Beranda Umum Arti Independen, Ciri-Ciri, dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi

Arti Independen, Ciri-Ciri, dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi

Arti Independen
Ilustrasi Independen

Arti Independen?

Sebenarnya, apa pengertian Independen? Arti Independen adalah suatu sifat dan sikap jiwa yang mandiri dan tidak mau tergantung pada pihak lain dalam memenuhi kebutuhannya. Jiwa mandiri bukan berarti tidak membutuhkan pihak lain, namun suatu karakter yang selalu berupaya menghadapi dan menyelesaikan sendiri masalah yang dihadapi.

Arti independen juga dapat didefinisikan sebagai sikap netral atau tidak memihak kepada salah satu, punya kekuasaan sendiri, merdeka, tidak dikontrol oleh pihak lain (misalnya lembaga independen).

Secara etimologi kata “Independen” berasal dari bahasa Inggris, yaitu Independent, yang berarti merdeka, berdikari, tidak bergantung kepada orang lain, berdikari, berdaulat, . Penggunaan kata independen banyak digunakan pada berbagai hal seperti keuangan, profesi, politik, ekonomi, dan lain sebagainya.

Ciri-Ciri Independen

Kita dapat mengetahui seseorang, lembaga, negara merupakan pihak yang independen dilihat dari ciri-cirinya. Mengacu pada arti independen di atas, berikut ini adalah ciri-ciri independen tersebut:

  1. Pada umumnya pihak (seseorang, lembaga, negara) yang independen adalah mereka yang memiliki kecerdasan di atas rata-rata dan memiliki sumber daya yang cukup.
  2. Orang-orang yang independen lebih suka melakukan segala sesuatunya sendiri karena merasa masih mampun mengerjakannya tanpa bantuan pihak lain.
  3. Orang-orang yang independen biasanya berpendirian teguh dan tidak mudah dipengaruhi oleh kata-kata orang lain.
  4. Mereka yang independen lebih suka berteman dengan orang-orang yang sepemikiran dengan mereka sehingga umumnya orang-orang independen temannya tidak banyak.
  5. Seseorang yang independen biasanya pintar berbicara dan mempengaruhi orang lain sehingga cocok sebagai motivator.
  6. Memiliki kemampuan dalam mengatasi masalah/ tantangan hidup dan sabar dalam menghadapinya.
  7. Orang-orang independen memiliki empati yang tinggi terhadap orang lain karena mereka mengerti bagaimana perasaan orang lain.
  8. Orang-orang independen berani menyampaikan pendapat mereka kepada orang lain, walaupun pendapatnya berbeda dengan orang lain.

Baca juga: Pengertian Hedonisme

Faktor Yang Mempengaruhi Independen

faktor yang mempengaruhi independen

Para ahli mengatakan bahwa independensi seseorang dipengaruhi oleh banyak faktor. Menurut Masrun, beberapa faktor yang mempengaruhi independen tersebut adalah:

1. Faktor Usia

Usia seseorang merupakan salah satu faktor yang menentukan kemandirian seseorang. Pada umumnya, semakin berumur seseorang maka ia akan semakin mandiri atau independen dan tidak mau bergantung pada orang lain.

2. Faktor Gender

Biasanya para pria memiliki keinginan lebih besar untuk hidup mandiri dibandingkan para wanita. Tingginya tingkat independen pada seorang pria disebabkan karena umumnya pria lah yang menjadi tulang punggung di keluarga dalam urusan ekonomi.

Namun, tentu saja hal ini bukanlah hal yang mutlak karena jaman sekarang sudah banyak wanita mandiri yang tidak bergantung pada pasangan dalam hal finansial dan kebutuhan hidup lainnya.

3. Faktor Konsep Diri

Perilaku dan tindakan seseorang sangat dipengaruhi oleh perasaan dan pikirannya. Individu yang memiliki konsep diri yang positif pada umumnya akan jauh lebih independen ketimbang individu dengan konsep diri negatif.

Orang-orang yang memandang dirinya sendiri secara positif akan memiliki hidup yang mandiri dan tidak mau bergantung pada orang lain.

4. Faktor Pendidikan

Pada umumnya, semakin tinggi tingkat pendidikan seseorang maka semakin besar keinginannya untuk berkembang dan mandiri. Dengan pendidikan dan pengetahuan yang dimiliki, biasanya seseorang akan selalu mencoba hal-hal yang baru dan berusaha mewujudkan impiannya tanpa harus bergantung pada orang lain.

5. Faktor Keluarga

Karakter dan sikap seseorang sangat dipengaruhi oleh lingkungan keluarga, khususnya orang tuanya. Kepribadian dan kemandirian seorang anak akan terbentuk di dalam lingkungan keluarga.

6. Faktor Lingkungan Sosial

Selain lingkungan keluarga, faktor lingkungan sosial juga punya pengaruh yang cukup besar dalam proses pembentukan kemandirian seseorang. Interaksi sosial seseorang di lingkungan sosial, cara menghadapi masalah dalam hidup, pada akhirnya akan membentuk karakter seseorang menjadi mandiri atau independen.

Baca juga: Pengertian Norma Kesusilaan

Demikianlah penjelasan singkat mengenai arti independen, ciri-ciri independen, dan faktor-faktor yang mempengaruhi independen. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.