Beranda Umum Contoh Globalisasi di Bidang Politik, Sosial, Ekonomi, Pendidikan, dan IPTEK

Contoh Globalisasi di Bidang Politik, Sosial, Ekonomi, Pendidikan, dan IPTEK

Contoh Globalisasi

Apa saja contoh globalisasi di bidang politik, sosial, ekonomi, pendidikan, dan teknologi? Tentunya ada banyak sekali dampak globalisasi bagi suatu negara, termasuk yang terjadi di Indonesia.

Sebagai negara yang terbuka, Indonesia akan menerima dampak positif dan negatif globalisasi yang terjadi. Ini merupakan proses perkembangan dan kemajuan jaman yang tidak dapat dihindari oleh suatu negara yang terbuka.

Sebelum lebih jauh membahas contoh globalisasi yang terjadi di berbagai bidang kehidupan, tidak ada salahnya kita sedikit membahas apa pengertian globalisasi itu. Secara singkat, globalisasi adalah proses integrasi internasional (mendunia) yang terjadi pada suatu negara karena adanya pertukaran pandangan dunia, pemikiran, produk, dan berbagai aspek kebudayaan lainnya.

Contoh Globalisasi di Berbagai Bidang

Seperti disebutkan di atas, kita tidak bisa menghindari proses globalisasi yang terjadi. Namun, kita dapat membatasi atau meminimalisir dampak negatifnya agar hal-hal yang merugikan dan tidak sesuai dengan budaya Indonesia dapat disaring dan dibuang.

Berikut ini adalah beberapa contoh globalisasi yang terjadi di berbagai bidang:

1. Contoh Globalisasi di Bidang Politik

Contoh Globalisasi di Bidang Politik

Ada banyak sekali dampak globalisasi di bidang politik (baca; Pengertian Politik). Namun secara umum, contoh globalisasi dibidang politik adalah sebagai berikut:

  • Hadirnya Politik di Suatu Negara, Indonesia merupakan negara yang yang memiliki politik bebas-aktif. Artinya, Indonesia tidak memihak blok manapun tapi tetap aktif dalam politik internasional, misalnya menjadi anggota PBB.
  • Organisasi Internasional Terbentuk, ada banyak sekali organisasi internasional yang terbentuk dengan berbagai visi dan misi. Misalnya PBB, APEC, ASEAN, dan lain sebagainya.
  • Adanya Kerjasama Antar Negara, integrasi negara-negara di dunia akan menghasilkan kerjasama politik antar negara, baik itu kerjasama bilateral atau multilateral yang akan menguntungkan masing-masing negara.
  • Hadirnya Ideologi Asing, ini tidak dapat dihindari karena globalisasi membuat berbagai ideologi asing masuk ke tanah air. Sayangnya, jika ideologi asing tersebut tidak sesuai dengan falsafah negara Indinesia, maka sangat berpotensi menimbulkan kekacauan.
  • Ada Campur Tangan Negara Asing, ini adalah bentuk globalisasi yang dapat menimbulkan kekacauan di suatu negara bila tidak dikendalikan dengan baik. Contohnya, kita bisa melihat beberapa negara di Timur Tengah yang berperang akibat campur tangan negara lain.
  • Masyarakat Perduli Pemerintahan, di era keterbukaan ini kita dapat melihat masyarakat Indonesia ikut berpartisipasi dalam proses pemerintahan. Tentu saja hal ini bisa memberikan dampak positif dan negatif terhadap pemerintahan itu sendiri.

2. Contoh Globalisasi di Bidang Sosial

Contoh Globalisasi di Bidang Sosial

Kehidupan sosial masyarakat Indonesia telah banyak mengalami perubahan karena adanya globalisasi. Adapun beberapa contoh globalisasi di bidang sosial adalah sebagai berikut:

  • Masyarakat Tak Lagi Homogen, artinya di dalam masyarakat sudah tidak lagi didominasi oleh suku tertentu. Misalnya di Jakarta, masyarakatnya sudah sangat heterogen dimana masyarakatnya tidak didominasi suku Betawi karena telah bercampur dengan suku lain, seperti Batak, Jawa, Ambon, Sunda, dan lain-lain.
  • Masuknya Bahasa Asing, ini dampak globalisasi yang sangat nyata kita lihat saat ini. Tidak hanya bahasa Inggris saja, ada berbagai bahasa asing yang dipelajari masyarakat Indonesia, misalnya Bahasa Mandarin, Arab, Prancis, dan lain-lain.
  • Kesetaraan Gender, bila dulu para wanita tidak dianggap dalam dunia kerja, hal tersebut sudah tidak berlaku lagi. Saat ini para wanita sudah memiliki hak yang sama dalam bekerja dan memperoleh karir yang baik.
  • Masyarakat Semakin Individualis, ini merupakan dampak buruk dari globalisasi dalam kehidupan sosial. Globalisasi meningkatkan persaingan di masyarakat sehingga individu semakin individualis.
  • Pudarnya Sikap Gotong-royong, Indonesia yang dulunya terkenal dengan sikap gotong-royong lambat laun kehilangan identitasnya. Hal ini merupakan dampak dari globalisasi yang terjadi di masyarakat.

Baca juga: Pengaruh Globalisasi Terhadap Gaya Hidup

3. Contoh Globalisasi di Bidang Ekonomi

Contoh Globalisasi di Bidang Ekonomi

Globalisasi memberikan dampak besar pada bidang ekonomi di berbagai negara. Adapun beberapa contoh globalisasi di bidang ekonomi adalah sebagai berikut:

  • Kegiatan Ekspor dan Impor, ini adalah hubungan kerjasama antar negara di bidang perekonomian. Ekspor-impor dapat meningkatkan devisa suatu negara dan memenuhi kebutuhan di dalam negeri.
  • Munculnya Pasar Bebas, artinya setiap negara di kawasan tertentu dapat melakukan kegiatan ekonomi satu sama lain. Misalnya pasar bebas di negara-negara Asia Tenggara atau yang kita kenal dengan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).
  • Perusahaan Asing Masuk Indonesia, artinya perusahaan-perusahaan asing dapat mengoperasikan bisnisnya di Indonesia dan saling menguntungkan satu sama lain. Misalnya, restoran McDonalds, KFC, dan lain-lain.
  • Bisnis E-Commerce Tumbuh Pesat, perkembangan teknologi informasi merupakan salah satu bentuk globalisasi. Hal tersebut kemudian membuat bisnis e-commerce di berbagai negara semakin menjamur, termasuk di Indonesia.
  • Masuknya Produk Luar Negeri, globalisasi membuat proses impor produk luar lebih mudah. Hal tersebut mengakibatkan banyak sekali produk luar negeri masuk ke Indonesia.

4. Contoh Globalisasi di Bidang Pendidikan

Contoh Globalisasi di Bidang Pendidikan

Globalisasi juga berdampak pada bidang pendidikan di berbagai negara. Adapun contoh globalisasi di bidang pendidikan adalah sebagai berikut:

  • Pertukaran pelajar, kerjasama antar negara di bidang pendidikan merupakan bentuk globalisasi. Hal tersebut membuat masing-masing negara dapat saling bertukar pelajar.
  • Kemudahan mendapatkan informasi, para pelajar sekarang jauh lebih mudah untuk mengakses berbagai informasi yang berhubungan dengan pelajaran mereka. Media online dan buku digital memudahkan para pelajar untuk mempelajari berbagai materi secara online atau digital.
  • Pertukaran guru, umumnya untuk bidang studi tertentu, misalnya Bahasa Inggris, Mandarin, dan bahasa asing lainnya. Namun tidak menutup kemungkinan untuk bidang studi lainnya.

5. Contoh Globalisasi di Bidang Budaya

Contoh Globalisasi di Bidang Budaya

Ada cukup banyak dampak globalisasi terhadap budaya di Indonesia. Adapun beberapa contoh globalisasi di bidang budaya adalah sebagai berikut:

  • Peningkatan Imigrasi, kehadiran orang asing ke Indonesia dalam jumlah yang cukup besar dapat mengakibatkan terjadinya imigrasi.
  • Pengaruh pada busana masyarakat, dunia fashion sangat dinamis dan saling mempengaruhi antar negara. Mode-mode pakaian yang sedang trend di luar negeri dapat diterima dengan cepat di Indonesia, misalnya trend busana Korea.
  • Buday asing berkembang di Indonesia, ini merupakan dampak dari kemudahan akses informasi dan komunikasi. Misalnya dalam dunia musik, banyak masyarakat Indonesia yang dipengaruhi oleh musik-musik dari luar negeri, contohnya KPop.
  • Budaya lokal semakin luntur, sebagian besar generasi muda di Indonesia lebih menyukai budaya asing ketimbang budaya lokal. Ini mengakibatkan budaya dalam negeri hanya diketahui oleh orang-orang tertentu saja.
  • Pertukaran budaya antar negara, ini merupakan hal positif karena dapat meningkatkan eksistensi budaya lokal di mata internasional.

6. Contoh Globalisasi di Bidang IPTEK

Contoh Globalisasi di Bidang IPTEK

Ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia mengalami perkembangan yang sangat pesat, ini merupakan dampak positif dari globalisasi. Adapun contoh globalisasi di bidang IPTEK adalah sebagai berikut:

  • Kemudahan dalam berkomunikasi dan mendapatkan informasi, hal tersebut karena adanya internet dan berbagai perangkat komputer dan mobile.
  • Kemudahan dalam mendapatkan berita terbaru mengenai peristiwa di berbagai belahan dunia dengan adanya berbagai media online yang terpercaya dan cepat dalam melaporkan suatu peristiwa.
  • Kemudahan dalam transkasi jual-beli¬†karena adanya teknologi yang dapat melayani pemasaran dan pembayaran secara online.

Baca juga: Pengertian Sejarah

Di atas tadi adalah ulasan ringkas tentang beberapa contoh globalisasi di berbagai bidang. Dampak globalisasi memang sangat besar bagi suatu negara, dan harus dimaknai dengan hati-hati agar tidak terpengaruh oleh hal-hal negatif dari globalisasi.

Loading...