Pengertian Biotik: Arti, serta Komponen Biotik dan Fungsinya

Pengertian Biotik Adalah

Apa yang dimaksud dengan biotik (biotic)? Secara umum, pengertian biotik adalah komponen lingkungan hidup yang terdiri dari sekumpulan mahluk hidup atau organisme yang ada di permukaan bumi.

Pendapat lain mengatakan lingkungan biotik adalah suatu lingkungan yang terdiri dari komponen-komponen mahluk hidup di permukaan bumi. Beberapa komponen lingkungan biotik, yaitu; manusia, hewan, dan tumbuh-tumbuhan.

Berdasarkan ukurannya, mahluk hidup dapat digolongkan ke dalam dua kelompok, yaitu makroorganisme dan mikroorganisme. Sedangkan berdasarkan fungsinya, mahluk hidup dapat dibedakan menjadi tiga kelompok, yaitu; produsen, konsumen, dan dekomposer.

Dari semua kelompok mahluk hidup tersebut, manusia merupakan faktor biotik yang memiliki pengaruh terkuat di bumi ini, baik pengaruh untuk memusnahkan maupun untuk melibatkan serta dalam mempercepat penyebaran hewan dan tumbuhan.

Baca juga: Pengertian Abiotik

Komponen Biotik dan Fungsinya

Komponen Biotik

Komponen biotik dapat dibedakan menjadi dua, yaitu berdasarkan tingkat trofik/ nutrisi, serta berdasarkan peran dan fungsinya. Mengacu pada pengertian biotik, adapun beberapa komponen biotik adalah sebagai berikut:

A. Komponen Biotik Berdasarkan Perannya

Komponen biotik berdasarkan perannya dapat dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu; produsen (penghasil), konsumen (pemakai), dan dekomposer (pengurai).

1. Produsen (Penghasil)

 

Produsen adalah makhluk hidup yang memiliki peran untuk mengolah zat anorganik menjadi organik dan selanjutnya digunakan untuk membuat makanannya sendiri dengan cara fotosintesis. Beberapa contoh mahluk hidup yang berperan sebagai produsen, yaitu; tumbuh-tumbuhan, fitoplankton, alga, lumut.

2. Konsumen (Pemakai)

Konsumen adalah golongan makhluk hidup yang bergantung pada organisme lain untuk bertahan hidup karena tidak dapat menghasilkan makanannya sendiri. Berdasarkan tingkatannya, konsumen dapat dibagi lagi menjaddi tiga jenis, yaitu:

  • Konsumen primer, yaitu konsumen pemakan langsung produsen. Beberapa contoh konsumen primer; rusa, sapi, kerbau, kambing, ulat, dan lain sebagainya.
  • Konsumen sekunder, yaitu konsumen pemakan konsumen primer. Beberapa contoh konsumen sekunder; harimau, singa, ular, ayam, katak, dan lain sebagainya.
  • Konsumen tersier; yaitu konsumen pemakan konsumen sekunder. Beberapa contoh konsumen tersier; elang, ikan hiu, gurita, dan lain sebagainya.

3. Dekomposer (Pengurai)

Dekomposer adalah golongan makhluk hidup yang menguraikan bahan anorganik menjadi bahan organik yang selanjutnya digunakan oleh produsen.

Mahluk hidup ini dapat menguraikan zat-zat yang terdapat pada mahluk hidup yang telah mati sehingga terurai menjadi unsur hara. Contoh mahluk hidup yang berperan sebagai dekomposer yaitu bakter dan jamur.

B. Komponen Biotik Berdasarkan Tingkat Trofik/ Nutrisi

Komponen biotik berdasarkan tingkat trofik atau nutrisi yang dimilikinya dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu komponen autotrof dan heterotrof.

1. Komponen Autotrof

Komponen autotrof adalah organisme uniseluler maupun multiseluler yang dapat berfotosintesis atau menghasilkan makanan sendiri. Melalui proses fotosintesis tersebut mahluk hidup ini akan menghasilkan karbohidrat dan oksigen.

Komponen ini bisa dibilang sebagai produsen paling utama dalam ekosistem. Beberapa contoh mahluk hidup yang termasuk dalam komponen autotrof, yaitu;

  • Phytoplankton
  • Tumbuhan lumut
  • Tumbuhan paku
  • Tumbuhan berbiji maupun ganggang.

2. Komponen Heterotrof

Komponen heterotrof adalah golongan organisme yang memanfaatkan bahan-bahan organik yang disediakan oleh organisme lain sebagai bahan makanan. Dengan kata lain golongan ini tidak dapat menghasilkan makanannya sendiri.

Komponen heterotrof dibedakan menjadi beberapa jenis diantaranya:

  • Herbivora: organisme yang memakan tumbuh-tumbuhan, menduduki tropic tingkat 2 dan tingkat 1 sebagai konsumen.
  • Karnivora: organisme yang memakan daging dari makhluk hidup lain, menduduki tropic tingkat 3 dan tingkat 2 sebagai konsumen.
  • Omnivora: organisme yang memakan segalanya baik daging maupun tumbuh-tumbuhan, menduduki tropic tingkat 2 dan tingkat 1 sebagai konsumen.
  • Dekomposer: mikroorganisme yang bertugas sebagai pengurai zat organik hasil dari sisa-sisa tumbuhan maupun hewan. Termasuk di dalamnya selulosa atau kitin yang merubah zat menjadi lebih sederhana. Contoh dekomposer adalah bakteri dan fungi.
  • Parasit: organisme yang hidup di luar tubuh Inang, contohnya seperti kutu yang hidup di kepala manusia.
  • Detritivor: organisme yang hidup dengan cara memakan serpihan dari makhluk hidup yang sudah mati. Contohnya seperti kaki seribu, cacing, dan rayap.

Baca juga: Pengertian Ekologi

Demikianlah penjelasan ringkas mengenai pengertian biotik, serta beberapa komponen biotik dan fungsinya. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.