pembuatan makalah memiliki banyak fungsi bagi berbagai pihak, baik bagi penulis maupun bagi pembacanya. Mengacu pada pengertian makalah, adapun beberapa fungsi makalah adalah sebagai berikut:

  • Membuat sebuah makalah akan melatih kemampuan seseorang dalam menyusun suatu karya ilmiah dengan baik dan benar.
  • Dengan membuat makalah maka penulis akan memperluas wawasan dan pengetahuannya di bidang tertentu.
  • Makalah yang berkualitas akan memberikan sumbangan pikiran yang baik kepada masyarakat, baik berupak konsep teoritis maupun konsep praktis.
  • Makalah dapat memberikan manfaat bagi perkembangan konsep keilmuan maupun cara pemecahan suatu masalah.

Baca juga: Pengertian Surat

Itulah penjelasan ringkas mengenai pengertian makalah, ciri-ciri makalah, struktur, jenis-jenis, dan fungsi makalah secara umum. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.