Beranda Umum Pengertian Advokasi: Arti, Tujuan, dan Kategori Advokasi

Pengertian Advokasi: Arti, Tujuan, dan Kategori Advokasi

Pengertian Advokasi Adalah

Pengertian Advokasi Adalah

Apa yang dimaksud dengan advokasi (advocacy)? Secara umum, pengertian advokasi adalah suatu bentuk tindakan yang mengarah pada pembelaan, memberi dukungan, atau rekomendasi berupa dukungan aktif.

Pendapat lain mengatakan, arti advokasi adalah suatu bentuk upaya untuk mempengaruhi kebijakan publik dengan melakukan berbagai macam pola komunikasi yang persuasif.

Kata advokasi sering dikaitkan pada lembaga bantuan hukum yang di dalamnya melibatkan advokat. Sedangkan advokat adalah ahli hukum yang berwenang untuk melakukan advokasi tersebut atau yang biasa disebut sebagai pengacara.

Dari pengertian advokasi tersebut, dapat dikatakan bahwa advokasi merupakan aksi yang strategis dan terpadu yang dilakukan oleh perorangan atau kelompok untuk memasukkan suatu masalah ke dalam agenda kebijakan. Pada akhirnya advokasi bertujuan untuk mengupayakan solusi bagi suatu masalah melalui penegakan dan penerapan kebijakan publik untuk mengatasi masalah tersebut.

Baca juga: Pengertian Hukum

Tujuan Advokasi

Dari definisi atau pengertian advokasi diatas maka secara sempit advokasi merupakan kegiatan pembelaan hukum atau litigasi yang dilakukan oleh pengacara dan merupakan pekerjaan yang berkaitan dengan praktek beracara di pengadilan. Advokasi melibatkan berbagai strategi yang ditujukan untuk mempengaruhi pengambilan keputusan baik di tingkat lokal, nasional maupun di tingkat Internasional.

Tujuan dari advokasi sendiri tidak terlepas dari makna advokasi yang dilakukan semata-mata untuk menyelesaikan sengketa antar orang maupun antar kelompok. Sehingga kegiatan advokasi sendiri Memang sangat berkaitan erat dengan hukum.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa advokasi dapat hadir melalui beberapa tingkatan mulai dari lokal, nasional dan internasional. Sehingga tentunya dengan beragam isu yang berkaitan dengan advokasi juga memiliki tujuan penting untuk memperjuangkan solusi atas masalah yang sedang terjadi.

Itulah mengapa ilmu advokasi tidak boleh dilewatkan begitu saja. Advokasi bukan hanya untuk orang yang berpendidikan, melainkan juga penting untuk diketahui oleh orang awam. Sehingga kesadaran masyarakat tentang advokasi dan serangkaian hukum di dalamnya dapat membantu mengatasi masalah masalah serius yang ada di lingkungan masyarakat. Dengan mengenal hukum masyarakat juga dapat menghindari sifat diskriminatif yang justru dapat menuju permasalahan baru.

Baca juga: Pengertian Arbitrase

Kategori Advokasi

Dilihat dari pengertian advokasi seperti yang sudah dibahas sebelumnya, maka advokasi yang dikaitkan dengan segala masalah dikategorikan menjadi 3 jenis yaitu:

1. Advokasi Diri

Yang termasuk kategori advokasi diri yaitu aplikasi yang dilakukan pada skala lokal dan dalam lingkup kecil. Sebagai contoh ketika ada mahasiswa yang mendapatkan skorsing oleh pihak Universitas tanpa adanya kejelasan. Sehingga dalam hal ini advokasi berperan untuk mencari kejelasan dan klarifikasi pada pihak Universitas terkait masalah tersebut.

2. Advokasi Kasus

Kategori advokasi kasus yaitu advokasi yang dilakukan sebagai proses pendampingan terhadap seseorang atau kelompok masyarakat tertentu yang belum memiliki kemampuan untuk membela diri sendiri maupun membela kelompoknya.

3. Advokasi Hukum

Advokasi hukum merupakan serangkaian tindakan yang dilakukan oleh lembaga atau ahli hukum dalam untuk konsultasi, mediasi, negosiasi serta pendampingan. Yang dilakukan baik didalam maupun diluar pengadilan dengan tujuan untuk menyelesaikan permasalahan yang berdimensi hukum.

Baca juga: Pengertian Ajudikasi

Dari penjelasan ringkas mengenai pengertian advokasi yang dijabarkan di atas dapat disimpulkan bahwa istilah advokasi secara sempit merupakan cara atau tindakan yang dilakukan oleh penasehat atau pembela perkara di pengadilan untuk membela seseorang atau kelompok.

Dengan mengetahui definisi serta tujuan dari advokasi, diharapkan masyarakat khususnya generasi muda serta orang-orang yang sedang menempuh jenjang pendidikan mampu melaksanakan advokasi secara baik dan benar serta tepat sasaran.