Pengertian E-book (Buku Digital): Fungsi, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangannya

Pengertian E-book (Buku Digital): Fungsi, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangannya

Pengertian Ebook
Ilustrasi Ebook

Pengertian E-book Adalah

Apa itu ebook? Pengertian E-book adalah suatu buku yang bentuknya digital atau elektronik dimana biasanya berisi informasi atau panduan/ tutorial. Buku elektronik ini hanya bisa dibuka dan dibaca melalui perangkat elektronik seperti komputer, tablet, dan smartphone.

Tak berbeda jauh dengan buku cetak pada umumnya, e-book  (electronic book) atau buku elektronik juga berisi tulisan-tulisan dan gambar dengan berbagai tema, misalnya seperti e-book teknologi, e-book ilmu pengetahuan, e-book motivasi, e-book tutorial, dan masih banyak tema lainnya.

Di jaman yang serba digital ini, tentu saja e-book lebih banyak  digunakan daripada buku cetak. Mengacu pada pengertian ebook diatas sebagai buku yang berbentuk digital maka dari segi penggunaan dan penyimpanannya akan lebih praktis, sehingga banyak orang yang lebih memilih membeli ebook daripada buku cetak.

Baca juga: Pengertian Informasi

Pengertian E-book Menurut Para Ahli

Beberapa ahli memberikan pendapat tentang definisi ebook, diantaranya adalah:

1. Wikipedia

Menurut Wikipedia pengertian E-book adalah publikasi buku yang tersedia dalam bentuk digital, terdiri dari teks, gambar, atau keduanya, dapat dibaca di layar komputer layar datar atau perangkat elektronik lainnya. Meskipun kadang-kadang didefinisikan sebagai “versi elektronik dari buku cetak”, beberapa e-book dibuat tanpa adanyak versi cetak.

2. Whalts

Menurut Whalts.com, pengertian e-book adalah versi elektronik dari buku cetak tradisional yang dapat dibaca dengan menggunakan komputer pribadi atau dengan menggunakan e-book reader.

3. Oxford Dictionaries

Menurut Oxforddictionaries.com, pengertian e-book adalah versi elektronik dari buku cetak yang bisa dibaca di komputer atau perangkat genggam yang dirancang khusus untuk tujuan ini.

Baca juga: Pengertian PDF dan Fungsinya

Fungsi E-book Secara Umum

Fungsi e-book secara umum adalah sebagai media untuk membaca informasi secara digital melalui perangkat khusus. Umumnya pengguna e-book adalah mereka yang sudah melek teknologi dan terbiasa membeli e-book untuk media belajar. Berikut ini fungsi ebook bagi penggunanya dan juga bagi penyedianya:

1. Sebagai Sarana untuk Belajar

Sekarang ini ada banyak orang yang membuat e-book yang berisi tentang ilmu pengetahuan dan tutorial di bidang tertentu.

Tema bacaan dan informasi yang sering dijadikan e-book adalah seputar bisnis online, tutorial blogging, tutorial komputer, dan hal-hal yang berhubungan dengan teknologi.

2. Sebagai Media Informasi

Sekarang ini pebisnis sudah banyak yang memberikan ebook gratis kepada calon pelanggan mereka. Dengan memasukkan email, maka calon pelanggan dapat mendownload ebook yang berisi informasi atau tutorial yang dibutuhkan.

Proses pembuatan dan penyebaran ebook ini sangat mudah karena bentuknya digital. Itulah sebabnya ebook sangat cocok digunakan sebagai media informasi.

Baca juga: Teknologi Informasi

Tujuan Ebook Secara Umum

Seperti yang sempat disinggung pada pengertian e-book di atas, tujuan dibuatnya e-book adalah untuk memudahkan proses penyebaran informasi dan pembelajaran kepada penggunanya. Adapaun beberapa tujuan e-book adalah sebagai berikut:

1. Memudahkan Pembuatan Buku

E-book adalah salah satu solusi bagi mereka yang ingin mengeluarkan buku namun kesulitan dalam pembuatannya. Seperti kita ketahui, proses pembuatan buku cetak cukup panjang dan terbilang sulit.

Hal ini tidak terjadi jika kita membuat buku digital. Namun, tentu saja format e-book tersebut harus dibuat semenarik mungkin agar layak untuk disebarkan atau dijual.

2. Menghemat Biaya Pembuatan Buku

Pembuatan buku cetak biayanya cukup besar karena masih menggunakan peralatan konvensional. Berbeda halnya dengan pembuatan e-book, biayanya nyaris tidak ada bahkan bisa gratis.

3. Memudahkan Proses Penyebaran Informasi

Penyebaran e-book sangat mudah dilakukan, yaitu melalui media internet dan juga peralatan elektronik lainnya seperti flashdisk atau hardisk.

4. Memudahkan Proses Belajar dan Mengajar

Dengan adanya e-book maka proses belajar dan mengajar menjadi lebih mudah. Pengajar bisa membuat materi pelajaran dalam bentuk ebook lalu mengirimkannya kepada muridnya.

Dari sisi pelajar tentu saja akan sangat dimudahkan karena bisa mempelajari materi pelajaran dalam bentuk e-book di mana saja dan kapan saja.

5. Melindungi Informasi yang Disebarkan

Ketika kita membuat sebuah e-book, kita bisa memberikan proteksi terhadap isi ebook tersebut. Caranya yaitu dengan memberikan password khusus, sehingga hanya orang-orang tertentu saja yang bisa membukanya.

Selain itu, buku digital tidak mudah rusak seperti halnya buku cetakan. Ini menjadi keuntungan tersendiri bagi pengguna e-book.

Baca juga: Pengertian E-Commerce

Format E-book Pada Umumnya

Dalam pembuatannya ada beberapa format e-book yang digunakan sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini adalah beberapa format e-book:

  1. PDF (Portable Document Format)
  2. EPUB (Electronic Publication)
  3. MOBI (Format MobiPocket)
  4. AZW (Amazon World)
  5. KF8 (Format Kindle Fire dari Amazon)
  6. PDB (Palm File Database)
  7. HTML (Hyper Text Markup Language)
  8. PRC (Palm Resource File)
  9. CHM (Compressed HTML)
  10. XHTML
  11. XML

Baca juga: Pengertian Chatting

Kelebihan dan Kekurangan E-book

Penggunaan e-book sudah sangat marak di masyarakat Indonesia karena dianggap murah dan mudah untuk didapatkan. Namun, selain memiliki kelebihan, e-book juga terdapat kekurangan yang harus diperhatikan.

1. Kelebihan E-book

  • Lebih Ringkas: e-book atau buku digital terbukti jauh lebih ringkas dibandingkan dengan buku cetak. Pengguna smartphone dan perangkat genggam lainnya dapat membuka ebook kapan saja dan di mana saja
  • Lebih Awet: karena bentuknya digital, tentu saja e-book lebih awet dan tidak mudah rusak seperti halnya buku cetak.
  • Lebih Murah: Proses pembuatan e-book sangat mudah dan murah sehingga harganya cenderung lebih murah dibanding buku cetakan
  • Ramah Lingkungan: e-book tidak membutuhkan tinta dan kertas sehingga lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan buku cetak yang terbuat dari kertas dan tinta.

2. Kekurangan Ebook

  • Tidak Bisa Dipegang: memang sebagian besar orang lebih suka yang ringkas. Namun, beberapa orang lebih suka memegang buku ketimbang gadget dan ini tidak bisa diberikan oleh ebook
  • Ukuran Huruf Lebih Kecil: pada umumnya ukuran huruf pada e-book cenderung lebih kecil dibanding pada buku cetak, apalagi bila membukanya di ponsel.
  • Membuat Mata Cepat Lelah: ketika membaca e-book, cahaya dari perangkat ponsel atau perangkat genggam lainnya akan membuat mata cepat lelah. Penggunaannya jangka panjang bisa menyebabkan kerusakan pada mata, misalnya mata minus.

Baca juga: Pengertian VPN dan Fungsinya

Demikianlah penjelasan singkat mengenai pengertian e-book, fungsi dan manfaat e-book, tujuan, serta kelebihan dan kekurangannya. Semoga bermanfaat.