Beranda Umum Arti Referensi: Pengertian, Tujuan, Jenis, dan Sumber Referensi

Arti Referensi: Pengertian, Tujuan, Jenis, dan Sumber Referensi

Arti Referensi Adalah

Arti Referensi Adalah

Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan referensi? Secara umum, arti referensi adalah suatu informasi yang dijadikan rujukan atau sumber acuan untuk memperkuat atau mempertegas suatu pernyataan.

Pendapat lain mengatakan arti referensi adalah sesuatu yang digunakan oleh pemberi informasi untuk mendukung atau memperkuat pernyataannya. Secara etimologi, kata “referensi” berasal dari bahasa Inggris, yaitu “refer to” yang artinya “mengacu pada” atau “merujuk pada” sesuatu atau pernyataan seseorang. Sehingga, kata referensi dapat diartikan sebagai sebuah rujukan yang menggambarkan informasi dari sumber terkait.

Referensi bisa dalam bentuk faktual maupun non-faktual. Referensi faktual umumnya dalam bentuk objek faktual, statistik, kesaksian, dan lainnya. Sedangkan referensi non-faktual umumnya berbentuk cerita, hipotesis, kutipan sastra, dan analogi.

Baca juga: Pengertian Deskripsi

Tujuan Membuat Referensi

Pada dasarnya ada beberapa tujuan menambahkan referensi dalam suatu tulisan. Mengacu pada arti referensi di atas, adapun beberapa tujuan membuat referensi adalah sebagai berikut:

1. Memperkuat Pernyataan atau Argumentasi

Biasanya suatu informasi yang disampaikan, baik melalui pernyataan maupun tulisan, membutuhkan rujukan untuk memperkuat pernyataan tersebut. Dengan adanya referensi, maka suatu pernyataan atau argumentasi memiliki landasan dan dasar yang kuat sehingga dapat dianggap sebagai pernyataan yang bisa dipertanggungjawabkan.

2. Menghindari Plagiarisme

Setiap karya seseorang (jurnal, penelitian, dan lainnya) merupakan hak kekayaan intelektual dari penulis tersebut. Ketika seseorang menggunakan informasi dari hasil karya orang lain, maka ia harus mencantumkan sumber rujukan tulisannya tersebut agar tidak dianggap sebagai pelaku plagiat.

3. Bentuk Penghargaan Karya Orang Lain

Para penulis dan peneliti telah menghabiskan waktu, pikiran, dan tenaga dalam membuat sebuah karya. Oleh karena itu, sudah sepantasnya pihak-pihak yang menggunakan hasil karya orang lain menjelaskan dari mana sumber rujukan sebagai bentuk penghargaan.

4. Menambah Informasi Bagi Pembaca

Tujuan lain menambahkan referensi di dalam tulisan adalah untuk memberikan informasi lebih dalam kepada pembaca mengenai suatu topik. Dengan adanya referensi, maka pembaca dapat menggali informasi lebih jauh mengenai topik yang dibahas.

Baca juga: Pengertian Narasi

Beberapa Sumber Referensi

Penulisan referensi suatu tulisan biasanya dilakukan dengan dua cara, yaitu melalui kutipan dan catatan kaki. Referensi tersebut dapat diambil dari berbagai sumber, diantaranya:

1. Jurnal

Jurnal adalah tulisan khusus yang memuat artikel tentang suatu bidang ilmu tertentu yang ditulis oleh seseorang yang kompeten di bidang ilmu tersebut. Jurnal hasil karya seseorang dapat dijadikan referensi, baik itu jurnal cetak maupun jurnal online.

2. Buku

Buku adalah kumpulan kertas atau bahan lainnya yang berisi informasi dalam bentuk tulisan, gambar, atau tempelan. Informasi di dalam buku dapat dijadikan sumber referensi dalam membuat sebuah karya tulis atau karya ilmiah.

3. Surat Kabar atau Majalah

Surat kabar atau majalah merupakan salah satu media informasi yang berisi artikel berita, gambar, opini, cerita, dan informasi lainnya. Surat kabar atau majalah bisa dijadikan referensi tulisan, namun agak jarang digunakan karena cukup sulit untuk menemukan konsep atau ide utama dalam tulisannya.

4. Internet

Ada banyak sekali website di internet yang memuat berbagai informasi, baik untuk keperluan penelitian maupun untuk keperluan lainnya. Namun, tentu saja hanya website-website yang memiliki integritas baik yang dapat dijadikan sumber rujukan.

Baca juga: Arti Literasi

Demikianlah penjelasan ringkas mengenai arti referensi, tujuan, jenis, serta beberapa sumber referensi yang umum digunakan. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.

Loading...