Passing Grade ITS
Kampus ITS

Buat kamu yang tertarik untuk masuk ITS, maka wajib hukumnya untuk mengetahui Passing Grade ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember) Surabaya. ITS termasuk salah satu perguruan tinggi negeri favorit dan diminati banyak calon mahasiswa di Indonesia.

Selain suasana kampus yang kondusif, kampus yang berlokasi di Kota Pahlawan (Surabaya, Jawa Timur) ini juga terkenal dengan kualitas pendidikannya. Jadi, tidak heran mengapa banyak calon mahasiswa yang tertarik untuk masuk ITS.

Nah, sebelum kamu melakukan pendaftaran penerimaan mahasiswa di ITS, sebaiknya kamu mengetahui apa saja program studi dan Passing Grade ITS. Hal ini penting untuk memprediksi bagaimana persaingan untuk masuk program studi tertentu di ITS.

Dengan menggunakan Passing Grade ITS, kita dapat mengetahui peta persaingan suatu program studi di ITS, baik melalui pendaftaran SBMPTN ITS (ujian tertulis), SNMPTN ITS (undangan raport), maupun SMITS (seleksi mandiri ITS).

Berikut ini adalah Passing Grade ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember) Surabaya yang harus kamu ketahui:

Passing Grade ITS

Berikut ini adalah Passing Grade ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember) Surabaya tahun 2018. Seperti namanya, di kampus ITS hanya ada untuk jurusan IPA atau Program Studi Sains dan Teknologi (PRODI SAINTEK):

NoNama Program StudiPassing Grade
1Teknik Informatika59,50%
2Teknik Elektro57,70%
3Teknik kimia56,60%
4Teknik Industri53,80%
5Teknik Lingkungan52,40%
6Teknik Mesin51,50%
7Fisika35.69%
8Kimia34.16%
9Matematika36.11%
10Statistika38.91%
11Teknik Fisika40.19%
12Teknik Material35.16%
13Teknik Perkapalan47.36%
14Teknik Sipil45.33%
15Teknik Sistem Perkapalan43.47%
16Sistem Informasi47,40%
17Arsitektur42.77%
18Biologi31.5%
19Desain Produk Industri33.22%
20Teknik Geodesi38.16%
21Teknik Kelautan42.47%

Passing Grade dan Peluang Masuk ITS

Seperti yang kamu lihat pada tabel Passing Grade ITS di atas, masing-masing jurusan memiliki Passing Grade yang berbeda. Pada umumnya calon mahasiswa yang ingin masuk ITS akan memilih jurusan yang Passing Grade nya tidak terlalu tinggi.

Besar-kecilnya Passing Grade tidak menjadi ukuran seorang calon mahasiswa bisa masuk atau tidak. Faktanya, semakin banyak calon mahasiswa yang memilih jurusan yang passing grade nya rendah maka persaingan akan semakin ketat.

Namun, tentu saja kamu harus bisa memperhitungkan kemampuan atau prestasi pribadi saat SMU/ SMK dengan passing grade jurusan yang diminati. Jika semasa SMU/ SMK kamu bukan orang yang berprestasi, maka sebaiknya jangan mengambil program studi yang passing grade nya sangat tinggi.

Selain itu, informasi Passing Grade ITS yang disebutkan di atas bukanlah sesuatu yang pasti atau belum tentu akurat. Karena pada dasarnya kampus ITS sendiri tidak mengeluarkan informasi mengenai passing grade mereka.

Namun, tentunya informasi di atas dibuat berdasarkan passing grade pada tahun sebelumnya dan bisa dijadikan sebagai pembanding antara satu prodi dengan prodi lainnya di ITS.

Baca juga: Passing Grade UI

Profil Singkat Institut Sepuluh Nopember

Kampus ITS berada di Jalan Raya ITS, Keputih, Sukolilo, Keputih, Sukolilo, Kota Surabaya, Jawa Timur 60111. Dengan motto ITS Cak! (Cerdas, Amanah, Kreatif), ITS merupakan salah satu kampus favorit yang diminati oleh banyak calon mahasiswa.

Hingga saat ini ITS telah menghasilkan banyak sekali orang terkenal di Indonesia. Sebut saja Tri Rismaharini, Mohammad Nuh, Dwi Soetjipto, Cak Lontong, Putri Raemawasti, dan lain-lain.

Nah, bagi kamu yang ingin belajar dan mendedikasikan diri dalam pendidikan dan penelitian di bidang teknologi dan sains, maka ITS merupakan salah satu pilihan terbaik saat ini.

Berikut video profile Kampus Institut Sepuluh Nopember

Demikianlah penjelasan ringkas mengenai Passing Grade ITS / Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya tahun 2018. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi situs https://www.its.ac.id. Semoga artikel singkat ini bermanfaat.