Beranda Manajemen Arti OEM: Pengertian, Perbedaan OEM dengan Original dan KW

Arti OEM: Pengertian, Perbedaan OEM dengan Original dan KW

Arti OEM Adalah

Arti OEM Adalah

Apa yang dimaksud dengan OEM (Original Equipment Manufacturer)? Secara umum, arti OEM adalah suatu produk yang dihasilkan oleh sebuah perusahaan yang kemudian dibeli dan dijual kembali oleh perusahaan retail dengan menggunakan brand perusahaan retail tersebut.

Produk OEM banyak dijumpai pada produk gadget, perangkat komputer, komponen otomotif, dan berbagai jenis produk lainnya. Misalnya pada perangkat komputer, perusahaan-perusahaan yang membangun sistem komputer seperti Dell, Asus, Toshiba, Acer, dan lainnya merupakan perusahaan retail produk OEM.

Pada software komputer, Microsoft merupakan salah satu contoh produk OEM yang populer. Dalam hal ini, Microsoft adalah perusahaan produsen produk OEM untuk sistem Operasi komputer Windows, sedangkan Dell, Asus, Toshiba, Acer, dan perusahaan lainnya merupakan perusahaan retailnya.

Baca juga: Pengertian Hardware

Perbedaan Produk Original, OEM, dan KW

Perbedaan Produk Original, OEM, dan KW

Seperti kita ketahui, ada tiga jenis kualitas produk yang dijual di pasaran, yaitu; original, OEM, dan KW. Berikut penjelasan ketiganya:

  1. Original; produk yang dijual langsung oleh suatu produsen/ pembuatnya dengan standarisasi tertentu dari perusahaan tersebut.
  2. OEM; produk yang kualitasnya sama seperti produk originalnya namun memiliki standarisasi yang berbeda.
  3. KW; produk replika yang fisiknya dibuat mirip seperti produk originalnya namun kualitas fungsinya lebih rendah dibandingkan produk original dan OEM.

Pada dasarnya produk original dan produk OEM memiliki kualitas yang sama. Berbeda dengan produk KW atau replika yang lebih mengedepankan tampilan bentuk fisik yang mirip seperti produk orginal, namun biasanya kualitasnya lebih rendah.

Dari segi harga, produk original umumnya lebih mahal dibandingkan dengan produk OEM dan produk KW. Pasalnya, barang original dilengkapi dengan garansi, jaminan servis, dan dukungan lainnya dari perusahaan retailnya.

Produk OEM cenderung lebih murah dari produk original karena biasanya terdapat batasan dalam hal garansi dan dukungan terhadap konsumen. Sedangkan produk KW atau replika umumnya harganya jauh lebih murah karena lebih mengedepankan tampilan fisik ketimbang fungsi utamanya.

Baca juga: Pengertian Software

Kapan Membeli Produk OEM?

Arti OEM
Contoh produk OEM, Windows 10

Banyak orang yang menganggap barang OEM kualitasnya tidak sebagus barang orginal. Ada juga yang menganggap barang OEM merupakan barang ilegal dari black market karena harganya lebih murah dari barang original. Sebenarnya, anggapan tersebut keliru.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, produk OEM memiliki kualitas yang sama seperti produk orginial. Namun, produk OEM tersebut tidak dilengkapi dengan fasilitas, fitur, dan layanan seperti produk orginial.

Sebelum memutuskan membeli produk OEM, pastikan bahwa Anda sudah memahami perbedaan ketentuan dengan produk orginial. Sebagai contoh; ketika akan membeli software Windows 10, maka akan terdapat beberapa ketentuan seperti berikut:

  1. Saat membeli Windows 10 original, di dalam dvd akan terdapat versi 32 bit dan 64 bit. Pada produk OEM konsumen harus menentukan apakah membeli Windows 10 versi 42 bit atau 64 bit.
  2. Produk original Windows 10 dapat dipindahkan dari satu PC ke PC lainnya. Sedangkan produk OEM Windows 10 hanya dapat diinstal satu kali pada satu komputer saja.
  3. Produk original Windows 10 selalu dilengkapi dengan fitur support yang sudah termasuk dalam paket pembelian produk. Sedangkan produk OEM Windows 10 tidak dilengkapi dengan fasilitas support dari Microsoft dimana konsumen harus membayar biaya tambahan ketika menghubungi Microsoft untuk layanan support.

Baca juga: Pengertian Indikator

Demikianlah penjelasan ringkas mengenai arti OEM, serta perbedaan produk OEM dengan produk original dan produk KW. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.