Macam-Macam Demokrasi dan Penjelasannya Secara Lengkap

Macam-Macam Demokrasi dan Penjelasannya Secara Lengkap

Macam-Macam Demokrasi

Apa saja macam-macam demokrasi yang ada di negara-negara di dunia? Apa kelebihan dan kekurangan dari setiap sistem demokrasi tersebut? Sebelum membahas topik ini lebih jauh, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan demokrasi.

Pada artikel sebelumnya telah dibahas bahwa pengertian demokrasi adalah suatu sistem pemerintahan dimana semua warga negara memiliki hak dan kesempatan setara dalam memberikan kontribusi untuk mengambil keputusan yang mempengaruhi hidup meraka.

Setiap negara di dunia menganut sistem demokrasi yang paling sesuai dengan situasi dan kondisi di negara tersebut, baik secara politik, ekonomi, sosial dan budaya. Sistem demokrasi di Indonesia belum tentu dapat diterapkan di negara lain, dan begitu juga sebaliknya.

Baca juga: Demokrasi Pancasila

Macam-Macam Demokrasi

Ada beberapa jenis demokrasi yang diterapkan di berbagai negara di dunia, namun macam-macam demokrasi tersebut dapat dibedakan menjadi beberapa kelompok. Ada tiga faktor yang membedakan jenis demokrasi yaitu berdasarkan penyaluran kehendak rakyat, berdasarkan hubungan antar kelengkapan negara, dan berdasarkan prinsip ideologi suatu negara.

1. Demokrasi Berdasarkan Penyaluran Kehendak Rakyat

Secara umum, demokrasi berdasarkan penyaluran kehendak rakyat dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu:

  • Demokrasi langsung (direct democracy), pada sistem demokrasi ini setiap warga negara terlibat langsung dan aktif dalam pengambilan keputusan pemerintahan.
  • Demokrasi tidak langsung/ perwakilan (indirect democracy), meskipun kekuasaan tertinggi ada di tangan rakyat, pada sistem demokrasi ini kekuasaan politik warga negara dilaksanakan secara tidak langsung yaitu melalui perwakilan rakyat.

2. Demokrasi Berdasarkan Hubungan antar Kelengkapan Negara

Sistem demokrasi berdasarkan hubungan antar kelengkapan negara dapat dibagi menjadi empat kelompok, yaitu:

  • Demokrasi Perwakilan dengan Sistem Referendum, yaitu sistem demokrasi dimana semua warga negara dilibatkan dalam memilih para wakil mereka di parlemen. Tetapi rakyat memiliki kendali terhadap parlemen tersebut melalui sistem referendum. Sistem referndum adalah pemungutan suara yang dilakukan untuk mengetahui kehendak rakyat secara langsung dan menyeluruh.
  • Demokrasi Perwakilan dengan Sistem Parlementer, yaitu sistem demokrasi dimana pemerintah (badan eksekutif) memiliki hubungan erat dengan badan perwakilan rakyat (badan legislatif). Pemerintah menjalankan program yang telah disetujui oleh badan perwakilan rakyat.
  • Demokrasi Perwakilan dengan Sistem Pemisahan Kekuasaan, yaitu sistem demokrasi dimana kedudukan antara badan eksekutif dan badan legislatif berada pada tempat yang terpisah. Artinya, keduanya tidak berkaitan secara langsung seperti halnya pada sistem demokrasi parlementer.
  • Demokrasi Perwakilan dengan Sistem Refrendum dan Inisiatif Rakyat, yaitu sistem demokrasi yang menggabungkan sistem demokrasi perwakilan dengan sistem demokrasi secara langsung. Pada sistem demokrasi ini masih terdapat badan perwakilan namun dikendalikan oleh rakyat melelui referendum dimana sifatnya obligator dan fakultatif.

3. Macam-Macam Demokrasi Berdasarkan Prinsip Ideologi

Sistem demokrasi berdasarkan prinsip ideologi dapat dibagi menjadi tiga bagian, yaitu:

  • Demokrasi Liberal, yaitu sistem demokrasi yang menjunjung tinggi hak individu setiap warga negara dan memberikan kebebasan setiap orang dalam menyampaikan pendapatnya. Sistem demokrasi liberal disebut juga dengan demokrasi konstitusional dimana pemerintah wajib melindungi hak-hak individu warganya sesuai yang tercantum dalam konstitusi.
  • Demokrasi Rakyat, yaitu sistem demokrasi yang dijalankan berdasarkan paham sosialis atau komunisme, dimana kepentingan negara dan kepentingan umum adalah yang terpenting di atas kepentingan individu.
  • Demokrasi Pancasila, yaitu sistem demokrasi yang dijalankan berdasarkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Sistem demokrasi Pancasila berasaskan musyawarah mufakat yang mengutamakan kepentingan umum.

Baca juga: Pengertian Orde Baru

Di atas tadi adalah penjelasan singkat mengenai macam-macam demokrasi yang diterapkan di berbagai negara di dunia. Semoga ulasan ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.