Pengertian Inkubasi
Ilustrasi Inkubasi

Pengertian Inkubasi Secara Umum

Apa yang dimaksud dengan inkubasi? Pengertian Inkubasi adalah proses menjaga dan merawat sesuatu hal dalam kondisi tertentu dengan tujuan agar sesuatu hal tersebut bisa berkembang dan menghasilkan dengan baik sesuai harapan.

Kata “Inkubasi” berasal dari bahasa Latin, yaitu Incubare yang artinya mengembangkan atau menghasilkan. Penggunaan istilah Inkubasi sering kita temukan di beberapa bidang, misalnya di bidang kesehatan, bisnis, dan biologi.

Inkubasi membutuhkan beberapa tahapan waktu (masa inkubasi). Dengan kata lain, sesuatu yang berada pada masa inkubasi berarti sedang melakukan proses pertumbuhan hingga berkembang menjadi sempurna.

Pengertian Inkubasi Bisnis

Pengertian Inkubasi Bisnis

Arti inkubasi bisnis adalah suatu proses pengembangan bisnis dalam rentang waktu tertentu dimana bisnis tersebut adalah jenis usaha yang masih baru dan dalam skala kecil atau startup (baca: pengertian startup).

Tujuan dari inkubasi bisnis adalah untuk memantau pertumbuhan dan prospek suatu bisnis yang sedang dikembangkan. Bila bisnis tersebut dianggap punya potensi dan menjanjikan di masa depan, maka bisnis startup tersebut akan dikembangkan dengan besar-besaran.

Dalam proses inkubasi bisnis dibutuhkan suatu inkubator bisnis. Pengertian inkubator bisnis adalah suatu perusahaan/ lembaga yang mendesain suatu program untuk pembinaan bisnis baru yang sedang dikembangkan.

Baca juga: Pengertian Regulasi Bisnis

Pengertian Inkubasi dalam Kesehatan

Pengertian Inkubasi dalam Kesehatan

Pengertian masa inkubasi dalam kesehatan adalah masa awal dimana penyebab penyakit masuk ke dalam tubuh manusia (penularan) hingga masa timbulnya penyakit.

Pada masa inkubasi tersebut akan terlihat gejala atau tanda-tanda penyakit itu muncul. Contohnya inkubasi dalam kesehatan:

  • Penyakit cacar yang masa inkubasinya adalah 14 – 16 hari.

Baca juga: Pengertian NAPZA

Pengertian Inkubasi Mikrobiologi

Pengertian Inkubasi Mikrobiologi

Definisi inkubasi dalam mikrobiologi adalah proses memelihara kultur mikroba dalam suhu tertentu selama jangka waktu tertentu yang bertujuan untuk memantau pertumbuhan bakteri.

Inkubasi adalah teknik perlakuan terhadap mikroosganisme yang telah diinokulasikan pada suatu media (padat atau cair) lalu disimpan dalam temperatur tertentu untuk memantau pertumbuhannya.

Pengertian inkubasi bakteri adalah proses pemeliharaan kultur bakteri selama jangka waktu tertentu dengan temperatur tertentu untuk melihat perkembangan suatu bakteri.

Baca juga: Pengertian Preventif

Di atas tadi adalah penjelasan singkat mengenai pengertian inkubasi, baik dalam bidang bisnis, kesehatan, dan mikrobiologi. Semoga bermanfaat.